fbpx
Content Marketing vs. Digital Marketing: Mana Yang Terbaik?

Content Marketing vs. Digital Marketing: Mana Yang Terbaik?

Ada banyak pilihan untuk menentukan cara terbaik untuk mempromosikan bisnis Anda secara online, terutama di era digital seperti sekarang ini. 2 metode yang paling banyak Anda temukan adalah Content Marketing dan Digital Marketing. Mana yang terbaik diantara 2 strategi ini?

 

Perbedaan Content Marketing dan Digital Marketing

Perbedaan utamanya adalah Content marketing adalah strategi individual dan Digital Marketing meliputi lebih dari 1 strategi.

Content marketing mencakup membuat konten informatif yang memberikan customer informasi yang bermanfaat. Post di blog, video, ada berbagai macam jenis content marketing untuk berbagi informasi dengan customer.

Untuk Digital marketing, mencakup beragam strategi. Dari iklan berbayar sampai optimisasi untuk mesin pencarian, digital marketing dapat membantu Anda memenuhi berbagai goal, seperti meningkatkan brand awareness dan juga penjualan.

 

Tipe-Tipe Content Marketing

Ada beberapa tipe konten yang dapat Anda buat untuk bisnis Anda:

  1. Blog: Salah satu tipe konten yang paling terkenal adalah blog. Blog sangat informatif, post di dalamnya dapat memberikan customer Anda pengertian akan sebuah topik. Pembuatan konten ini terkenal karena dengan optimasi yang benar, post ini dapat memiliki peringkat yang baik di mesin pencarian.
  2. Video: Selain blog, video adalah salah satu bentuk digital dari konten yang terkenal. Dengan video, Anda dapat memberikan informasi dengan lebih cepat dan dengan pengalaman visual yang lebih menarik. Video adalah format yang tepat untuk menjelaskan proses yang rumit dan untuk menjelaskan informasi agar dapat lebih mudah dimengerti.
  3. Infografis: Dengan infografis, Anda dapat memberikan informasi di dalam sebuah grafis yang didesain agar dapat lebih mudah dimengerti. Infografis cocok untuk menjabarkan proses atau menyampaikan statistik.
  4. E-book: E-book adalah format konten yang lebih panjang yang menyediakan penjelasan mendalam mengenai suatu topik. Banyak perusahaan yang menggunakan konten ini sebagai salah satu cara untuk mendapatkan leads.

 

Tipe-Tipe Digital Marketing

Berikut ini beberapa tipe Digital Marketing yang banyak digunakan:

  1. Search Engine Optimization (SEO): SEO adalah strategi digital marketing yang meliputi mengoptimasi website Anda untuk mendapatkan peringkat yang bagus pada hasil pencarian. Banyak bisnis yang menggunakan SEO untuk mendapatkan leads baru dan juga membantu mereka untuk berkembang secara online. Keuntungan dari strategi digital marketing ini antara lain: meningkatkan eksposur brand Anda di hasil pencarian dan mengarahkan traffic berkualitas ke dalam website Anda.
  2. PPC (Pay Per Click) Marketing / SEM (Search Engine Marketing): PPC/SEM adalah jenis marketing berbayar yang muncul di atas hasil pencarian yang ditandai dengan tanda “Ad” atau “Iklan” (tergantung dari pengaturan bahasa Anda). Strategi ini populer untuk bisnis yang mencari leads yang memang tertarik terhadap bisnis yang Anda tawarkan. Anda hanya akan membayar saat customer melakukan click pada iklan dan masuk ke dalam website Anda. Strategi ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan leads yang memang sudah siap untuk melakukan konversi, meningkatkan awareness akan brand Anda pada hasil pencarian, dan meningkatkan visibilitas Anda pada pencarian ketika Anda sudah memiliki peringkat untuk kata kunci Anda.
  3. Email Marketing: Strategi ini dapat membantu untuk menghubungkan Anda secara personal kepada leads Anda. Anda dapat mengirimkan konten yang sudah Anda desain langsung ke inbox email mereka. Keuntungan strategi ini adalah mengirimkan pengalaman personal dari brand Anda untuk meningkatkan konversi, menjalin hubungan dekat antara brand Anda dengan leads customer Anda.
  4. Social Media Marketing dan Advertising: Dalam strategi ini ada 2 komponen yaitu, social media marketing dimana Anda membangun kehadiran bisnis Anda secara organik di platform media sosial, dan Social Media Advertising dimana Anda mempromosikan bisnis Anda ke leads yang berpotensi. Dengan strategi ini Anda dapat memberikan konten yang relevan kepada customer, mendapatkan leads yang mungkin sebelumnya belum tahu akan bisnis Anda, dan membangun hubungan dan berinteraksi dengan customer.

 

Content Marketing Atau Digital Marketing?

Secara umum, strategi terbaik adalah untuk menggabungkan content marketing dan digital marketing, karena walaupun content marketing adalah strategi yang bagus, terkadang strategi ini membutuhkan bantuan dari strategi lainnya agar dapat memberikan hasil yang memang Anda inginkan.

Sebagai contoh, saat Anda membuat post dalam blog Anda, Anda akan membutuhkan SEO untuk memastikan optimasi yang sesuai dan post Anda dapat muncul di hasil pencarian dalam peringkat yang bagus. Jika Anda ingin customer melihat post dari blog Anda, Anda akan membutuhkan email marketing atau strategi social media untuk mengedarkannya kepada leads yang berpotensi.

Content marketing di dalam digital marketing adalah salah satu bagian dari strategi yang lebih besar. Jadi, jika Anda ingin mendapatkan hasil yang maksimal dari content marketing Anda, Anda harus membuat strategi yang berfokus pada penggabungan antara digital marketing dengan content marketing.

 

Semoga informasi yang kami berikan ini bermanfaat. Anda dapat mengkonsultasikan kebutuhan digital marketing Anda dengan kami!