Menggunakan Extension Untuk Tingkatkan Performa Campaign Google Ads

Menggunakan Extension Untuk Tingkatkan Performa Campaign Google Ads

Extension iklan pada Google Ads adalah salah satu cara yang bagus untuk bisa lebih menonjol dibandingkan dengan competitor Anda. Mereka dapat menambahkan keunggulan pada iklan Anda, dan membantu untuk memisahkan antara iklan yang berperforma bagus dari yang berperforma biasa saja.

 

Apa Itu Extension Iklan?

Extension iklan adalah tambahan informasi yang bisa mengembangkan iklan Anda dan membuatnya menjadi lebih relevan dan berguna untuk customer. Extension yang biasa Anda temukan bisa berupa nomor telepon, tambahan link ke halaman lain pada website, alamat, dan masih banyak lagi. Sebagai pengiklan, Anda harus memilih Extension mana yang dapat Anda gunakan untuk membantu Anda mencapai goal dari marketing bisnis Anda.

 

Keuntungan lainnya dari Extension iklan ini adalah, kita tidak perlu membayar lebih untuk dapat menggunakan-nya dan juga menggunakan Extension dapat membantu performa CTR iklan Anda menjadi lebih baik. Anda juga dapat menggabungkan penggunaan beberapa extension sekaligus dan extension iklan juga dapat dengan mudah Anda tambahkan dan ubah tanpa harus mengubah teks iklan Anda.

 

Beberapa Extension Iklan Yang Paling Umum Digunakan

Sebenarnya ada banyak extension iklan pada Google Ads, tetapi di artikel ini, akan dibahas 5 Extension yang paling umum digunakan oleh para pengguna Google Search Ads dan yang dapat membantu performa iklan mereka. Berikut ini penjelasan-nya:

 

  • Sitelink Extension

Sitelink Extension adalah link tambahan pada iklan Anda yang dapat membawa customer ke halaman tertentu dari website Anda. Dengan Extension ini Anda dapat mengukur interest customer yang masuk ke halaman tertentu dari website Anda.

 

Pada contoh diatas, tersedia link tambahan yang dapat membawa customer ke halaman berisi Specials (halaman mengenai promosi yang di tawarkan), Biscuits (halaman berisi pilihan biscuit anjing yang ditawarkan), Healthy Diets (halaman berisi informasi mengenai nutrisi yang terkandung), dan Hours (halaman mengenai jam operasional).

 

  • Callout Extension

Callout Extension memungkinkan Anda untuk menambahkan tambahan teks deskripsi pada Ad Text Anda. Anda dapat menambahkan atribut tertentu mengenai bisnis, produk dan servis yang Anda tawarkan yang akan muncul di bawah deskripsi iklan Anda di jaringan Search Google sehingga Anda dapat menonjolkan keuntungan dari bisnis yang Anda tawarkan.

Pada contoh diatas, Callout Extension yang digunakan adalah Free Shipping, 24-7 Customer Service dan Price Matching.

 

  • Call Extension

Call Extension dapat memberikan kemudahan bagi customer untuk dapat menghubungi bisnis Anda langsung dari hasil pencarian (hal ini berlaku untuk tampilan pada mobile, jika pada tampilan di desktop, nomor telepon tidak dapat di click). Click pada nomor telepon memiliki biaya yang sama dengan click pada headline teks iklan Anda (standard CPC).

Tampilan di atas adalah tampilan Call Extension pada mobile.

 

  • Location Extension

Extension ini dapat membantu customer untuk menemukan lokasi bisnis Anda dengan menunjukkan iklan Anda bersama dengan alamat bisnis Anda, map ke lokasi Anda, atau jarak menuju lokasi Anda. Satu hal yang harus diperhatikan, untuk dapat menggunakan Extension ini, Anda harus memiliki akun Google My Business, kemudian menghubungkan akun Google My Business Anda dengan Google Ads.

 

  • Structured Snippet Extension

Extension ini memungkinkan Anda untuk me-list jenis produk, servis, tujuan (contoh: untuk agensi perjalanan) yang Anda tawarkan. Extensi ini juga akan muncul di bawah deskripsi iklan Anda. Tujuan dari extension ini sama seperti callout, adalah untuk memberikan informasi tambahan untuk customer, sehingga bisa membuat mereka lebih tertarik untuk meng-Click iklan Anda.

Sebagai contoh pada contoh iklan di atas, iklan tersebut adalah iklan untuk mempromosikan toko elektronik. Dengan bantuan Structured Snippet Extension, pengiklan memberikan informasi bahwa selain menjual alat elektronik mereka juga menyediakan jasa Support, daur ulang sampah elektronik dan juga jasa servis komputer.

 

Di atas adalah 5 extension yang paling umum digunakan untuk meningkatkan visibilitas iklan Search Anda. Anda dapat menggabungkan penggunaan beberapa Extension dalam Campaign iklan Anda, untuk dapat lebih menonjolkan bisnis Anda dibandingkan dengan kompetitor lainnya.

 

Bagaimana, apakah Anda sudah semakin mengerti mengenai Extension pada Google Ads? Semoga dengan artikel ini dapat membantu Anda untuk dapat membuat iklan Anda dapat bersaing dengan competitor Anda di era digital seperti sekarang ini.