fbpx
May 18, 2020 AUTHOR: info@remarketing.co.id
Mengenal apa itu Google Panda

Apa itu google Panda

 

Apa itu Google Panda?

 

Praktisi SEO atau Search engine optimization sudah tidak asing lagi dengan google tools yang memiliki nama Google Panda. Ya, tools ini sempat menggemparkan dunia SEO sekitar tahun 2012 karena setelah resmi diluncurkan oleh google, google panda merubah ranking hasil pencarian dengan signifikan dengan cara membaca kualitas konten dari setiap website, dan merubah posisi pada setiap website terhadap pertanyaan yang di input oleh pengguna google. Semakin tinggi kualitas konten maka website tersebut akan memiliki posisi ranking yang lebih tinggi.  Apa itu Google Panda? google panda adalah algoritma google yang dapat menilai kualitas konten dari suatu website yang akan berdampak pada posisi ranking dari website tersebut di halaman hasil pencarian google.

 

 

Bagaimana Website yang Berkualitas

 

Untuk menentukan bagaimana website yang berkualitas dasarnya adalah user experience atau pengalaman penggunaan pengunjung website itu sendiri, secara psikologis apabila pengguna tertarik dengan konten yang ada di dalam website tersebut maka jumlah waktu kunjungan akan meningkat dan bounce rate aja turun sehingga memberikan signal pada google bahwa pengunjung menyukai website tersebut dan memberikan poin lebih bagi kualitas website tersebut.

Beberapa pertanyaan berikut dapat menentukan apakah website memiliki kualitas yang bagus atau tidak:

 

1.  Apakah Informasi yang disajikan dapat dipercaya?

 

2. Apakah artikel ditulis oleh orang yang berpengalaman, dan ahli di bidang nya?

 

3. Apakah artikel tersebut tidak pernah dimuat di media lain?

 

4. Apakah pengunjung percaya untuk melakukan transaksi (pembelian maupun pemberian data pribadi) pada website tersebut?

 

5. Apakah artikel ditulis dengan menggunakan bahasa yang baik?

 

6. Apakah artikel yang ditulis memiliki data yang di riset secara mandiri oleh penulis?

 

7. Apakah website berkaitan dengan topik artikel?

 

Dengan mengajukan pertanyaan di atas sebelum menulis konten, maka website akan mendapatkan halaman yang berkualitas dan akan berdampak pada kualitas website secara keseluruhan.

 

 

Memperbaiki Website yang Terkena Penalti Google Panda

 

Apabila website Anda mengalami penurunan rank google secara signifikan dan kehilangan banyak traffic, kemungkinan besar website mengalami penalti sehingga hilang dari hasil pencarian google. Untuk memperbaikinya Anda dapat melakukan langkah-langkah berikut:

 

1. Periksa halaman yang memiliki kualitas rendah, buat list semua halaman tersebut dan lakukan perbaikan dengan merubah konten kemudian gunakan google search console untuk melakukan Request-Indexing atau memberitahukan google bahwa halaman tersebut sudah diubah.

 

2. Buat artikel baru yang berkualitas sehingga memberikan statistik kunjungan yang baik bagi google, dan perlahan-lahan kualitas website akan semakin meningkat.

 

3. Gunakan jasa digital marketing agency yang profesional dan berpengalaman untuk memperbaiki situs Anda dan kembali mendapatkan banyak pengunjung.

 

 

Kesimpulan

 

Google panda merupakan algoritma yang sangat berguna bagi pengguna untuk mendapatkan hasil terbaik dari pertanyaan yang di input pada halaman google. Dengan adanya algoritma google panda, maka user akan mendapatkan website yang memiliki kualitas terbaik untuk setiap pertanyaan yang diajukan. Sebagai pemilik website tentunya akan selalu bersaing pada konten, berlomba memberikan konten dengan kualitas yang semakin lebih baik bagi pengunjung.

Comments (0)