Cara Membuat Website SEO Friendly Dalam 10 Langkah Untuk Hasil Maksimal

Cara Membuat Website SEO Friendly Dalam 10 Langkah Untuk Hasil Maksimal

Jika Anda ingin mendapatkan hasil maksimal dari situs web Anda, Anda harus memastikan bahwa situs web Anda ramah SEO. Meskipun Anda mungkin sudah akrab dengan istilah optimasi mesin pencari (SEO), Anda mungkin tidak tahu persis bagaimana cara membuat situs web Anda ramah SEO.

Di situlah kami hadir! Di Remarketing.co.id, kami mencari solusi kreatif dan efektif untuk membantu Anda membuat situs web yang ramah SEO yang akan memberikan hasil maksimal.

Dalam artikel ini, tujuan kami adalah memberikan panduan 10 langkah yang akan membantu Anda dengan cepat membuat situs web yang dioptimalkan yang memenuhi tujuan dan sasaran spesifik Anda. Jadi, mari kita pelajari!

Pilih Tema atau Pembangun Situs Web yang Dioptimalkan untuk SEO

Jika Anda ingin membuat situs web yang ramah SEO, langkah pertama adalah memilih tema atau pembangun situs web yang dioptimalkan untuk SEO. Ada berbagai macam tema yang hadir dengan fitur SEO bawaan, dan banyak pembangun situs web memiliki alat dan fitur bawaan yang diarahkan untuk meningkatkan SEO. Beberapa di antaranya adalah pengoptimalan kata kunci untuk pembuatan konten, meta tag, peta situs, dan banyak lagi.

Pilih tema untuk situs web Anda yang sudah memiliki alat pengoptimalan SEO yang diperlukan untuk mengoptimalkan situs web Anda di mesin pencari. Agar Anda tidak perlu membuang waktu untuk menyiapkan meta tag atau peta situs Anda sendiri, karena banyak dari platform website yang sudah menyertakannya. Hal ini memberikan Anda lebih banyak waktu untuk fokus pada pembuatan konten dan mengoptimalkan kata kunci yang akan mendatangkan traffic terbanyak.

Pilih Kata Kunci Target dan Optimalkan URL Halaman Anda

Semua orang yang pernah membuat situs web tahu betapa pentingnya memiliki situs web yang ramah SEO. Situs web yang ramah SEO akan menjangkau lebih banyak orang dan mendapat peringkat lebih tinggi dalam hasil mesin pencari. Membuat situs web yang ramah SEO tidaklah sulit, tetapi membutuhkan pemikiran dan perencanaan.

Salah satu hal pertama yang harus Anda lakukan saat membuat situs web yang ramah SEO adalah memilih kata kunci target. Ini adalah kata atau frasa yang mungkin diketikkan seseorang ke dalam mesin pencari ketika mereka mencari apa yang Anda tawarkan. Anggap saja kata kunci ini sebagai tag yang memberi tahu mesin pencari tentang situs web Anda. Setelah Anda memilih kata kunci, pastikan untuk memasukkannya ke dalam URL halaman, judul, subjudul, dan konten halaman Anda. Hal ini akan membantu memastikan bahwa halaman Anda memiliki peringkat yang lebih tinggi dalam hasil mesin pencari untuk kata kunci tersebut.

Selain itu, Anda juga harus berhati-hati untuk memastikan bahwa URL Anda dioptimalkan untuk mendapatkan manfaat SEO yang maksimal. URL harus menyertakan kata kunci target dan tidak lebih dari 20 karakter jika memungkinkan. Selain itu, hindari penggunaan angka atau karakter khusus seperti tanda hubung atau garis bawah; hal ini dapat menyebabkan kebingungan pada bot mesin pencari saat merayapi halaman Anda.

