fbpx
Oct 02, 2020 AUTHOR: akbar
Wix VS WordPress : Apa Perbedaannya?

 

Saat ini banyak platform pembuatan website yang memudahkan kita untuk membangun website sesuai dengan apa yang kita mau. Salah satunya WordPress, platform ini sudah lama hadir dan banyak digunakan karena kemudahan dan banyaknya fitur yang dapat di integrasikan kedalam website anda. Namun belakangan ini muncul satu platform pembuatan website bernama Wix. Platform ini hadir menawarkan segala bentuk kemudahan dengan konsep drag & drop, sehingga pengguna dengan mudah mengatur letak content sesuai dengan keinginannya tanpa perlu ada proses coding terlebih dahulu. Dalam artikel ini kami akan membahas perbedaan Wix dan WordPress agar anda dapat memutuskan mana platform yang terbaik untuk anda, selamat membaca.

 

 

1. Tampilan backend
Wix :
+ tampilan untuk development lebih mudah karena berdasarkan visual dengan sistem drag and drop seperti penggunaan pada power point, sehingga sangat mudah untuk melakukan design penempatan konten.
– dengan sistem drag and drop pada pembuatan halaman akan membutuhkan koneksi internet yang cepat dan stabil untuk mendukung sistem drag and drop tersebut
WordPress :
+ pada pembuatan halaman terdapat alternatif apakah akan menggunakan sistem drag and drop maupun dengan HTML coding sehingga lebih flexible terhadap developer dan menyesuaikan dengan koneksi yang digunakan
– developer dapat menggunakan beberapa plugin untuk pembuatan layout sehingga kemungkinan plugin yang digunakan tidak familiar dengan developer lainnya.
 
2. Plugins / Program pendukung 
Wix :
+ Wix merupakan closed source CMS, dimana plugins yang tersedia sudah di kurasi dan dipastikan semua plugins compatible dengan base programming wix itu sendiri
– Dengan terbatasnya program / plugins yang tersedia maka beberapa plugins dengan fungsi advance memerlukan biaya tambahan dan plugins yang tersedia tidak memiliki banyak opsi untuk fungsi yang sama
WordPress :
+ WordPress merupakan Open source CMS, dimana plugins dapat dibuat oleh berbagai developer baik profesional, company, maupun komunitas. Dengan banyaknya developer yang terlibat maka kebutuhan dan varia jenis plugin hampir semua terdapat pada wordpress
– Dengan banyaknya developer yang terlibat maka banyak juga plugin yang sifatnya tidak continue atau update, sehingga developer harus dapat memilih plugin yang sesuai dengan mengenali fungsi serta kompabilitas dari plugin yang akan digunakan.
3. Tampilan Front End
Wix :
+ Wix memiliki beragam themes atau design layout default yang sudah compatibel dengan versi wix terbaru.
– Wix memiliki keterbatasan dalam pemilihan design terhadap website, design yang dibuat exclusive sehingga bentuk design themes terbatas.
WordPress :
+ WordPress memiliki beragam themes yang lebih banyak dari beragam developer baik yang bersifat free maupun premium. Dengan banyak themes yang bisa digunakan dapat dipilih jenis design yang sesuai dengan karakter perusahaan dan lebih fexible sehingga lebih mudah di customize.
– Pemilihan themes harus disesuaikan dengan versi yang digunakan, kapasitas server, dan hosting yang digunakan untuk menghindari loading time yang lama. Beberapa themes juga terkadang masih terdapat bugs sehingga diperlukan pemahaman dari developer untuk perbaikan apabila themes tersebut tidak memiliki support (biasa terjadi pada free themes)
Features :
Wix  : untuk website dengan standard features dan tidak perlu pengembangan lebih lanjut serta maintenance dan update yang lebih mudah, wix dapat dipertimbangakan.
WordPress : dengan menggunakan wordpress pengembangan feature, perubahan design dan layout lebih flexible sehingga dalam jangka panjang siap digunakan apabila diperlukan fitur tambahan seperti : online booking, e-commerce, integrasi payment gateway, dll.
 
Kesimpulan : 
Pembuatan website dengan wix lebih mudah dilakukan walaupun memiliki fitur dan design yang terbatas, wix lebih mudah di maintain karena menggunakan fitur drag and drop. Dengan wordpress pengembangan memerlukan pengalaman untuk memilih plugins dan themes yang kompatible dan mudah di maintain kedepan. Untuk website dengan rencana pengambangan lebih lanjut kedepan dengan penambahan fitur sebaiknya menggunkan wordpress.
Wix lebih mudah di develop dengan keterbatas fitur dan wordpress memiliki fitur yang lebih lengkap namun membuthkan pengalaman dan skill develop untuk membuat website yang  baik.
Bagaimana? Apakah sudah bisa menemukan perbedaan wix dan wordpress ? Jawabannya kembali lagi ke kebutuhan dan sejauh mana website anda ingin dibangun.

Comments (0)