fbpx
Jun 14, 2020 AUTHOR: info@remarketing.co.id
Apa itu Remarketing di Digital Marketing?

 

 

 

 

Sebagian orang mungkin pernah menjalankan Digital Marketing baik secara individu maupun melalui Digital Marketing Agency. Dalam skala besar secara umum Digital Marketing dapat dijalankan atau dibagi menjadi beberapa strategi diantaranya adalah : SEM (Search Engine Marketing), SEO (Search Engine Optimization), Social Media Advertising, Video Advertising dan Banner Advertising. Dalam tulisan ini secara khusus kita akan membahas salah satu strategi yang digunakan dalam Banner Advertising di platform google (karena banner advertising juga dapat dilakukan diluar platform google) salah satu strategi itu adalah Remarketing.

 

 

Apa itu Remarketing?

 

Remarketing adalah strategi dalam beriklan menggunakan banner melalui google dashboard atau biasa disebut dengan Google Display Network disingkat GDN. GDN memungkinkan banner ditampilkan di setiap website yang bekerjasama dengan google dengan cara menempatkan script tertentu dari google sehingga google dapat mengakses halaman pada website tersebut dan menempatkan materi iklan banner di halaman-halaman yang tersedia. Remarketing sendiri adalah salah satu strategi placement atau penempatan banner yang tersedia pada platform GDN dengan menargetkan pengunjung yang pernah berinteraksi dengan website maupun aplikasi yang dimiliki.

 

Bagaimana Remarketing bekerja?

 

Remarketing bekerja dengan menampilkan banner ke user atau pengguna yang pernah berinteraksi saat user tersebut mengunjungi website lain atau platform yang dapat menampilkan iklan GDN. Sebagai contoh : User (A) mengunjungi website (B) yang menggunakan GDN dalam beriklan digital. Kemudian setelah user (A) mengunjungi website (B), user (A) melakukan riset terhadap produk yang ada di website (B) dengan membaca artikel-artikel yang ada di website (C), (D), dan (E), serta melihat video youtube tentang review produk tersebut.  Website (C) bekerja sama dengan google untuk dapat menampilkan iklan GDN sedangkan website (D) dan (E) tidak bekerjasama dengan google untuk dapat menampilkan GDN, maka saat user (A) mengunjungi website (C) maka user (A) akan mendapatkan iklan banner dari website (B).

 

 

pola remarketing

 

 

Berapa Biaya menggunakan Strategi Remarketing?

 

Dalam beriklan di GDN, biaya sebenarnya flexible. Anda dapat menentukan biaya sendiri sesuai dengan kemampuan dan budget Anda dalam beriklan digital. Besar kecilnya biaya akan menentukan efektivitas dan jangkauan dari iklan tersebut. Biaya iklan yang diperlukan ditentukan dengan seberapa masive Anda mau menampilkan banner iklan Anda di jaringan website yang bekerjasama dengan google. Semakin banyak website yang ditargetkan, semakin luas jangkauan demografi, dan semakin sering banner ditampilkan tentunya akan semakin besar budget yang diperlukan. Pastikan iklan banner Anda berjalan dengan efektif sesuai dengan target yang sudah Anda tentukan sebelumnya, apabila Anda belum yakin untuk menjalankan iklan banner secara mandiri Anda dapat menggunakan jasa Digital Marketing Agency yang terpercaya.

 

 

Comments (0)