Buat Konten Berkualitas Tinggi Dengan Kata Kunci Anda

Anda tahu apa yang mereka katakan: Konten adalah raja. Suka atau tidak suka, konten berkualitas tinggi adalah kunci keberhasilan SEO. Ini berarti Anda harus membuat konten yang memuaskan pembaca dan perayap mesin pencari. Konten tersebut juga harus berfokus pada kata kunci untuk membantunya muncul dalam pencarian organik.

Memanfaatkan Kata Kunci Secara Strategis

Pastikan semua konten di situs web Anda kaya akan kata kunci dan relevan dengan bisnis Anda. Anda harus menggunakan kata kunci dengan cara yang strategis, seperti pada judul, subjudul, dan di seluruh isi teks. Namun, berhati-hatilah untuk tidak berlebihan memasukkan kata kunci tersebut di dalam artikel karena akan berdampak negatif pada peringkat SEO Anda.

Tulislah Teks yang Relevan

Pastikan untuk menulis konten yang relevan yang menarik bagi pembaca. Hal ini akan membantu meningkatkan peringkat, konversi, dan keterlibatan dengan situs web Anda secara keseluruhan – yang semuanya sangat bagus untuk kesuksesan SEO!

Manfaatkan Subjudul

Saat membuat konten, jangan lupa untuk memecahnya menjadi beberapa bagian dan subjudul dengan tag H2 atau H3. Hal ini membantu membuat informasi lebih mudah dicerna dan memudahkan mesin pencari seperti Google untuk menemukan kata kunci yang digunakan dalam subjudul tersebut. Selain itu, hal ini juga memudahkan pembaca yang menelusuri situs web Anda untuk menemukan apa yang mereka cari dengan cepat!

Sertakan Tautan Internal ke Konten Lain yang Relevan

Saat membuat konten untuk situs web Anda, jangan lupa untuk menggunakan tautan internal. Tautan internal penting karena membantu mesin pencari merayapi situs Anda dengan lebih efektif dan membantu pengguna dengan cepat menemukan konten yang relevan dengan apa yang mereka cari. Hal ini juga mendorong pengguna untuk tetap berada di situs web Anda lebih lama, yang dapat meningkatkan peringkat Anda di hasil pencarian dan meningkatkan keterlibatan situs web secara keseluruhan.

Sertakan beberapa tautan internal pada setiap halaman yang Anda buat. Semakin banyak tautan yang Anda sertakan, semakin baik bagi pengguna dan mesin pencari. Jika memungkinkan, tautkan ke halaman terkait lainnya dalam domain atau subdomain yang sama sehingga memudahkan pengguna untuk menemukan konten tambahan yang mungkin mereka minati. Berikut ini beberapa praktik terbaik yang harus diikuti saat menambahkan tautan internal:

  • Gunakan Anchor Text: Anchor text adalah kata atau frasa yang digunakan untuk menautkan dari satu halaman situs web ke halaman lainnya. Pastikan Anda menggunakan teks jangkar deskriptif yang secara jelas menggambarkan tentang apa halaman target sehingga pengguna dan mesin pencari memahami apa yang akan mereka temukan di ujung tautan.
  • Tautkan secara alami: Saat menambahkan tautan internal di dalam isi konten halaman Anda, cobalah membuatnya sealami mungkin dengan menggunakan frasa yang relevan sebagai teks jangkar daripada sesuatu yang umum seperti “klik di sini” atau “pelajari lebih lanjut”.
  • Pastikan semua tautan berfungsi dengan baik: Pastikan semua tautan internal mengarah ke halaman yang valid di situs web Anda dan berfungsi dengan baik; tautan yang rusak dapat berdampak negatif pada pengalaman pengguna dan kinerja SEO.

Jadikan Situs Web Anda Ramah Seluler

Salah satu langkah terpenting dalam membuat situs web yang ramah SEO adalah memastikan situs web tersebut ramah seluler. Pada tahun 2020, perangkat seluler telah menjadi cara utama orang untuk menjelajahi dan menggunakan situs web. Tetapi tidak semua situs web dibuat sama dalam hal pengalaman selulernya – dan jika situs web Anda tidak dioptimalkan, Anda akan kehilangan peluang besar untuk menarik dan melibatkan pelanggan.

