fbpx
Tips Digital Marketing Untuk Bisnis Fashion

Tips Digital Marketing Untuk Bisnis Fashion

Bisnis fashion adalah salah satu bisnis yang sangat menguntungkan. Selain karena tren baru yang terus bermunculan, fashion seperti baju, celana, sepatu dan tas adalah salah satu kebutuhan dasar yang harus dipenuhi.

Tetapi, seiring perkembangan zaman, cara pemasaran dan penjualan bisnis fashion pun harus mengikuti perkembangan. Sekarang ini banyak customer yang akan mencari informasi mengenai produk fashion yang mereka inginkan secara online terlebih dahulu baru kemudian memutuskan untuk melakukan pembelian. Transaksi pembelian ini juga mayoritas terjadi secara online, karena transaksi online jauh lebih mudah dilakukan dibandingkan harus pergi ke toko dan membeli secara offline. Oleh karena itu banyak pengusaha fashion sekarang ini mulai meningkatkan visibilitas mereka secara digital.

Berikut ini kami berikan beberapa tips digital marketing yang dapat Anda terapkan untuk bisnis fashion Anda:

  1. Website Professional: hal pertama yang harus Anda miliki untuk memulai pemasaran digital Anda adalah website. Website Anda adalah wajah dari bisnis Anda dan merupakan tempat dimana calon customer Anda bisa mencari informasi dimana saja dan kapan saja. Dengan memiliki website, Anda bisa meningkatkan brand awareness dan kepercayaan calon customer pada Anda. Pastikan website Anda mobile friendly, mudah di navigasikan, berisi informasi lengkap mengenai bisnis (alamat, kontak, testimoni pembeli, dst) dan penjelasan lengkap untuk produk fashion yang Anda tawarkan, serta usahakan website Anda SEO friendly.
  2. Content Marketing: Di zaman sekarang ini konten adalah raja. Anda perlu membuat konten yang berkualitas agar pemasaran Anda berjalan dengan baik. Buatlah blog berisikan artikel-artikel menarik, seperti tips memilih fashion yang sesuai, tips mix and match fashion, tren fashion terbaru dst. Anda juga bisa membuat konten gambar dan video dari produk yang Anda tawarkan.
  3. Social Media Marketing: generasi milenial sekarang ini lebih banyak menghabiskan waktu mereka melakukan browsing social media seperti instagram, facebook, atau twitter. Anda bisa post konten gallery gambar dari produk fashion yang Anda tawarkan, melakukan live update produk fashion terbaru yang Anda tawarkan atau tips mix and match dan masih banyak lagi. Kemudian Anda juga beriklan dengan social media dengan Instagram atau Facebook Ads untuk menyasar customer potensial. Dengan melakukan hal ini, Anda pun dapat meningkatkan brand awareness, meningkatkan traffic ke website dan Anda pun bisa berinteraksi secara lebih dekat dengan calon customer.
  4. Gunakan Influencer: promosi di media sosial, khususnya untuk brand fashion, yang terbaik tentunya berputar di sekitar influencer. Cara terbaik untuk promosi dengan influencer tentu dengan meminta mereka untuk mengenakan produk Anda dan kemudian membagikan foto di akun sosial media mereka. Dengan begini Anda dapat menyasar customer potensial dari para penggemar si influencer ini. Untuk ini, tentu Anda harus menentukan influencer yang paling cocok dengan brand Anda, misalnya jika target Anda adalah anak-anak muda, maka Anda dapat memilih influencer yang juga dari kalangan anak muda dan memiliki banyak penggemar.
  5. Iklan Digital SEM: dengan semakin banyaknya kompetitor Anda tentu ingin usaha fashion Anda lebih menonjol. Anda bisa menggunakan iklan berbayar SEM untuk menyasar calon customer yang memang memiliki ketertarikan dengan produk fashion tertentu yang Anda tawarkan dan melakukan pencarian. Selain itu, dengan iklan SEM Anda dapat menyasar kembali customer yang sudah pernah masuk ke website Anda tapi belum melakukan konversi dengan menggunakan strategi Remarketing.
  6. Optimasi SEO: SEO dilakukan dengan melakukan optimasi keyword yang sesuai dengan produk yang Anda tawarkan agar website Anda bisa muncul di mesin pencarian saat customer melakukan pencarian. Content marketing yang telah Anda lakukan, seperti artikel-artikel pada blog, dst juga dapat membantu dalam optimasi SEO bisnis Anda

Susun strategi digital marketing yang paling sesuai dengan bisnis fashion Anda dan jalankan strategi tersebut secara maksimal agar bisnis fashion Anda dapat terus berkembang dan bertahan di tengah kompetisi yang semakin ketat.