fbpx
SEO atau Google Ads | Mana yang Lebih Baik?

SEO atau Google Ads | Mana yang Lebih Baik?

Dalam dunia bisnis terutama yang go digital pasti sering mendengar apa itu “SEO atau Google Ads?” , “mana yang lebih baik? haruskah saya fokus pada SEO atau Google Ads?”

Baik SEO dan Google Ads memiliki kelebihan dan kekurangan. Keduanya membutuhkan investasi dan waktu tetapi masing-masing memiliki perbedaan dalam investasi yang dibutuhkan. Google Ads adalah platform periklanan Google yang menggunakan pencarian Google. SEO, dalam hal ini, berfokus terutama pada pengoptimalan untuk Google karena sebagian besar pencarian dilakukan di sana..

Pada artikel ini, saya akan membahas Bagaimana Google Ads dan SEO bekerja, baik dan buruknya keduanya, dan rekomendasi mana yang terbaik untuk Anda. Jadi mari simak dan lihat keduanya untuk mencari tahu mana yang lebih baik.

 

Cara Kerja Google Ads

Hampir setiap bisnis ingin berada di halaman pertama Google untuk produk atau layanan mereka. Misalnya, jika Anda menjual ban mobil, saat orang menelusuri “jual ban mobil terdekat”, tentunya Anda ingin menjadi penelusuran pertama yang muncul. Dan disinilah manfaat Google Ads untuk mendapatkan posisi teratas dalam pencarian secara cepat, biasanya 3 teratas dimungkinkan untuk kata kunci tertentu bisa muncul di posisi teratas halaman.

Manfaat pemasaran dari iklan online sendiri adalah bisnis Anda dapat dengan cepat mendapat peringkat sebagai hasil penelusuran teratas jika Anda memiliki situs web yang bagus dan tawaran yang tepat.

AdWords bekerja dengan mengajukan tawaran untuk frasa penelusuran kata kunci tertentu. Setiap kali seseorang mengklik iklan spesifik Anda, Anda akan dikenai biaya dan membayar Google dengan sejumlah harga yang disepakati untuk klik tersebut. Tawaran atau Biaya Per Klik berkisar dari 500 perak hingga lebih tergantung pada industri dan faktor lainnya dan harganya bisa lebih tinggi atau lebih rendah.

Google Ads bekerja di bawah premis “penelusuran berbayar”. Ini berarti Anda membayar untuk penempatan di mesin pencari Google. 

Manfaat Google Ads

  • Dapatkan di 5 hasil situs web teratas atau tampilkan di bagian atas halaman pertama
  • Dapat menentukan penargetan lokal dengan kode pos atau seputar bisnis Anda
  • Dapat mengatur jam yang ingin Anda tampilkan untuk kata kunci atau frase tertentu
  • Arahkan pelanggan ke halaman landing tertentu
  • Lacak konversi atau prospek
  • Dapat menampilkan iklan bergambar

 

Kekurangan Google Ads

  • Bukan solusi jangka panjang
  • Mahal dari waktu ke waktu vs SEO
  • Hanya dapat menggunakan 1 situs web atau domain per akun
  • Iklan muncul berlabel “Iklan” di penelusuran Google.
  • Butuh waktu untuk menemukan kata kunci terbaik untuk digunakan

 

 

Bagaimana SEO Bekerja

Google Ads memiliki manfaatnya jika Anda ingin mendapatkan peringkat tinggi dengan cepat selama jangka waktu tertentu. Namun, jika Anda mencari solusi jangka panjang, SEO mungkin pilihan terbaik untuk Anda. SEO bukan hanya sekedar optimasi saja melainkan juga melibatkan pekerjaan situs web backend sehingga Google memberi Anda peringkat yang lebih tinggi dari waktu ke waktu. Proses ini melibatkan pembuatan konten, mengoptimalkan situs web Anda, menetapkan tujuan web, dan melacak kemajuan dari waktu ke waktu.

SEO melibatkan peningkatan situs web Anda untuk meningkatkan lalu lintas dan mengoptimalkan konversi situs. Konversi adalah tindakan yang dilakukan seseorang untuk menyelesaikan salah satu tujuan Anda. Ini dapat berkisar dari tetap berada di situs Anda untuk jangka waktu tertentu, mengklik link tertentu, memutar video, menambahkan item ke keranjang mereka, atau melakukan pembelian.

Ciri situs dengan SEO yang bagus adalah dapat dimuat dengan cepat, memiliki konten yang bagus, mudah dipahami dan dinavigasi, dan sangat membantu pelanggan saat berada di halaman situs.

SEO yang hebat juga mencakup item yang Anda tidak dapat melihat bahwa pengembang atau profesional bekerja di belakang layar untuk mendapatkan peringkat Google Anda lebih tinggi. Beberapa keunggulan SEO antara lain sebagai berikut:

 

Manfaat SEO

  • Solusi jangka panjang yang bagus untuk peringkat Google yang lebih tinggi
  • Dapatkan lalu lintas organik yang mengarah ke tingkat pengabaian yang lebih rendah
  • Tidak perlu membayar untuk klik
  • Tingkat kepercayaan yang lebih tinggi untuk pelanggan vs iklan
  • Google dan mesin telusur menyukai situs yang dioptimalkan

Kekurangan SEO

  • Dapat membutuhkan waktu 3 hingga 6 bulan kerja untuk melihat peningkatan peringkat
  • Upaya berkelanjutan diperlukan untuk mempertahankan peringkat yang lebih tinggi
  • Anda sering tidak akan melihat hasil langsung atau pengembalian tidak seperti Google Ads
  • Membutuhkan investasi dan waktu jangka panjang

Jadi mana yang lebih baik, SEO atau Google Ads?

Google Ads lebih baik untuk hasil cepat, halaman atas, dan SEO lebih baik untuk peringkat Google jangka panjang. Jika anggaran lebih menjadi perhatian dan Anda sabar menunggu hasil maka SEO lebih baik.

Jika Anda ingin berada di bagian atas hasil pencarian halaman pertama dengan cepat dan singkat, maka Google Ads lebih baik untuk Anda. Jika Anda bisa, strategi terbaik adalah melakukan keduanya karena keduanya bekerja sama dengan sangat baik.

Pada awalnya, Anda dapat lebih fokus pada Google Ads untuk mendapatkan hasil halaman teratas dengan cepat, kemudian, saat peringkat SEO Anda meningkat, Anda dapat menurunkan anggaran Google Ads sesuai dengan itu. Sekarang, Anda memiliki pemahaman yang baik tentang apa itu SEO dan apa bedanya dengan menjalankan kampanye Google Ads. Dengan cara ini Anda tidak akan lagi kehilangan kesempatan untuk mendapat peluang dalam strategi pencarian online Anda.