fbpx
Jun 16, 2020 AUTHOR: info@remarketing.co.id
Apa Itu Keyword Match Type pada Google Ads

 

Hal pertama yang perlu diperhatikan dalam membuat Campaign Search di Google Ads adalah menentukan keyword yang akan digunakan. Dengan keyword yang tepat, iklan kita akan muncul di pencarian user yang tepat dan sesuai dengan target. Sebaliknya memilih keyword yang tidak tepat akan menghasilkan click yang tidak relevan dan akhirnya menjadi spend yang berlebihan dan tidak diperlukan. 

 

Untuk itu, kita perlu memahami Match Type untuk keyword yang digunakan dalam Google Ads. Match type adalah parameter yang membantu untuk mengontrol pencarian di Google yang akan memicu iklan kita untuk muncul. Ada 4 Match type keyword untuk Google Ads, Broad Match, Exact Match, Phrase Match dan Broad Match Modifier.

 

Definisi dari Match Type

 

Ada 4 match type yang bisa digunakan dalam menjalankan iklan adwords adalah : Broad Match Keywords, Exact Match Keywords, Phrase Match Keywords, dan Broad Match Modifier Keywords. Berikut ini penjelasan-nya masing-masing:

 

Broad Match Keywords

 

Match type yang dapat menjangkau Audience paling luas. Jika kita menggunakan match type Broad Match untuk keyword kita, maka iklan kita akan muncul saat ada pencarian di Google dengan semua variasi dari keyword yang kita gunakan, termasuk sinonim, kesalahan eja dan pencarian terkait lainnya.

 

Contoh: kita menggunakan keyword -> dress wanita. Iklan kita dapat muncul untuk pencarian user dengan kata ‘dres wanita’, ‘baju wanita’, ‘dres baru’, ‘dress baru’, ‘baju baru’, ‘pilihan baju’, ‘jenis baju wanita’, ‘pakaian baru’, ‘jenis pakaian bagus’, ‘celana wanita’, ‘rok wanita baru’, dst. 

 

Exact Match Keywords

 

Match type ini memberikan kita kontrol terbesar untuk menentukan siapa yang dapat melihat iklan kita. Dengan menggunakan match type ini, iklan kita hanya akan muncul jika user melakukan pencarian di Google dengan keyword yang sesuai dengan keyword yang kita gunakan.

 

Contoh: kita menggunakan keyword -> [dress wanita]. Iklan kita hanya akan muncul jika user melakukan pencarian dengan kata ‘dress wanita’. 

 

Phrase Match Keywords

 

Dengan menggunakan match type ini, iklan kita dapat muncul saat user melakukan pencarian dengan keyword yang sesuai, variasi terdekat dan dengan penambahan kata di depan atau di belakang keyword yang kita gunakan. Match type ini lebih terkontrol dibandingkan dengan Broad Match tetapi lebih flexible dibandingkan dengan Exact Match.

 

Contoh: kita menggunakan keyword -> “dress wanita”. Iklan kita akan muncul saat user melakukan pencarian di Google dengan kata yang mengandung ‘dress wanita’ dengan tambahan kata di depan atau di belakang keyword, seperti: ‘cari dress wanita’, ‘dress wanita murah’, ‘dress wanita baru’, 

 

Broad Match Modifier (BMM) Keywords

 

Dengan match type ini, kita dapat meraih Audience yang luas seperti Broad Match, tetapi dengan kontrol yang lebih baik untuk siapa yang dapat melihat iklan kita dengan membatasi iklan kita muncul jika user melakukan pencarian yang mencakup kata individual dari keyword kita yang kita tandai dengan tanda ‘+’.

 

Contoh: kita menggunakan keyword -> +dress wanita, maka iklan kita dapat muncul jika user melakukan pencarian yang mengandung kata ‘dress’, seperti: ‘dress wanita baru’, ‘dress baru’, ‘dress murah’, ‘dress ladies’, ‘cari dress baru’, ‘jual dress murah’, ‘dress yang bagus’.

 

Bagaimana? sudah paham kan bagaimana menggunakan keywords match type saat menjalankan iklan google adwords? pastikan Anda menggunakan strategi yang tepat agar iklan dan biaya yang Anda jalankan tidak terbuang sia-sia.

Comments (0)