fbpx
Tips Digital Marketing untuk Bisnis Travel

Tips Digital Marketing untuk Bisnis Travel

Bisnis travel atau agen perjalanan dan wisata adalah salah satu industri yang paling terdampak dan terpukul saat wabah COVID-19 menyerang. Namun, faktanya bisnis travel adalah salah satu industri yang memiliki pertumbuhan tercepat dengan banyak potensi dan kondisi COVID-19 bukan penghalang besar.

Sekarang ini biro perjalanan dan pariwisata sudah mulai bangkit kembali perlahan demi perlahan, meskipun dengan berbagai kebijakan. Namun kondisi ini tentunya bisa menjadi peluang yang baik untuk para pelaku bisnis travel.  Bagaimana memanfaatkan peluang ini? Anda dapat mulai memanfaatkan kondisi ini dengan strategi dan taktik pemasaran digital inovatif yang menghasilkan pertumbuhan bisnis dan merk yang terjamin.

Strategi pemasaran digital yang baik akan membantu Anda tumbuh dalam jangkaun dan memastikan bahwa Anda tetap bisa berinteraksi dengan user atau target audience Anda serta membangun kesadaran merek terhadap brand travel Anda.

Berikut ini tips 5 strategi digital marketing yang bisa Anda coba dan Anda fokuskan selama pandemi ini :

 

  1. Influencer Marketing

Saat ini sektor wisata dan perjalanan sudah mulai bisa sedikit bernafas karena pembatasan yang sudah mulai longgar, namun tetap dengan protokol yang harus dipatuhi. Tidak sedikit orang yang mulai tergerak untuk mencoba mencari paket liburan dengan protokol keamanan yang terjamin, lalu bagaimana Anda menjangkau para konsumen agar mereka tahu bahwa bisnis travel Anda sangatlah aman untuk dipilih?

Influencer marketing, strategi ini bisa Anda pilih karena saat ini banyak orang yang mencari informasi melalui story atau unggahan foto di sosial media dari public figure sosial media atau yang sering disebut juga dengan selebgram.

Anda bisa memanfaatkan strategi influencer marketing untuk menjadi partner bisnis Anda. Iklan Anda atau konten dan jasa travel Anda akan disorot dan di publish di konten mereka.

Menurut statistik baru-baru ini, lebih dari 63% konsumen lebih mempercayai pendapat influencer tentang produk daripada apa yang dikatakan brand itu sendiri tentang diri mereka sendiri. Studi lain menunjukkan bahwa 58% orang yang membeli produk dalam 6 bulan terakhir disebabkan oleh rekomendasi dari influencer. Jadi berpasangan dengan influencer akan membantu Anda menghasilkan prospek bernilai tinggi.

 

  1. Chatbot Marketing

Memiliki opsi chatbot yang diisi dengan informasi terkini selama pelarangan perjalanan akan memastikan bahwa pelanggan dan pengunjung situs Anda selalu mendapat informasi terkini, dan bermanfaat, sehingga Anda dapat menarik kembali pengunjung situs kembali lagi dan lagi. 

 

  1. Email Marketing

Pemasaran email telah menjadi landasan strategi pemasaran digital sejak awal revolusi online. Bahkan dalam dekade baru ini, pemasaran email adalah salah satu alat pemasaran digital terkuat yang tersedia saat ini.

Jadi, pastikan Anda menggunakan dan mengintegrasikan pemasaran email sepanjang tahun ini. Ini akan memungkinkan Anda melakukan upaya pemasaran ulang dan membantu Anda membangun hubungan yang langgeng terhadap customer Anda.

 

  1. SEM (Search Engine Machine)

Sekarang dengan pembatasan perjalanan yang diberlakukan di seluruh dunia, banyak perusahaan perjalanan dan pariwisata akan kembali pada upaya pemasaran digital. Dan ini adalah peluang sempurna bagi Anda untuk memastikan bahwa perusahaan Anda memanfaatkan beberapa real estat online yang berharga.

SEM adalah strategi pemasaran yang mencakup opsi pemasaran berbayar untuk mendapatkan visibilitas di Halaman Hasil Mesin Pencari. Jadi SEM adalah strategi berbayar yang mencakup penyiapan dan pengoptimalan iklan sekaligus menyiapkan anggaran iklan yang juga mencakup pembayaran untuk penempatan iklan yang membantu visibilitas.

Jadi pastikan Anda memiliki strategi SEM yang bagus sehingga Anda bisa mendapatkan visibilitas yang lebih baik, strategi SEM yang baik secara tidak langsung membantu Anda naik peringkat di SERP.

 

  1. Content Marketing

Konten adalah raja dan akan selalu menjadi raja. Ini adalah utas yang menghubungkan semua strategi dan taktik pemasaran digital. Upaya pemasaran konten yang lengkap akan membantu Anda mendapatkan peringkat terbaik di mesin pencarian dan mendapatkan otoritas industri. Bersamaan dengan itu, pemasaran konten memastikan Anda menghasilkan arahan yang berharga dengan orang-orang yang lebih terlibat dengan situs web dan saluran sosial Anda.

Pastikan Anda membuat video, gambar, dan klip audio jika bisa. Menemukan cara kreatif untuk membuat dan menggunakan kembali materi lama untuk membangkitkan minat orang-orang dan tetap relevan di dunia online. 

 

Dengan wabah COVID-19, kehidupan seperti yang kita tahu telah terhenti dan membawa banyak dampak perubahan. Tetapi itu tidak berarti bisnis Anda harus berakhir. Dengan 5 strategi pemasaran digital yang telah kami ulas diatas, bisnis Anda akan mengalami pertumbuhan prospek dan lalu lintas yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Pengembangan digital marketing bukan hanya untuk saat ini , namun dibangun untuk masa depan.