Membangun Brand Bisnis Anda Melalui Partnership

Membangun Brand Bisnis Anda Melalui Partnership

Sebuah brand dalam bisnis dapat berkembang dengan lebih cepat dengan melakukan partnership dengan brand lainnya, tentunya kerjasama dalam partnership ini harus bersifat saling menguntungkan antar brand yang bekerjasama sehingga dalam kerjasama tersebut semua pihak dapat merasakan manfaat dari partnership yang dijalankan. Dengan partnership pihak-pihak yang terlibat tidak hanya diuntungkan dengan exposure yang didapat dari setiap partner yang terlibat, tapi juga dapat mendengarkan suara-suara lain yang selama ini tidak terdengar dari customer brand lain yang akan sangat bermanfaat dalam proses pengembangan produk dan jasa yang saat ini sudah tersedia, peningkatan pengetahuan akan market atau pasar saat ini, dan juga peningkatan skill internal untuk memberikan yang lebih baik lagi bagi pelanggan.

Ada beberapa tipe partnership yang umum digunakan, sebelum melakukan partnership sebaiknya memahami dulu apa saja tipe partnership yang umum digunakan agar partnership yang dilakukan dapat memberikan hasil yang positif bagi semua yang terlibat.

Partnership dengan pelanggan dan vendor

Bekerjasama dengan pelanggan dan supplier atau vendor dapat memberikan ide-ide segar mengenai pengembangan produk dan jasa. Dengan bekerjasama dengan pelanggan maupun vendor perusahaan dapat mendapatkan ide-ide segar untuk pengembangan produk dan jasa yang selama ini mungkin belum terpikirkan. Dengan melihat kebutuhan pelanggan dan vendor dari partnership yang dilakukan perusahaan dapat menciptakan solusi baru yang dapat berguna untuk pasar yang lebih luas lagi. Partnership dengan pelanggan dan vendor dapat dilakukan misalnya dengan membuat acara webinar dengan pembicara dari pelanggan atau vendor serta perusahaan yang diperuntukan bagi relasi dari semua pihak yang terlibat.

Partnership dengan bisnis lain yang berbeda

Melakukan partnership dengan perusahaan lain dengan model bisnis yang berbeda tentunya akan sangat menarik bagi kedua perusahaan. Sebelum bekerjasama sebaiknya ditentukan terlebih dahulu target dari audience yang akan didapatkan sebagai calon customer baru, pilih perusahaan dengan target customer yang sama namun memiliki kebutuhan yang berbeda misalnya : perusahaan yang bergerak di bidang pembuatan software atau software house dapat bekerjasama dengan penyedia jasa konsultasi keuangan, selain menargetkan orang yang sama kedua perusahaan juga menawarkan produk yang dapat berguna bagi masing-masing target audience.

Partnership dengan para profesional

Kerjasama ini biasanya yang paling menarik bagi calon audience untuk ikut serta dalam kegiatan yang dilakukan, apalagi bila profesional yang diajak bekerjasama adalah figur yang profilnya sudah dikenal luas. Dengan kerjasama ini para profesional dapat memberikan insight bagaimana produk atau jasa perusahaan dapat memberikan solusi bagi kebutuhan mereka dengan dikaitkan topik yang dibahas pada acara yang diadakan.

Buat bisnis menjadi lebih baik lagi

Setelah mengetahui berbagai bentuk partnership yang bisa digunakan untuk pengembangan bisnis, tidak ada salahnya mulai mencoba agar bisnis dapat berkembang ke arah yang lebih baik lagi. ReMarketing.co.id sebagai digital marketing agency yang berlokasi di Jakarta selalu mendukung bisnis Anda agar berkembang dan semakin baik.

 

Salam Sukses

Kenapa Perusahaan Wajib Memiliki Website?

Kenapa Perusahaan Wajib Memiliki Website?

 

Dimasa yang serba mudah seperti sekarang ini, memiliki website adalah kewajiban untuk semua pelaku bisnis, baik bisnis kecil sampe yang berskala besar. Kemudahan akses internet membuat konsumen lebih kritis dalam mempertimbangkan brand atau produk apa yang akan mereka konsumsi.

 

Lalu apa pertimbangan anda sampai belum membuat website? Sekarang membuat website bukanlah hal yang sulit. Anda bisa melakukannya dengan mudah bahkan untuk seorang pemula dengan bisnis yang kecil hingga besar sekalipun.

 

Artikel ini akan membahas faktor penting serta alasan anda harus memiliki website di jaman yang serba digital seperti saat ini

 

Sebagai Sarana Komunikasi

 

Website membuat konsumen atau calon konsumen anda mengenal lebih dekat dengan brand atau bisnis anda. Di dalam website, anda bisa menjelaskan dan memposisikan brand anda di hadapan khalayak dengan tulisan dan konsep website yang telah anda buat. Selain itu, anda juga bisa memberikan informasi terkini mengenai brand anda tanpa ada gangguan dari kompetitor anda, jadi pesan yang disampaikan bisa jelas dan tepat sasaran.

 

Anda juga bisa mengaktifkan fitur chat di dalam website anda agar anda bisa berkomunikasi secara interaktif dengan pelanggan anda.

 

Menaikkan Kredibilitas Perusahaan

 

Perlu diingatkan bahwa calon pembeli sekarang lebih cerdas dalam memilih brand atau produk yang akan mereka konsumsi. Mereka sudah tidak lagi membeli dengan harga murah, mereka akan menilai track record perusahaan anda melalui website. Ketika anda tidak hadir saat mereka mencari brand anda pada halaman pencarian, sudah bisa dipastikan kepercayaan mereka terhadap brand anda akan menurun.

 

Tampilan, desain serta narasi yang menarik dapat meningkatkan kepercayaan terhadap perusahaan anda dan tidak meninggalkan kesan sembarangan.

 

Sebagai Sarana Promosi

 

Dalam website, anda dapat melakukan apa saja untuk menarik pelanggan dengan cara promosi. Anda dapat mengiklankan produk anda pada channel seperti Google AdWords, Iklan Di Facebook atau Instagram dan masih banyak cara beriklan lainnya.

 

Dengan memiliki website, anda dapat menganalisa efisiensi dan efektifitas iklan anda secara detail. Banyak tools yang bisa digunakan untuk menganalisa data hasil iklan anda. Data ini dapat anda gunakan untuk kelanjutan dan strategi iklan anda kedepannya agar lebih baik lagi.

