Sudah Saatnya! Segera Beralih ke Google Analytics 4

Sudah Saatnya! Segera Beralih ke Google Analytics 4

Masih menggunakan Google Analytics versi lama atau biasa dikenal dengan Universal Analytics (UA) ? saat ini google sudah melakukan perubahan dengan google analytics versi baru yaitu Google Analytics 4 atau GA4. Kenapa sih ada versi baru ini? apakah versi sebelumnya tidak akurat atau sulit digunakan? ternyata dari beberapa sumber dan pengalaman Kami, google analytics 4 memiliki perbedaan utama dibandingkan Universal Analytics yaitu :

1. Pada google analytics 4 kunjungan yang masuk ke website (traffic) membaca event (aktivitas) yang dilakukan oleh user saat di website kita, berbeda dengan sebelumnya pada Universal Analytics, traffic hanya dibaca dan dikalkulasi dengan jumlah kunjungan (Session) tanpa membaca lebih detail event (apa yang dilakukan) oleh pengguna saat ada di dalam website.

2. Dengan Google Analytics 4 laporan (reports) dapat dikustomisasi dengan lebih flexibel mengikuti kebutuhan kita sebagai pengguna, berbeda dengan sebelumnya dimana tampilan report sudah tetap dan lebih dimaksimalkan dengan menggunakan filter dan export untuk kebutuhan kustomisasi laporan.

3. Pantau semua properti dengan satu tracking code, dengan GA4 kita dapat menggunakan satu tracking code untuk semua properti kita (website, apps Android, Apps Ios, dll) dengan demikian kita dapat mengetahui aktivitas user yang sama pada semua properti kita dalam satu google analytics.

Kenapa Harus Menggunakan Google Analytics Sekarang?

1. Berdasarkan informasi dari google disini Universal Analytics akan berhenti menerima data dan tidak akan dilanjutkan penggunaannya oleh google pada 1 July 2023.

2. GA4 sudah dapat di instal sejak 16 oktober 2020, dan tidak mengambil data dari universal analytics, sehingga semakin cepat kita menggunakan GA4 maka akan semakin banyak data yang dapat kita simpan untuk kedepan.

3. Event tracking dan goals tracking yang lebih mudah di setting dan di gabungkan dengan google ads untuk hasil iklan yang lebih maksimal. Anda dapat melakukan import goals dari GA4 ke dashboard iklan google ads Anda sehingga google ads dapat lebih memahami tujuan dari iklan dan iklan berjalan sesuai goals yang ditentukan.