Untungnya, ada banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk membuat situs web Anda lebih ramah seluler:

  1. Pilih tema responsif yang secara otomatis menyesuaikan konten dan desain untuk berbagai ukuran layar.
  2. Optimalkan gambar agar tidak memperlambat waktu muat di perangkat seluler.
  3. Gunakan teks dan tombol yang lebih besar agar lebih mudah dibaca dan diketuk pada layar yang lebih kecil.
  4. Hindari popup yang sulit untuk ditutup atau dinavigasi pada layar kecil.
  5. Aktifkan gerakan sentuh yang memungkinkan pengunjung menavigasi situs Anda dengan mudah menggunakan jari mereka, bukan kursor mouse atau tombol panah
  6. Pertimbangkan untuk menggunakan teknologi Accelerated Mobile Pages (AMP) yang mengurangi waktu pemuatan secara signifikan, bahkan dalam koneksi jaringan yang rendah – hal ini sangat penting bagi mereka yang mencari pengalaman online yang cepat di ponsel mereka
  7. Terakhir, pastikan situs web Anda dimuat dengan cepat – penelitian menunjukkan bahwa pengguna akan pergi jika halaman Anda tidak dimuat dalam waktu 3 detik, jadi usahakan agar situs web Anda dapat dimuat dalam waktu kurang dari waktu tersebut jika memungkinkan!

Memastikan situs web Anda mudah dinavigasi dari perangkat seluler tidak hanya akan membantu SEO, tetapi juga memastikan pengalaman pengguna yang menyenangkan bagi pengunjung, apa pun perangkat mereka!

Mengukur dan Melacak Kinerja SEO Anda

Langkah keenam dalam membuat situs web Anda ramah SEO adalah mengukur dan melacak kinerja SEO Anda. Ini adalah langkah yang penting, karena memungkinkan Anda untuk melihat bagian mana dari situs web Anda yang berkinerja baik dan mana yang membutuhkan perhatian lebih lanjut.

Ada beberapa hal yang perlu Anda lacak, seperti:

  • Peringkat kata kunci
  • Lalu lintas dari penelusuran organik
  • Lalu lintas dari halaman dan postingan tertentu
  • Tingkat konversi untuk lalu lintas organik

Dengan mengukur metrik ini, Anda dapat memperoleh wawasan berharga tentang apa yang berhasil dan apa yang tidak, sehingga Anda dapat menyesuaikan strategi Anda. Untuk mempermudah, ada beberapa alat yang tersedia yang dapat membantu Anda melacak dan mengukur kinerja SEO di situs web Anda. Banyak dari alat ini menyediakan pelaporan terperinci tentang berbagai metrik sehingga Anda memiliki pandangan yang komprehensif tentang seberapa baik kinerja situs web Anda.

Kirimkan Situs Anda ke Google Search Console

Setelah situs web ramah SEO Anda dibuat dan dioptimalkan, Anda harus mengambil satu langkah lagi-mengirimkan situs web Anda ke Google Search Console. Ini akan membantu Google memahami konten yang Anda tawarkan dan mengindeksnya untuk hasil pencarian.

Untuk mendaftarkan situs Anda, Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buat Akun Google
  2. Buka halaman Konsol Penelusuran Google
  3. Klik “Tambahkan Properti” dan masukkan URL Anda
  4. Verifikasi properti dengan salah satu dari beberapa metode (unggah file HTML, penyedia nama domain, atau menggunakan Google Analytics)
  5. Kirimkan peta situs XML dari URL situs web Anda untuk memastikan semuanya terindeks dengan benar

Mengirimkan situs Anda ke Google Search Console memastikan bahwa semua halaman situs web Anda yang ramah SEO terindeks, sehingga dapat ditemukan di halaman hasil mesin pencari. Hanya dengan beberapa langkah sederhana, Anda siap untuk mulai melihat peningkatan performa SEO dan peringkat pencarian yang lebih baik!