 

Selain beriklan, website anda wajib diperkuat dengan SEO (Search Engine Optimization) agar Google bisa merekomendasikan website anda di halaman utama secara organik. Ini menjadi sangat penting agar perusahaan anda mudah ditemukan oleh calon customer anda.

Menggunakan Extension Untuk Tingkatkan Performa Campaign Google Ads

Menggunakan Extension Untuk Tingkatkan Performa Campaign Google Ads

Extension iklan pada Google Ads adalah salah satu cara yang bagus untuk bisa lebih menonjol dibandingkan dengan competitor Anda. Mereka dapat menambahkan keunggulan pada iklan Anda, dan membantu untuk memisahkan antara iklan yang berperforma bagus dari yang berperforma biasa saja.

 

Apa Itu Extension Iklan?

Extension iklan adalah tambahan informasi yang bisa mengembangkan iklan Anda dan membuatnya menjadi lebih relevan dan berguna untuk customer. Extension yang biasa Anda temukan bisa berupa nomor telepon, tambahan link ke halaman lain pada website, alamat, dan masih banyak lagi. Sebagai pengiklan, Anda harus memilih Extension mana yang dapat Anda gunakan untuk membantu Anda mencapai goal dari marketing bisnis Anda.

 

Keuntungan lainnya dari Extension iklan ini adalah, kita tidak perlu membayar lebih untuk dapat menggunakan-nya dan juga menggunakan Extension dapat membantu performa CTR iklan Anda menjadi lebih baik. Anda juga dapat menggabungkan penggunaan beberapa extension sekaligus dan extension iklan juga dapat dengan mudah Anda tambahkan dan ubah tanpa harus mengubah teks iklan Anda.

 

Beberapa Extension Iklan Yang Paling Umum Digunakan

Sebenarnya ada banyak extension iklan pada Google Ads, tetapi di artikel ini, akan dibahas 5 Extension yang paling umum digunakan oleh para pengguna Google Search Ads dan yang dapat membantu performa iklan mereka. Berikut ini penjelasan-nya:

 

  • Sitelink Extension

Sitelink Extension adalah link tambahan pada iklan Anda yang dapat membawa customer ke halaman tertentu dari website Anda. Dengan Extension ini Anda dapat mengukur interest customer yang masuk ke halaman tertentu dari website Anda.

 

Pada contoh diatas, tersedia link tambahan yang dapat membawa customer ke halaman berisi Specials (halaman mengenai promosi yang di tawarkan), Biscuits (halaman berisi pilihan biscuit anjing yang ditawarkan), Healthy Diets (halaman berisi informasi mengenai nutrisi yang terkandung), dan Hours (halaman mengenai jam operasional).

 

  • Callout Extension

Callout Extension memungkinkan Anda untuk menambahkan tambahan teks deskripsi pada Ad Text Anda. Anda dapat menambahkan atribut tertentu mengenai bisnis, produk dan servis yang Anda tawarkan yang akan muncul di bawah deskripsi iklan Anda di jaringan Search Google sehingga Anda dapat menonjolkan keuntungan dari bisnis yang Anda tawarkan.

Pada contoh diatas, Callout Extension yang digunakan adalah Free Shipping, 24-7 Customer Service dan Price Matching.

 

  • Call Extension

Call Extension dapat memberikan kemudahan bagi customer untuk dapat menghubungi bisnis Anda langsung dari hasil pencarian (hal ini berlaku untuk tampilan pada mobile, jika pada tampilan di desktop, nomor telepon tidak dapat di click). Click pada nomor telepon memiliki biaya yang sama dengan click pada headline teks iklan Anda (standard CPC).

Tampilan di atas adalah tampilan Call Extension pada mobile.

 

  • Location Extension

Extension ini dapat membantu customer untuk menemukan lokasi bisnis Anda dengan menunjukkan iklan Anda bersama dengan alamat bisnis Anda, map ke lokasi Anda, atau jarak menuju lokasi Anda. Satu hal yang harus diperhatikan, untuk dapat menggunakan Extension ini, Anda harus memiliki akun Google My Business, kemudian menghubungkan akun Google My Business Anda dengan Google Ads.

 

  • Structured Snippet Extension

Extension ini memungkinkan Anda untuk me-list jenis produk, servis, tujuan (contoh: untuk agensi perjalanan) yang Anda tawarkan. Extensi ini juga akan muncul di bawah deskripsi iklan Anda. Tujuan dari extension ini sama seperti callout, adalah untuk memberikan informasi tambahan untuk customer, sehingga bisa membuat mereka lebih tertarik untuk meng-Click iklan Anda.

Sebagai contoh pada contoh iklan di atas, iklan tersebut adalah iklan untuk mempromosikan toko elektronik. Dengan bantuan Structured Snippet Extension, pengiklan memberikan informasi bahwa selain menjual alat elektronik mereka juga menyediakan jasa Support, daur ulang sampah elektronik dan juga jasa servis komputer.

 

Di atas adalah 5 extension yang paling umum digunakan untuk meningkatkan visibilitas iklan Search Anda. Anda dapat menggabungkan penggunaan beberapa Extension dalam Campaign iklan Anda, untuk dapat lebih menonjolkan bisnis Anda dibandingkan dengan kompetitor lainnya.

 

Bagaimana, apakah Anda sudah semakin mengerti mengenai Extension pada Google Ads? Semoga dengan artikel ini dapat membantu Anda untuk dapat membuat iklan Anda dapat bersaing dengan competitor Anda di era digital seperti sekarang ini.

5 Plugin WordPress Ini Wajib Ada di Website Toko Online

5 Plugin WordPress Ini Wajib Ada di Website Toko Online

 

Memiliki sebuah website toko online saat ini dapat dengan mudah Anda dapatkan, tidak seperti dulu yang harus mengeluarkan budget besar dan hanya bisa dikerjakan oleh ahli programmer saja. Website dengan CMS WordPress bisa mewujudkan impian Anda memiliki website toko online dengan harga terjangkau dan pengoprasiannya yang mudah dipahami dan tidak membutuhkan ahli programmer untuk membangunnya.

 

Lalu plugin apa saja yang dibutuhkan dan wajib ada untuk membangun sebuah website toko online? Berikut informasinya.

 

1. Woocomerce

 

 

Yang pertama adalah plugin Woocomerce, plugin ini tentunya sangat wajib untuk Anda install pada website Anda, karena plugin ini dapat membantu Anda membangun sebuah website toko online dengan instan dan cepat. Anda bisa memasukan produk jualan Anda melalui plugin ini. Untuk lebih detailnya Anda bisa cek artikel cara membangun website toko online atau ecommerce yang bisa Anda ikuti dari awal hingga website Anda jadi.

 

 

2. Plugin Ongkos Kirim

 

 

Setelah website Anda dipasangi woocomerce, Anda bisa melengkapi web toko online Anda dengan plugin pendukung lainnya agar website Anda semakin bagus dan nyaman digunakan oleh customer atau pengunjung web.  Salah satunya adalah Plugin Ongkos Kirim, plugin ini sangat bermanfaat untuk Anda yang menginginkan transaksi penjualan di website tanpa perlu melakukan order melalui chat. Sehingga customer Anda bisa melakukan check out barang berikut dengan biaya pengiriman dan jasa kirim apa yang akan digunakan bisa disesuaikan.

 

 

3. Click to Chat

 

 

Plugin berikutnya yang wajib ada adalah Click to Chat. Plugin yang dapat membantu Anda menampilkan tombol chat yang dapat diintergrasikan dengan nomor whatsapp yang Anda miliki, sehingga jika ada pertanyaan seputar produk, pembeli dapat langsung mengklik tombol chat yang akan otomatis masuk kedalam aplikasi whatsapp dan Anda tidak perlu membuka dashboard website untuk membalas chat dari pelanggan Anda.

 

 

4. Yoast SEO

 

 

Untuk sebagian orang yang memang bekerja diranah digital marketing mungkin sudah familiar dengan plugin ini yaitu Yoast SEO, salah satu plugin SEO tools yang banyak digunakan karena dapat membantu meningkat kualtias website dengan analisa dan rekomendasi perbaikan disetiap halamannya.

 

Kenapa Yoast ini wajib Anda instal? Karena website toko online Anda harus mampu bersaing dengan website lainnya yang ada di halaman pertama pencarian Google, dan plugin ini dapat membantu Anda mengoptimalkan situs yang Anda miliki agar ramah di mata Google. Jika Anda masih bingung dengan apa itu SEO, Anda bisa melakukan konsutlasi dan bertanya seputar SEO dan manfaat SEO untuk toko online Anda dengan jasa seo profesional.

 

 

5. Light Speed Cache

 

 

Yang terakhir adalah plugin Light Speed Cache, plugin ini dapat membantu meringankan speed load website yang Anda miliki, sehingga website Anda dapat terhindari dari kata loading atau lemot yang dapat memperburuk penilaian dari Google dan juga pembeli yang tidak suka menunggu.

Langkah Membuat Website Ecommerce untuk Jualan Toko Online Kamu

Langkah Membuat Website Ecommerce untuk Jualan Toko Online Kamu

 

 

E-commerce kini sudah menjadi pilihan utama sebagian besar orang untuk berbelanja, disamping beberapa kemudahan bagi pelanggan dalam melakukan pembelian melalui website, E-commerce juga memberikan beberapa keuntungan lainnya bagi pelanggan dibandingkan pembelian secara konvensional di antara nya :

  • Lebih mudah menemukan barang yang akan dibeli
  • Proses pembelian yang lebih mudah dengan berbagai opsi pilihan pembayaran
  • Barang diantar langsung ke tujuan tempat lokasi pelanggan
  • Adanya promo yang lebih menarik dan transparan
  • Histori pembelian yang tercatat dengan baik sehingga memudahkan pelanggan untuk dapat melakukan repeat order

dan tentunya masih banyak beberapa hal lagi yang menjadikan e-commerce kini menjadi pilihan utama untuk berbelanja. Di sisi penyedia barang  atau produsen tentunya e-commerce sangat membantu dalam perkembangan bisnis dan sangat memudahkan dalam customer dan inventory management. Di indonesia sendiri sudah banyak pelaku usaha baik skala kecil, menengah maupun besar yang memasarkan produk secara online dan dapat dibagi menjadi 3 cara yaitu :

  • Manual Digital :
    Pemasaran dilakukan secara digital melalui media sosial seperti facebook, dan instagram namun proses pemesanan, hingga pembayaran dilakukan secara manual melalui telepon, atau chat.
  • Manual Digital + Marketplace :
    Sama halnya proses manual seperti cara di atas namun penjual mulai memasukan produknya di marketplace sehingga pelanggan dapat melakukan pemesanan melalui marketplace dan memanfaatkan fitur-fitur promosi yang ada di marketplace tersebut
  • Marketplace + Ecommerce Website : 
    Dengan cara ini penjualan dilakukan melalui dua chanel yaitu marketplace dan website perusahaan, cara ini banyak dilakukan oleh brand besar di Indonesia, mengapa? karena perilaku konsumen yang sudah terbiasa untuk berbelanja di market place dan promosi-promosi dari marketplace yang bisa dimanfaatkan untuk menjual produk lebih banyak. Dengan memiliki website ecommerce, perusahaan dapat lebih memaksimalkan data pelanggan melalui kunjungan website, memberikan promo yang menarik di website, hingga kustomisasi alur pembelian untuk memudahkan pelanggan dan memberikan pengalaman tersendiri saat berbelanja di website perusahaan.

Cara Membuat Website e Commerce

 

Saat ini secara umum website e-commerce bisa dikategorikan sebagai berikut :

  1. Menggunakan CMS atau Content Management System.
    Ada beberapa CMS populer untuk membuat website dengan sistem e Commerce diantaranya adalah : Woocommerce, Wix, Prestashop, Shopify, Opencart dan Magento. Masing-masing CMS tersebut memiliki kelebihan tersendiri dalam artikel ini kita akan membahas bagaimana membuat website e Commerce menggunakan platform CMS Woocommerce. Mengapa Woocommerce? karena Woocommerce saat ini merupakan platform e Commerce paling populer dengan market share sebesar 28.24% dibandingkan dengan yang lainnya (sumber : Statisca 2001). Dengan semakin banyak nya pengguna, tentunya fitur akan semakin lengkap dan sistem keamanan juga semakian update.
  2. Inhouse development.
    Perusahaan melakukan investasi dengan mendevelop website tanpa menggunakan e Commerce. Dengan cara ini kustomisasi  sangat mudah dilakukan karena team development merupakan team internal yang dapat diarahkan sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

 

Setelah mengetahui informasi dan kelebihan dari cara di atas, mari kita mulai untuk bagaimana cara membuat website e Commerce dengan menggunakan CMS atau platform Woocommerce.

