fbpx
Iklan di Social Media Berbayar vs Organic : Mana Yang Terbaik?

Iklan di Social Media Berbayar vs Organic : Mana Yang Terbaik?

 

 

 

Di era Digital seperti sekarang ini, bisnis yang tidak memiliki keberadaan social media, dapat memiliki resiko tertinggal oleh kompetitor. Strategi social media yang baik sangatlah vital, tetapi tidak ada 1 pendekatan yang bisa cocok dengan semuanya.

Beberapa bisnis beranggapan bahwa membayar promosi dengan social media adalah strategi yang paling efektif, tetapi banyak juga yang lebih memilih untuk bergantung pada perkembangan organic untuk membangun customer base mereka. Yang manakah yang paling cocok dengan bisnis Anda?

 

Apa Itu Social Media Berbayar?

Seperti yang ditunjukkan oleh namanya, social media berbayar berarti Anda membayar untuk melakukan promosi di platform tertentu. Perusahaan seperti Facebook, Twitter dan Instagram memungkinkan Anda untuk meningkatkan visibilitas post Anda dengan biaya tertentu. Hal ini dikenal juga sebagai post yang dipromosikan atau disponsori, dan biasanya mereka dikenakan biaya berdasarkan PPC (Pay Per Click). Hal ini berarti Anda akan dikenakan biaya tertentu setiap kali ada customer potensial yang melakukan click pada post Anda.

 

Apa Itu Social Media Organic?

Pertumbuhan social media secara organic datang dari penggunaan servis gratis Media Sosial secara efektif. Mendapatkan perhatian dengan post-post yang menarik dan membangun hubungan dengan membalas komentar dari customer, adalah beberapa contoh cara pertumbuhan Social Media secara Organic.

 

Apa Saja Keuntungan Dari Kedua Strategi Tersebut?

Keuntungan terbesar dari social media berbayar adalah bahwa post Anda tertarget. Post dapat ditunjukkan kepada penonton tertentu yang sesuai dengan kriteria customer Anda, seperti customer di kelompok usia atau lokasi tertentu. Anda juga dapat menarget customer yang mengikuti akun atau page tertentu yang menawarkan servis yang mirip dengan yang Anda tawarkan. Dengan fokus ke customer yang potensial, Anda dapat menghemat waktu dan juga meningkatkan tingkat konversi Anda.

 

Sebaliknya, strategi social media organic bisa berdampak baik untuk image perusahaan Anda. Sebuah bisnis yang secara rutin meluangkan waktu untuk berinteraksi dengan customer di level personal dapat terlihat lebih bersahabat dan terpercaya.Jika customer hanya bisa melihat iklan berbayar dari bisnis Anda, mereka dapat menganggap bahwa Anda hanya melihat mereka sebagai sumber pendapatan saja. Hal ini bisa dikatakan benar, tetapi customer terkadang juga perlu merasa bahwa mereka special.

 

Menggabungkan Kedua Strategi Tersebut

Strategi yang terbaik adalah menggabungkan strategi social media berbayar dan organic. Gunakan social media berbayar untuk meningkatkan customer base Anda dengan menargetkan customer yang memiliki keperluan dan interest yang relevan. Begitu Anda mendapatkan perhatian mereka, gunakan pendekatan organic untuk memperlihatkan bahwa Anda peduli kepada customer baru Anda tersebut.

 

Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk membantu Anda menentukan strategi Social Media yang paling sesuai dengan bisnis Anda.