Optimalkan Kecepatan Muat Halaman

Salah satu hal terpenting yang dapat Anda lakukan untuk membuat situs web Anda ramah SEO adalah mengoptimalkan kecepatan muat halaman. Situs web yang dioptimalkan dapat meningkatkan peluang untuk muncul di halaman hasil mesin pencari (SERP) dan meningkatkan tingkat konversi.

Gunakan Jaringan Pengiriman Konten (CDN)

CDN atau Jaringan Pengiriman Konten adalah kumpulan server jaringan yang terletak di seluruh dunia yang mendistribusikan konten dengan cepat dan efisien. Memiliki CDN akan membantu menjaga kecepatan pemuatan Anda tetap konsisten dari mana pun pengunjung Anda berasal.

Kurangi Ukuran File Gambar

Sebagian besar situs web memiliki gambar, dan gambar-gambar tersebut membutuhkan ruang yang dapat memengaruhi kecepatan pemuatan halaman Anda. Untuk mengurangi ukuran file gambar, kami sarankan untuk menggunakan alat kompresi seperti TinyPNG atau Kraken untuk mengompresi dan mengoptimalkan ukuran file Anda tanpa mengorbankan kualitas gambar.

Meminimalkan Permintaan HTTP

Setiap kali pengguna mengunjungi sebuah halaman web, browser mereka perlu mengunduh semua komponen untuk halaman tersebut sebelum halaman itu terlihat di layar. Untuk meminimalkan jumlah permintaan HTTP, Anda dapat menggabungkan skrip dan lembar gaya ke dalam satu file, menggabungkan gambar ke dalam sprite CSS, atau menggunakan pemuatan malas untuk gambar di luar layar.

Lakukan Perbaikan SEO Secara Teratur

Satu hal yang sering diabaikan, tetapi sangat penting untuk memastikan bahwa situs web Anda benar-benar ramah SEO, adalah terus melakukan peningkatan SEO secara teratur. Meskipun situs web Anda terlihat bagus dan mengikuti semua praktik terbaik, mesin pencari terus mengubah algoritme mereka; jadi Anda perlu memastikan bahwa situs web Anda terus mengikutinya.

Sebagai contoh, lihatlah:

  • Wawasan Kecepatan Halaman Google untuk memastikan halaman dimuat dengan cepat
  • Google Analytics untuk mengetahui halaman mana yang paling populer, dan mana yang perlu diperbaiki
  • Search Console untuk mengetahui seberapa baik performa situs web Anda di hasil penelusuran organik

Dengan memeriksa metrik ini secara teratur dan mengubah konten di situs web Anda sesuai kebutuhan, Anda dapat yakin bahwa strategi SEO Anda selalu mutakhir dan secara efektif membantu bisnis Anda mencapai hasil yang maksimal.

Kesimpulan

Membangun situs web yang ramah SEO tidak harus rumit atau memakan waktu lama. Dengan perencanaan yang matang dan komitmen untuk membuat situs web yang efisien dan dibuat dengan baik, Anda dapat dengan cepat membangun situs web yang berkinerja baik di peringkat mesin pencari.

Dengan mengikuti langkah-langkah yang diuraikan di atas, Anda pasti akan membuat situs web yang ramah SEO yang akan memberikan keunggulan bagi bisnis Anda di SERP. Mulai dari meluangkan waktu untuk memahami algoritme mesin pencari hingga mengoptimalkan konten Anda untuk visibilitas yang lebih baik, Anda akan dapat menuai hasil dari situs web berkinerja tinggi dalam waktu singkat.

Luangkan waktu untuk membuat situs web yang ramah SEO dan Anda pasti akan melihat lebih banyak lalu lintas organik dan peluang bisnis menghampiri Anda. Dengan platform pembuatan website yang mudah digunakan dari Remarketing.co.id, tidak ada alasan untuk tidak memulai!