 

Membuat Website e Commerce dengan menggunakan Woocommerce

 

Sebelum membuat website e Commerce yang penting untuk disiapkan adalah :

  • Domain atau alamat website :
    Domain dapat dibeli melalui perusahaan penyedia domain atau perusahaan hosting, pastikan domain yang dibeli adalah domain yang mudah diingat dan sesuai dengan produk dan karakter perusahaan.
  • Hosting website :
    Hosting Website adalah tempat dimana file website ditempatkan dan akan diakses oleh pengguna, pastikan hosting memiliki kapasitas yang cukup untuk menghindari performa website yang lambat dan sulit untuk di akses.

 

Setelah memiliki kedua hal diatas, langkah selanjutnya adalah melakukan instalasi WordPress, Woocommerce sendiri adalah salah satu fitur yang disediakan oleh CMS wordpress. Untuk menginstal wordpress dapat dilakukan dengan mendownload versi wordpress terbaru dan upload pada hosting yang kita miliki, atau beberapa hosting company melalui cpanel sudah menyediakan  fitur instalasi wordpress seperti berikut :

 

Kemudian lakukan aktivasi theme yang sesuai dengan design website yang dikehendaki, theme disini adalah kerangka design dan fungsi utama dari website yang menggunakan ecommerce, theme dapat di develop sendiri atau didapat dari penyedia baik gratis maupun berbayar. Perusahaan web developer atau Jasa Web Developer biasanya memiliki theme dengan fitur yang sudah lengkap dan mendukung ecommerce serta design yang user friendly, mobile friendly dan SEO friendly.

 

 

Lakukan instalasi plugins yang dibutuhkan untuk mendukung sistem e Commerce, plugins adalah program tambahan pada CMS wordpress untuk aktivasi sistem e-commerce, pada dasarnya plugins yang dibutuhkan adalah :

  • Plugins Woocommerce
    Adalah inti dari website E commerce yang dijalankan melalui CMS wordpress, plugin ini sudah menyediakan sistem e Commerce dengan lengkap, mulai dari penambahan produk, add to cart, hingga check-out.
  • Plugin Shipping
    Adalah program yang diperlukan untuk perhitungan ongkos kirim dari lokasi barang hingga ke lokasi pembeli, perhitungan ini dapat di input secara manual di setting Woocommerce, namun lebih baik menggunakan plugin dari 3rd party karena data yang lebih update serta tidak merepotkan dalam melakukan update harga pengiriman di kemudian hari.
  • Plugin Payment
    Untuk memudahkan pembeli dalam melakukan pembayaran, website harus memiliki sistem pembayaran yang aman dan terintegrasi langsung dengan website. Saat ini banyak sistem payment gateway yang dapat diintegrasikan dengan Woocommerce untuk mendukung pembayaran melalui bank transfer, credit card, hingga outlet minimarket.
  • Plugin Analytics
    Analisis sangat diperlukan untuk mengetahui performa website, dengan adanya plugin analisa seperti google analytics, dapat diketahui produk mana yang sering dilihat oleh pengunjung, hingga dimana pengunjung berhenti melanjutkan proses pembelian sehingga dapat diketahui penyebab dan dilakukan perbaikan proses pada website.

 

Setelah proses instalasi selesai dilakukan maka hal berikutnya adalah setting data utama pada website, melalui Woocommerce-setting :

 

beberapa setting utama yang perlu dilakukan adalah :

 

  • General : Setting untuk alamat perusahaan, lokasi utama asal pengiriman, mata uang dan pilihan negara lokasi penjualan.
  • Product : Setting untuk detail produk seperti, perhitungan berat apakah dalam kilogram atau gram dan Ukuran dimensi barang apakah dalam cm atau m.
  • Shipping : Setting untuk konfigurasi sistem pengiriman dan kalkulasi perhitungan ongkos kirim
  • Payment : Setting untuk sistem pembayaran yang dapat dilakukan oleh pembeli

 

Setelah itu Anda dapat mulai melakukan upload produk untuk dapat ditampilkan pada website Anda :

 

 

Kemudian jangan lupa untuk melakukan testing terhadap website Anda, pastikan flow pembelian yang dilakukan oleh pengguna berjalan dengan baik mulai dari pencarian produk, halaman detail produk, add to cart, check out, perhitungan ongkos kirim, proses pembayaran, hingga notifikasi order yang akan diterima oleh pengguna. Jangan lupa untuk memaksimalkan jumlah pengujung website anda melalui strategi digital marketing seperti : Jasa SEO, hingga iklan di sosial media.

Yoast SEO vs All in One SEO, Mana yang Terbaik – Plugin SEO WordPress

Yoast SEO vs All in One SEO, Mana yang Terbaik – Plugin SEO WordPress

Merujuk pada pencarian yang lebih sempit, Yoast SEO vs All in One SEO, dua plugin SEO WordPress yang populer dan paling banyak di unduh ini memang membuat sebagian dari para praktisi SEO terutama SEO Beginner atau pemula bingung, dari dua plugin mana yang lebih baik? Sama – sama baguskah atau justru ada yang lebih unggul?

 

Pada kesempatan kali ini kita akan membandingkan ke dua plugin SEO WordPress terbaik tersebut untuk mengetahui mana yang lebih baik dari sisi penggunaannya.

 

  • Sejarah Singkat

 

All in One SEO Pack dan Yoast SEO memiliki pengunduh dan pengguna yang cukup banyak dan merupakan plugin WordPress yang paling populer dan telah digunakan sepanjang masa.

 

All in One SEO dibuat pada tahun 2007 oleh Michael Torbert dan Steve Mortiboy. Sejak awal kemunculannya plugin ini telah menarik perhatian dan tetap eksis digunakan hingga saat ini.

 

Yoast SEO, mulai muncul sebagai SEO Plugin di WordPress pada tahun 2010 yang dibuat oleh Joost de Valk dan mencoba untuk menjadi plugin SEO terbaik dengan terus menerus meningkatkan kualitas dan kinerja sistem plugin hingga menjadi saingan utama dari All in One SEO seperti saat ini.

 

Kedua plugin diatas menawarkan fitur-fitur yang Anda butuhkan untuk mendapatkan manfaat SEO dengan maksimal di situs WordPress, oleh karena itu mari kita simak dan bandingkan Yoast SEO vs All in One SEO untuk mengetahui mana yang merupakan plugin WordPress SEO terbaik.

 

 

  • Instalasi dan Pengaturan

 

Dibutuhkan pengetahuan dan pelatihan untuk memahami dan dapat berhasil menerapkan konsep SEO ke dalam situs web. Plugin WordPress SEO seharusnya memudahkan pemula untuk menyiapkan praktik terbaik SEO tanpa keahlian khusus apa pun.

 

Mari kita lihat bagaimana kedua plugin ini memiliki langkah yang mudah atau membingungkan saat menginstal dan menyiapkan pengaturan SEO dasar di situs WordPress.

 

Yoast SEO

 

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menginstal dan mengaktifkan plugin Yoast SEO. Setelah aktivasi, pengguna dapat pergi ke halaman Dasbor » SEO dan meluncurkan wizard konfigurasi di bawah tab Umum.

 

 

Ini akan memunculkan wizard langkah demi langkah yang akan memandu Anda melalui proses penyiapan. Ini memungkinkan pemula untuk memulai dengan cepat tanpa merasa bingung oleh istilah dan pilihan yang rumit.

 

Yoast SEO adalah plugin yang memiliki banyak opsi yang perlu Anda lakukan satu per satu.

 

Bagian pengaturan Yoast SEO dibagi dengan rapi menjadi setiap halaman, di mana setiap halaman memiliki tab berbeda untuk pengaturan masing-masing sehingga dapat menghindari duplicate content.

 

 

Bantuan di layar tersedia di semua halaman pengaturan Yoast SEO. Cukup klik tombol Bantuan berwarna ungu di bagian atas, jika Anda membutuhkan bantuan atau bingung dengan pilihan dan pengaturan yang ada, bantuan tersebut akan menampilkan video atau teks tentang opsi di halaman.

 

 

Pengaturan yang tertata rapi, wizard konfigurasi untuk pemula, dan opsi bantuan di layar membuatnya sangat mudah bagi pemula untuk mengatur Yoast SEO di sebuah situs WordPress.

 

All in One SEO Pack

 

Pertama, Anda perlu menginstal dan mengaktifkan plugin All in One SEO Pack. Setelah aktivasi, Anda akan menemukan item menu SEO All in One tepat di bawah Dashboard. Mengkliknya akan membawa Anda ke halaman pengaturan plugin.

 

Paket SEO All in One, memiliki semua pengaturan dalam satu halaman. Ini membuatnya terlihat lebih simple namun kurang maksimal karena pengaturan yang diberikan untuk seluruh halaman.

 

Halaman pengaturan dibagi menjadi beberapa bagian. Setiap bagian berhubungan dengan pengaturan area atau fitur tertentu, misalnya: pengaturan beranda, pengaturan judul, pengaturan tampilan, dll.

 

Ada ikon bantuan di samping setiap opsi. Mengklik ikon menunjukkan deskripsi singkat dan terkadang tautan ke dokumentasi tambahan. Ini memudahkan pemula untuk memahami apa yang mereka lakukan dan apa yang mereka bingungkan dengan setiap opsi yang ada.

 

Kesimpulan:

Baik Yoast SEO dan All in One SEO memiliki banyak opsi. Ini membuat pengaturannya terlihat sedikit rumit dan memusingkan. Namun kedua plugin mencoba yang terbaik untuk menyederhanakan berbagai hal dan memudahkan pengguna untuk mengatur pengaturan SEO mereka. Kami merasa bahwa Yoast SEO melakukan pekerjaan yang sedikit lebih baik daripada SEO All in One dengan pengaturan multi-halaman dan tab.

 

Pemenang: Yoast SEO

 

 

  • Efektivtias untuk Penggunaan Sehari – Hari

 

SEO adalah proses yang berkelanjutan, dan setiap posting atau halaman baru yang Anda tambahkan ke situs web Anda memiliki skor SEO-nya sendiri. Artinya, Anda akan menggunakan plugin SEO untuk mengoptimalkan konten Anda untuk mesin telusur saat Anda menambahkannya.

 

Mari kita lihat bagaimana kedua plugin ini bekerja untuk kebutuhan posting sehari-hari di situs WordPress Anda.

 

Yoast SEO

 

Yoast SEO hadir dengan alat analisis konten yang dapat membantu Anda mengoptimalkan setiap posting atau halaman di situs web Anda.

 

Tepat di bawah editor posting, Anda akan menemukan metabox Yoast SEO dengan pratinjau cuplikan, bidang kata kunci fokus, dan analisis konten.

 

 

Cuplikan pratinjau menunjukkan bagaimana judul dan deskripsi situs Anda akan terlihat di mesin pencari. Yoast SEO secara otomatis menggunakan judul posting Anda sebagai judul dan kutipan sebagai deskripsi, tetapi kami menyarankan Anda untuk mengubahnya dengan mengklik tombol edit cuplikan (edit snippet).

 

Memasukkan kata kunci fokus di Yoast SEO akan memungkinkan plugin menganalisis konten Anda untuk kata kunci tertentu itu.

 

Analisis ditampilkan di area analisis konten, di mana Yoast SEO akan memberikan saran tentang bagaimana Anda dapat meningkatkan skor SEO posting Anda.

 

Kotak meta Yoast SEO memiliki dua bagian lagi. Anda dapat mengklik ikon roda gigi untuk beralih ke tampilan lanjutan.

 

Tampilan lanjutan adalah sesuatu yang tidak boleh digunakan oleh kebanyakan pemula kecuali Anda tahu apa yang Anda lakukan. Ini memungkinkan Anda untuk menghentikan mesin pencari mengikuti atau mengindeks posting / halaman.

 

Kedua, adalah ikon sosial yang menampilkan pengaturan sosial untuk kiriman Anda.

 

Di sinilah Anda dapat mengatur gambar artikel untuk Facebook dan Twitter. Anda dapat megisi deskripsi dan judul untuk media social karena Yoast SEO akan menggunakan judul dan deskripsi utama Anda di tag meta grafik.

 

All in One SEO

 

All in One SEO hadir dengan metabox serupa untuk mengedit pengaturan SEO pada setiap posting. Cukup edit posting dan di bawah editor posting Anda akan menemukan kotak meta SEO All in One.

 

 

Tidak seperti Yoast SEO, kotak meta ini sangat sederhana. Anda dapat mengedit judul dan deskripsi, tetapi tidak ada analisis konten atau penilaian SEO.

 

All in One SEO memang menawarkan alat canggih untuk setiap posting yang memungkinkan Anda mengontrol pengindeksan. Bahkan memiliki opsi untuk tidak dilakukan pengindexan pada postingan atau halaman tertentu.

 

Untuk fitur sosial, Anda harus mengaktifkan addon Meta Sosial dengan mengunjungi halaman Manajer Fitur All in One SEO.

 

Mengaktifkan addon ini akan menambahkan tab Pengaturan Sosial di kotak meta All in SEO. Addon ini memungkinkan Anda untuk mengatur gambar dan deskripsi khusus untuk digunakan oleh Facebook dan Twitter.

 

Kesimpulan

Kedua plugin tersebut memudahkan untuk mengedit pengaturan SEO berdasarkan posting demi posting.

Namun, penulis rasa bahwa analisis konten, kata kunci fokus, dan penilaian SEO memberi keuntungan besar bagi pengguna.

Pemenang: Yoast SEO

 

 

  • Alat dan Fitur Tambahan

 

Optimasi SEO pada sebuah halaman adalah proses yang komprehensif, itulah sebabnya kedua plugin ini hadir dengan alat dan fitur tambahan selain hanya tag meta. Fitur-fitur ini ada untuk mempermudah Anda memenuhi berbagai kebutuhan dalam mengoptimasi tanpa perlu menginstal beberapa plugin SEO lainnya dan memberi Anda solusi all-in-one yang sebenarnya.

 

Yoast SEO

 

Yoast SEO hadir dengan serangkaian fitur lengkap yang mencakup sebagian besar aspek pengoptimalan di situs. Beberapa fitur dan alat tersebut adalah:

 

  • Peta Situs XML
  • Navigasi Breadcrumb
  • Tag Meta Grafik
  • Mengimpor Data dari Alat Webmaster Google
  • txt dan editor .htaccess bawaan
  • Impor / Ekspor data SEO

 

All in One SEO

 

All in One SEO juga dilengkapi dengan banyak fitur tetapi beberapa di antaranya tidak diaktifkan secara default. Anda harus mengunjungi All in One SEO »Features Manager untuk mengaktifkannya.

 

  • Peta Situs XML
  • txt
  • Editor File
  • Pemblokir Bot Buruk
  • Buka Tag Meta Grafik
  • Impor dan Ekspor Data SEO
  • Manajer Kinerja

 

Kesimpulan

Kedua plugin menawarkan seperangkat alat dan fitur yang hampir sama. SEO All in One tidak memiliki navigasi breadcrumbs dan mengimpor data dari fitur Google Search Console. Namun, tidak adanya kedua fitur ini tidak akan berdampak drastis pada SEO situs Anda.

Kami juga menyukai bagaimana All in One SEO memungkinkan Anda mengaktifkan fungsionalitas hanya jika diperlukan.

Pemenang: Seri

 

 

  • Dukungan dan Addons

 

Meskipun kedua plugin Yoast dan All in One cukup mudah digunakan dan dilengkapi dengan dokumentasi gratis yang ekstensif, opsi dukungan gratis yang diberikan tentunya sangat terbatas. Anda bisa mendapatkan dukungan lebih dengan addon professional.

 

Adapun dukungan dan addons premium yang bisa Anda dapatakan diantara dua pilihan plugin tersebut adalah :

 

Yoast SEO

 

Plugin Yoast SEO gratis dasar tidak mendukung kesalahan setting atau teknis saat melakukan setting untuk pengoptimalan, dan Anda menggunakannya dengan risiko Anda sendiri. Meskipun Anda dapat mengajukan pertanyaan di forum dukungan WordPress.org dan mencari bantuan dari pengguna lain, Anda tidak dijamin mendapat tanggapan resmi dari tim Yoast.

 

Untuk dukungan profesional, Anda perlu membeli Yoast SEO premium. Harga untuk lisensi nya sekitar $ 69 untuk per situs atau per website.

 

Lisensi premium juga dilengkapi dengan beberapa fitur tambahan seperti beberapa kata kunci fokus, dan manajer pengalihan.

 

Yoast SEO juga menawarkan beberapa plugin addon berbayar lainnya yang tersedia untuk situs dengan niche dengan kebutuhan SEO tertentu. Plugin addon ini adalah:

 

  • SEO Video
  • SEO Lokal
  • SEO News

 

All in One SEO

 

Sama seperti Yoast, versi gratis All in One SEO hadir tanpa dukungan. Versi All in One SEO Pack Pro bisa menjadi pilihan untuk mendapatka dukungan profesional selama satu tahun.

 

Lisensi untuk versi pro berharga $ 97 per tahun untuk satu situs. Versi pro dari All in One SEO mendapatkan fitur tambahan seperti dukungan untuk produk WooCommerce, opsi SEO kategori, peta situs XML video, dll.

 

Kesimpulan       

Lisensi Yoast SEO lebih murah jika Anda membutuhkannya hanya untuk satu situs. Namun, harga naik saat Anda menambahkan lebih banyak situs. Di sisi lain, satu lisensi All in One SEO dapat digunakan di situs tanpa batas.

Pemenang: All in One SEO

 

 

Menurut Kami

All in One SEO dan Yoast SEO keduanya adalah plugin yang bagus sehingga perbandingan antara kedua plugin tersebut sangat dekat dan sama – sama memiliki fitur yang dapat di andalkan untuk mengoptimalkan SEO.

Secara pribadi, penulis menggunakan Yoast SEO di situs web yang penulis kelola dan menilai bahwa Yoast yang terbaik. Karena fitur dan penggunaan plugin Yoast yang mudah untuk dipahami dan dapat diatur disetiap halaman tanpa batas.

 

Perubahan Match Type Keyword pada Google Search Ads

Perubahan Match Type Keyword pada Google Search Ads

 

Seperti diketahui sebelumnya, dalam menjalankan Google Search Ads, ada 4 match type yang dapat digunakan untuk mengontrol pencarian agar iklan yang kita jalankan dapat muncul pada user yang memang dituju. 4 match type tersebut adalah Broad Match, Exact Match, Phrase Match dan Broad Match Modifier.

 

Dalam rangka untuk mempermudah bisnis untuk mencapai customer yang dituju dengan iklan mereka, Google melakukan perubahan pada match type Phrase dan Broad Match Modifier. 

 

Pengertian Phrase Match

Dengan menggunakan match type ini, iklan kita dapat muncul saat user melakukan pencarian dengan keyword yang sesuai, variasi terdekat dan dengan penambahan kata di depan atau di belakang keyword yang kita gunakan. Match type ini lebih terkontrol dibandingkan dengan Broad Match tetapi lebih flexible dibandingkan dengan Exact Match.

 

Contoh: kita menggunakan keyword -> “sepatu wanita”. Iklan kita akan muncul saat user melakukan pencarian di Google dengan kata yang mengandung ‘sepatu wanita’ dengan tambahan kata di depan atau di belakang keyword, seperti: ‘cari sepatu wanita’, ‘sepatu wanita murah’, ‘sepatu wanita baru’.

 

Pengertian Broad Match Modifier (BMM)

Dengan match type ini, kita dapat meraih Audience yang luas seperti Broad Match, tetapi dengan kontrol yang lebih baik untuk siapa yang dapat melihat iklan kita dengan membatasi iklan kita muncul jika user melakukan pencarian yang mencakup kata individual dari keyword kita yang kita tandai dengan tanda ‘+’.

 

Contoh: kita menggunakan keyword -> +sepatu wanita, maka iklan kita dapat muncul jika user melakukan pencarian yang mengandung kata ‘sepatu’, seperti: ‘sepatu wanita baru’, ‘sepatu baru’, ‘sepatu murah’, ‘sepatu ladies’, ‘cari sepatu baru’, ‘jual sepatu murah’, ‘sepatu yang bagus’.

 

Menyederhanakan Match Type Pada Search Ads

Untuk meningkatkan jangkauan dan kontrol untuk pengiklan, mulai dari bulan Februari hingga Juli 2021, Google akan sedikit demi sedikit menghilangkan match type BMM. Jadi mulai dari Juli 2021, pengiklan tidak dapat menggunakan match type BMM lagi.

 

Sebagai gantinya, Google akan memperluas match type Phrase untuk memasukkan sifat dari BMM dan sifat dari Phrase yang sudah ada, dan menggabungkannya menjadi satu. Dengan kata lain, ketika perubahan ini selesai dilakukan, menggunakan match type Phrase pada Google Search Ads, akan sama dengan menggunakan match type Phrase dan BMM sekaligus, dengan sedikit perubahan.

 

Perubahan Pada Match Type Phrase

Match type Phrase akan mencakup traffic yang dapat diperoleh dengan menggunakan match type BMM, tetapi dengan tetap memperhatikan urutan kata yang penting untuk arti kata tersebut. Dengan perkembangan ini, pengiklan dapat menjangkau pencarian yang diinginkan saat menggunakan match type Phrase, tanpa harus khawatir akan adanya pencarian yang tidak relevan.

 

Sebagai contoh: kita menggunakan keyword “sepatu wanita”. Jika sebelum perubahan kita menggunakan match type Phrase, maka iklan kita akan muncul saat user melakukan pencarian dengan query “sepatu wanita bagus” atau “cari sepatu wanita”. Setelah perubahan selesai diterapkan, maka iklan kita akan muncul pada query pencarian “sepatu boots ukuran 35 wanita baru”. Bisa dilihat dari contoh tersebut, hanya dengan memasang keyword “sepatu wanita” iklan kita dapat muncul di query pencarian yang lebih luas yang mencakup ukuran atau jenis, tetapi masih di dalam  query pencarian tersebut tetap harus mengandung keyword inti  “sepatu wanita”.

 

Dengan terus dilakukannya pengembangan dari Google, kedepannya beriklan di Google Search Ads pun akan semakin nyaman. Tetapi walaupun targeting keyword di Google Search Ads telah dibuat lebih simple, pengiklan tetap harus melakukan monitor dan kontrol yang menyeluruh dan rutin agar traffic iklan terkontrol dan biaya yang dikeluarkan tidak sia-sia.

 

Lupakan Tagar, Inilah Tips Mengembangkan Akun Sosial Media

Lupakan Tagar, Inilah Tips Mengembangkan Akun Sosial Media

tips sosial media

 

Banyak cara penentu untuk akun sosial media bisnis anda berkembang, salah satunya Tagar (#). Tapi, bukan hanya Tagar yang menentukan akun anda bisa berkembang dan direkomendasikan kepada pengguna. Dalam artikel ini kami akan membahas dan memberi alasan kenapa bukan hanya Tagar yang berpengaruh.

 

Bagaimana platform sosial media bekerja bukanlah menjadi masalah untuk anda menjalankan dan mengatur akun sosial media anda. Tapi ini semua tentang bagaimana anda melakukan pendekatan terhadap target audiens anda sendiri.

 

Kami analogikan seperti anda baru saja membuka kedai kopi dengan dekorasi dan suguhan interior yang menarik. Apakah anda langsung saja menutup kedai kopi anda setelah 5 hari berjalan dan tidak ada pengunjung yang datang?

 

Kami yakin tentunya anda harus bersikap bijak dengan memikirkan strategi lain yang lebih baik agar orang ingin datang ke kedai kopi anda selain dengan alasan kedai anda yang instagrammable. Asumsi seperti ini berlaku juga dalam anda mengelola akun sosial media bisnis yang sedang anda jalani.

 

Tips pertama adalah anda harus jelas menunjukkan kenapa akun anda hadir dan sajikan tujuan yang jelas. Berikan content yang menunjukkan siapa anda dan kenapa mereka harus menunggu content anda selanjutnya.

 

Lalu, anda harus melakukan observasi tentang apa dan bagaimana target audiens anda mengkonsumsi contentnya sehari-hari. Lemparkan beberapa content harian, lalu anda dapat Analisa dari data yang disajikan oleh platform sosial media anda.

 

Anda juga harus fokus pada posisi brand, suara audiens dan perasaan yang ikut tertanam dalam tujuan anda membangun brand anda pada awalnya. Tentunya anda harus memiliki konsistensi dan pemahaman yang kuat mengenai brand anda sendiri.

 

Tips selanjutnya adalah anda harus membangun relasi yang baik kepada siapapun yang telah berinteraksi didalam akun sosial media anda, entah berapapun jumlahnya. Balas komentar dengan sentuhan anda secara langsung dan berinteraksi secara organic tanpa terlihat seperti template.

 

Berhentilah bermain aman. Lakukan eksperimen dengan ide baru sampai ide anda nyangkut ke target audiens anda. Perlu di ingat, content yang bagus dan baik menurut anda belum tentu baik untuk target audiens anda. Anda perlu menemukan garis tipis antara idealisme dan kebutuhan pasar.

 

Tips ini agak sedikit beyond tapi patut anda coba, perlakukan platform sosial media anda selayaknya anda membayar Rp 50juta untuk join. Dengan pola pikir ini anda pasti memutar otak dengan kencang agar akun anda bisa menghasilkan lebih dari modal anda.

 

Tips yang paling terakhir adalah, anda harus melakukan semuanya secara konsisten, membangun akun sosial media menjadi yang anda harapkan tidak mudah dan akan memakan waktu dan energi anda. Tapi percayalah apabila anda menemukan strategi yang tepat, anda akan terbiasa dan memetik hasil dari jerih payah anda.

