10 Tips SEO Untuk Website Optimal

Search Engine Optimization (SEO) menjadi sangat krusial dalam memudahkan calon customer mencari produk atau jasa anda dalam mesin pencarian. Tujuan utama strategi SEO adalah untuk meningkatkan visibilitas dan mengimplementasikan metode-metode tertentu sambil membangun pondasi solid untuk web anda. Bagaimana sebaiknya? Harus dimulai dari mana?

Berikut adalah 10 tips tentang SEO yang saya pelajari menurut pengalaman saya, mudah-mudahan dapat membantu.

  1. Jangan Mengharapkan Hasil Singkat

Channel-channel yang berbasis Pay Per Click (PPC) seperti Google Adwords dapat langsung terlihat impactnya dalam beberapa hari setelah campaign live. Ubah mindset PPC anda ke Mindset “SEO adalah Investasi jangka panjang”. Anda harus sedikit bersabar 3-6 bulan untuk merasakan impactnya. Kesabaran anda akan terbayar setelah merasakan hasilnya apabila plan terimplementasi dengan baik.

  1. Website yang responsive akan mudah ‘dibaca’ mesin pencarian

Di jaman yang serba di genggaman ini, website anda juga wajib menerapkan tampilan yang nyaman ketika dibuka di mobile device tanpa harus zoom-in untuk melihat contentnya. Apakah website anda sudah mobile friendly? Silahkan cek di https://search.google.com/search-console/mobile-friendly

Tentunya ada alasan kenapa Google meluncurkan fitur tersebut. Yap! Tentu saja karena Google menyukai dan akan lebih mudah membacanya.

  1. Mesin Pencari memperhitungkan online review bisnis anda

Informasi dari mulut kemulut dapat berdampak pada peningkatan penjualan anda. Review dapat disamakan dengan rekomendasi konsumen terhadap tingkat kepuasan pada produk atau jasa anda dan bisa berpengaruh pada keputusan pembelian bagi konsumen baru anda. Ajaklah existing konsumen anda meluangkan sedikit waktu untuk memberikan rate dan mengisi review produk atau jasa anda.

  1. Content Gambar Membantu Proses Optimasi

Dengan gambar anda dapat menjelaskan segalanya, manjakan visitor anda maka ranking website anda akan naik. Sediakan content yang informative disertai gambar. Tapi jangan lupa untuk save image yang ingin anda post dengan caption keywords yang anda ingin optimasi.

  1. SEO dan PPC Advertising Saling Melengkapi

PPC advertising atau biasa juga disebut Search Engine Marketing merupakan jalan yang baik untuk muncul di halaman utama pusat pencarian. Apabila anda dapat hadir pada list SEM dan SEO akan menjadi sangat luar biasa dalam meningkatkan kredibilitas website anda. Mesin pencarian sangat mementingkan kualitas dan banyaknya content keywords baik dalam keywords SEO maupun SEM. Hasilnya? Cost per Click anda akan lebih murah dari waktu ke waktu karena tingkat relevansinya tinggi.

  1. Loading Time Tinggi = Ranking Turun

Menurut Google, Loading time yang ideal adalah sekitar 4 detik. Visitor ingin sesuatu disajikan secara instant dan tidak ingin menunggu pada halaman kosong. Layaknya konsumen, bot pada mesin pencari juga tidak tertarik pada proses yang memakan waktu yang berujung pada menurunnya ranking website anda.

  1. Site Navigation sangat berharga

Level selanjutnya setelah anda memiliki website yang responsive adalah content yang relevant. Juga penting bagi anda untuk memiliki website yang user friendly dari segi pemetaannya. Anda tentunya ingin visitor anda dengan mudah mencari apa yang mereka inginkan di dalam website anda sehingga mereka tidak pergi dari website anda dengan informasi yang kurang jelas.

Robot pencari akan membaca website anda untuk menganalisa link-link internal anda terhubung antara page satu dan yang lain. Semakin terorganisir website anda dengan link internal antar page, maka semakin mudah mesin pencari untuk menganalisanya. Lakukan cek secara berkala untuk memastikan tidak ada page yang error.

  1. Update Informasi dan Content Website Anda

Calon konsumen anda perlu mengetahui informasi aktivitas offline bisnis anda, seperti kapan waktunya anda buka & tutup. Informasi ini bukan hanya anda update pada website anda, anda juga harus mengupload pada laman media social yang anda miliki. Kenapa? Tentunya anda tidak ingin calon konsumen anda hilang jika mereka mencoba menghubungi anda pada saat toko atau kantor anda tutup.

  1. Google My Business untuk Bisnis Anda

Anda pasti menyadari map section pada hasil pencarian Google dengan lokasi yang tepat? Jika Bisnis anda memiliki lokasi fisik dan anda mengharapkan untuk konsumen untuk dating ke lokasi anda. Pastikan lokasi anda tampil pada Google Maps. Ini berjalan secara otomatis ketika anda mengaktifkan Google My Business, and juga mendapat keuntungan untuk boost up website anda, karena Google mengetahui informasi pada website anda memang benar-benar akurat.

  1. Apa yang dilakukan hari ini belum tentu sama dengan besok

Pada prakteknya, SEO secara konstan berevolusi seiring berubahnya algoritma mesin pencari. Kebiasaan-kebiasaan pencarian online terus berjalan berdampingan dengan perkembangan teknologi, mesin pencari raksasa seperti Google terus berinovasi menyediakan hasil yang maksimal sesuai dengan user experience. Pastikan anda up-to-date pada informasi pada perubahan-perubahan tersebut.

Banyak sekali faktor yang harus dipelajari apabila berbicara mengenai SEO. Pekerjaan SEO anda memerlukan kesabaran sambil anda membangun fondasi kuat untuk anda menjalankan SEM. Maka semuanya kembali kepada anda apakah menjalankan sendiri atau mempercayakannya kepada SEO expert agar anda dapat focus pada pekerjaan anda. Tetap semangat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *