fbpx
Penting! 5 Info ini HARUS ada di laporan SEO Anda!

Penting! 5 Info ini HARUS ada di laporan SEO Anda!

Menjalankan atau melakukan optimasi mesin pencari atau biasa disebut dengan SEO (Search Engine Optimization) tidak hanya sekedar menaikan ranking keywords tertentu yang berikan dengan bisnis Anda. Saat menjalankan SEO sering kali Anda sebagai pemilik website tidak merasakan dampak langsung dari SEO yang berjalan, untuk itu 5 hal berikut ini wajib Anda ketahui saat menjalankan SEO :

 

  1. Rank Positions 
    Rank Positions atau posisi ranking pada keywords yang di optimasi biasanya menjadi laporan wajib saat menjlankan SEO, tapi posisi ranking kata kunci saja tidak cukup menjadi acuan apakah SEO berjalan dengan efektif atau tidak kalau tidak melihat informasi lainnya berikut ini,
  2. Search Impressions pada google search console
    Search impressions merupakan informasi berapa banyak website Anda terlihat di hasil pencarian google, semakin baik performa SEO, dan semakin banyak websie ditemukan dengan kata kunci yang dicari pengguna google, maka Search impressions akan semakin tinggi.
  3. Search Click pada google search console 
    Tidak hanya sampai di search impressions, search click lebih penting karena akan sia-sia apabila website Anda ditemukan dengan kata kunci tertentu namun orang lebih cenderung untuk mengunjungi website lain. Nah disini peranan konten website dan Meta data sangat menentukan, buat website dengan kata-kata yang relevan dengan kata kunci sehingga orang lebih tertarik untuk klik pada website Anda dibandingkan dengan website lainnya saat tampil di halaman pencarian google. Selain itu posisi ranking 1 – 3 tentunya memiliki kemungkinan untuk mendapatkan klik lebih tingga dibandingkan apabila posisi website anda di urutan ke 4 – 10 atau bahkan tidak ada di halaman pertama.

  4. Organic Traffic pada Google Analytics
    Dengan menjalankan SEO website Anda seharusnya mendapkan kunjungan lebih banyak karena adanya kata kunci yang mendatangkan pengguna ke website Anda melalui kata kunci yang dioptimasi. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui perbandingan organic traffic di google analytics sebelum dan setelah menjalankan SEO untuk melihat apakah SEO yang dijalankan efektif atau tidak.

  5. Event dan Goals Conversions dari Organic Traffic 
    Tidak sampai hanya jumlah organic traffic yang perlu diketahui, tapi Anda juga harus mengetahui berapa banyak tujuan (goals) yang tercapai dari organic traffic yang didatangkan, misalnya : berapa orang yang isi form leads dari organic traffic?, berapa banyak penjualan (sales) yang terjadi dari organic traffic?, berapa banyak orang yang call atau whatsapp dari organic traffic? dan sebagainya.

 

Untuk mendapatkan laporan-laporan tersebut, sebelum melakukan optimasi SEO pastikan bahwa website anda sudah terhubung dengan google analytics, google search console, dan tentunya aplikasi untuk memantau posisi keywords yang umum digunakan sebagai SEO tools.