Cara Membuat Instagram Shopping untuk Online Shop

Cara Membuat Instagram Shopping untuk Online Shop

 

Instagram saat ini sudah mulai mengaktifkan fitur Instagram Shopping untuk pengguna di Indonesia, dengan adanya fitur ini tentunya akan sangat membantu para pengguna yang memanfaatkan Instagram sebagai sarana untuk berjualan. Sebelum adanya fitur instagram shopping ini, berjualan di instagram hanya sekedar showcase produk dan semua proses transaksi dilanjutkan secara manual. Apa sih kelebihan dari Instagram Shopping ?

  1. Pengguna dapat langsung mengetahui harga ketika melihat foto produk yang ditampilkan
  2. Calon pelanggan di Instagram dapat menyimpan produk yang dijual sebagai produk favorite atau wishlist
  3. Terintegrasi dengan website sehingga calon pelanggan dapat langsung melakukan transaksi di website
  4. Terintegrasi dengan jumlah stok yang tersedia di website sehingga tidak perlu melakukan update informasi apabila barang tidak tersedia atau habis di instagram
  5. Lebih mudah dalam membuat iklan produk yang dijual melalui Facebook Ads

Dari 5 kelebihan diatas tentunya sudah cukup bagi pebisnis untuk wajib mengaktifkan fitur instagram shopping agar dapat bersaing dan tentunya menjadikan profil instagram semakin menarik bagi pelanggan.

Apa saja yang harus disiapkan untuk mengaktifkan fitur Instagram Shopping ?

 

Sebelum melakukan aktivasi fitur instagram shopping, tentunya ada beberapa hal yang perlu disiapkan antara lain :

  1. Akun instagram Bisnis
    Untuk mengaktifkan fitur instagram shopping akun instagram harus merupakan akun bisnis bukan akun personal.
  2. Website berbasis E-commerce
    Website disini berfungsi sebagai katalog untuk sinkronisasi produk yang ada di instagram dengan di website. Harga pada katalog produk di instagram, akan tersinkronisasi dengan data yang ada pada website.
  3. Katalog Produk pada Facebook Business
    Untuk melakukan sinkronisasi harus ada jembatan antara instagram shopping dengan website. Katalog Facebook Business merupakan katalog yang secara otomatis akan menarik data produk dari website ke katalog facebook sehingga bisa ditampilkan pada instagram shopping.

Bagaimana mengaktifkan fitur instagram Shopping? 

  1. Dari profil Instagram Bisnis, pilih add shop kemudian lanjutkan ke proses berikutnya
  2. Pastikan Instagram Bisnis sudah terhubung dengan facebook fanpage dan memiliki produk katalog pada facebook business
  3.  Buat katalog produk pada facebook business, dan pastikan katalog tersebut terhubung dengan website sehingga dapat otomatis terupdate untuk menghindari perbedaan data antara katalog produk di facebook dengan di website.

Setelah mulai menambah produk pada produk katalog di facebook, facebook akan membutuhkan waktu untuk melakukan review produk yang baru ditambahkan. Setelah produk selesai di review makan foto produk pada akun instagram siap untuk di tag produk yang ada di katalog produk facebook.

 

 

Pentingnya Memiliki Website untuk Perusahaan

Pentingnya Memiliki Website untuk Perusahaan

 

Di Era digital saat ini dimana transaksi pembelian maupun pencarian informasi lewat internet semakin meningkat, website saat ini sudah menjadi  suatu kebutuhan dasar bagi bisnis yang ingin berkembang. Mungkin banyak dari pebisnis saat ini yang belum memiliki website dengan berbagai alasan seperti :

  • Buat apa punya website kalau penjualan bisa melalui e-commerce?
  • Informasi perusahaan saya sudah lengkap di sosial media, dan google my business!
  • Website tidak membantu saya mengembangkan bisnis, hanya menambah pengeluaran saja!
  • Kompetitor saya semua tidak ada websitenya, dan masih ramai pelanggan!

Mungkin masih banyak lagi alasan yang bisa ditemukan sehingga masih banyak perusahaan yang  masih belum memiliki website untuk saat ini. Semua alasan tersebut memang terjadi dan muncul karena kurang informasi bagaimana website dapat dimaksimalkan untuk meningkatkan bisnis.

Bagaimana website yang baik untuk mendukung bisnis Anda?

  1. Website yang dapat di analisa
    Memiliki website tidak hanya sekedar showcase perusahaan, tapi website harus menjadi alat dalam menjaring calon pelanggan baru. Dengan analisa website dapat diketahui, berapa jumlah kunjungan, demografi pengunjung, halaman atau produk yang banyak dilihat pengunjung, dan lain sebagainya. Data analisis website dapat dimanfaatkan untuk strategi marketing, hingga pengembangan produk. Sudah memiliki website namun tidak tahu bagaimana melakukan analisa website? saat ini anda dapat menghubungi Kami untuk mendapatkan digital marketing training.
  2. Website yang memiliki tujuan (goals)
    Membuat website harus memiliki tujuan utama selain hanya sekedar jumlah kunjungan, tujuan atau goals tersebut dapat berupa : data calon prospek, pembelian produk, booking waktu meeting, hingga reservasi tempat. Dengan menetapkan tujuan website dapat diukur efektifitas dari digital marketing yang dilakukan.
  3. Website yang menangkap jejak pengunjung
    Jejak pengguna yang mengunjungi website sangat berguna untuk kebutuhan digital marketing, kunjungan pengguna harus dimanfaatkan untuk mengingatkan kunjungan mereka ke website perusahaan. Dengan digital marketing strategi yang baik, pengunjung website bisa melihat iklan yang ditampilkan pada banner website lain, atau  media sosial sehingga digital marketing bisa berjalan dengan lebih efektif.
  4. Website yang mudah diakses 
    Akses merupakan hal utama yang sangat penting, akan percuma apabila memiliki website dengan animasi, bahkan video yang sangat bagus namun memiliki loading time yang sangat lama. Rata-rata pengunjung akan meninggalkan website apabila loading time berada di atas 3 detik (dan akan semakin meningkat karena teknologi yang memungkinkan website untuk memiliki loading time yang lebih cepat). Untuk itu perlu dilakukan audit loading time secara berkala, melakukan update versi database dengan yang terbaru, hingga penggunaan CMS versi terbaru untuk memastikan akses website yang baik.

Setelah anda memiliki website, pastinya kredibilitas perusahaan akan meningkat dan perusahaan akan semakin mudah ditemukan di google sehingga peluang mendapatkan pelanggan baru pun akan semakin besar. Belum memiliki website? silahkan hubungi kami untuk mendapatkan penawaran website profesional yang menarik.