Google Adwords : Membangun Campaign yang Optimal

Jadi belakangan ini anda sebagai marketer sering mendengar kesuksesan dengan mengoptimalkan kata kunci melalui Google Adwords. Tidak ada salahnya mulai mencoba, SEM akan menjadi peluang besar untuk menarik audiens dan calon customer anda, tapi jangan lupa pada prakteknya AdWords memerlukan experiment.

 

Dibawah ini adalah beberapa tips yang menjadi favorite saya dalam menjalankan ads. Semoga bisa membantu J

 

#1 Pahami Customer Anda

 

Komponen ini sebenarnya harus dipahami para marketer sebelum memulai campaign. Luangkan sedikit waktu anda untuk mengetahui secara spesifik target audience anda dari :

 

  • Umur
  • Gender
  • Lokasi
  • Interest
  • tingkat pendidikan
  • pendapatan
  • Device yang banyak digunakan

 

Untuk mengukur lebih dalam lagi mengenai customer anda, turunlah ke lapangan dan berbicara langsung mengenai apa yang sebenarnya mereka cari dan bagaimana mereka bisa menemukan anda. Mengetahui target audiens anda bukan hanya berfungsi untuk menjalankan Campaign AdWords anda tapi kedepannya anda akan mudah untuk menjalankan strategi marketing untuk brand anda.

 

Apabila anda tidak tahu secara spesifik target audiens anda maka tidak ada gunanya anda menjalankan campaign iklan anda dan akan membuang budget serta waktu anda.

 

#2 Dalami AdWords Keyword Planner

 

Ini adalah tools wajib bagi para digital marketers untuk menganalisa dan merencanakan campaignnya. Karena banyak aplikasi yang dapat anda gunakan didalamnya.

 

Mulai masukan keywords yang sesuai dengan produk dan jasa yang anda, seperti contoh pada produk baju anak dan anda menargetkan untuk calon customer yang ada di Jakarta maka cobalah dengan “jual baju anak di Jakarta”. Keyword Planner akan menyarankan dan menyediakan keywords serupa yang disertai dengan data pencarin terhadap keywords tersebut. Voila! Anda akan mendapatkan perbandingan antara jumlah pencarian dan tingkat kompetisi di dalamnya. Jika dalam jumlah pecarian rendah, maka jangan mengharapkan banyak calon customer yang akan mencari produk atau jasa anda. Tapi jika dalam kompetisinya anda bersaing dengan brand besar yang budgetnya unlimited, maka anda akan sulit untuk berkompetisinya.

 

Apabila anda sebagai marketers real estate, akan make sense untuk anda mengeluarkan cost lebih jika dibandingkan dengan hasil penjualan anda yang besar juga. Maka pertimbangkanlah!

 

#3 Gunakan “call-to-action” secara efektif

 

Call-to-action merupakan factor yang berpengaruh bagi pengoptimalan campagn Google AdWords anda. Pengaruh ini akan diambil dari sisi psikologis viewers anda, alangkah baiknya anda memberitahu apa yang ingin viewers lakukan pada iklan yang tampil.

 

Seperti contoh, jika anda menjual produk, anda bisa sisipkan kata “beli sekarang!” atau jika anda sedang memiliki promo potongan harga, anda bisa sisipkan “jangan lewatkan!” untuk memunculkan sense of urgency pada promo anda dan akan menjelaskan kenapa viewers harus click iklan anda.

 

#4 Buatlah Landing Page

 

Ketika viewers click iklan anda, ke laman manakah mereka akan masuk? Jika anda sedang masa promo, pastikan mereka langsung masuk pada laman specific tentang promo anda. Sebagai konsumen, akan lebih ‘malas’ untuk berkeliling didalam website untuk mencari informasi detail mengenai promo yang berjalan.

 

Atau jika anda ingin mempromosikan event atau produk yang special, lebih baik anda menambahkan sedikit effort untuk create landing page khusus. Landing page ini harus focus menginformasikan event atau produk special yang anda miliki. Dianjurkan untuk tidak memiliki content yang keluar dari topic, karena akan mengganggu focus viewers terhadap promo anda.

 

#5 Gunakan Fitur ReMarketing

 

Mungkin banyak orang yang belum mengetahui fitur Remarketing. Padahal fitur ini mendukung efektifitas dan kesuksesan campaign anda, apalagi jika anda merupakan ecommerce website.

 

Fitur Remarketing bisa melacak pengunjung yang sudah meninggalkan website anda dan memunculkan kembali iklan anda spesifik kepada mereka.

 

Sebagai contoh, seseorang telah menambahkan produk pada keranjang belanjanya tapi belum melakukan proses pembayaran. Anda bisa memunculkan ikan Display yang berisi promo free ongkos kirim, sehingga orang tersebut ada rasa penasaran dan ada keinginan lebih untuk menyelesaikan proses pembeliannya. Dengan cara ini, anda bisa menargetkan customer yang memang ada ketertarikan terhadap produk anda.

 

 

 

Pada akhirnya, anda harus melakukan trial and error ditambahkan sedikit bumbu kesabaran agar anda bisa mendapatkan hasil yang sukses untuk campaign anda. Jangan takut untuk mencoba konsep yang berbeda untuk waktu-waktu tertentu. Selamat Beriklan! J

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *