fbpx
STOP bakar uang! lakukan hal ini sebelum memulai Digital Marketing

STOP bakar uang! lakukan hal ini sebelum memulai Digital Marketing

Beriklan di media digital seperti google ads atau meta ads sudah seharusnya terukur, dan bisa memaksimalkan biaya yang digunakan untuk meningkatkan performa perusahaan. Sayangnya beberapa perusahaan maupun individu sering kali merasa biaya yang dikeluarkan untuk menjalankan iklan digital tidak berdampak pada performa perusahaan dan bahkan merugi karena salahnya pola iklan dan tidak melakukan beberapa hal wajib berikut ini sebelum memulai beriklan :

  1. Pastikan performa landing page (website) 
    Untuk iklan yang diarahkan klik ke website, performa website seperti : site speed, mobile experience, dan informasi yang ada di dalamnya sangat penting. Jangan sampai Anda membayar biaya per click (cost per click) dan pada akhirnya website Anda lama untuk dibuka, atau tampilan tidak menyesuaikan saat dibuka melalui HP, dan informasi tentang kontak, produk, atau jasa sulit ditemukan, sehingga orang yang sudah melakukan klik pada iklan Anda akhirnya pergi dan beralih ke website yang lain.
  2. Tentukan tujuan iklan 
    Iklan tidak hanya bertujuan untuk menargetkan jumlah kunjungan website (click), apabila anda ingin lebih memperkenalkan produk atau jasa, maka target tujuan seperti : awareness, video view, dan engagement lebih relevan saat memulai iklan. Anda dapat menghitung estimasi biaya dengan target tersebut sehingga iklan yang dijalankan tidak terasa sia-sia. Terkadang tanpa mengetahui tujuan beriklan yang pasti ads suggestions dari google ads maupun facebook malah bisa membuat iklan Anda menjadi lebih boros biaya.
  3. Hitung ROAS (Return On Advertising Spend)
    Setelah menentukan tujuan, Anda dapat memperkirakan biaya yang dikeluarkan VS target yang ditentukan misalnya dari nominal pembelian (purchase) yang terjadi, jumlah leads yang masuk (dengan melakukan estimasi harga 1 leads yang didapat).
  4. SOP internal respon dari iklan
    Saat iklan sudah dijalankan, jangan sampai Anda membiarkan pertanyaan atau daftar kontak yang masuk baik melalui website maupun konten yang di iklankan.  Kompetisi dengan pengiklan lainnya sangat memungkinkan orang yang sudah tertarik dengan iklan Anda beralih ke kompetitor karena tidak mendapat respon yang cepat saat melakukan kontak.
  5. Gunakan Google Analytics 
    Google memiliki tools google analytics yang sangat membantu untuk melakukan analisa traffic yang datang ke website Anda. Dengan demikian aktivitas pengguna dapat diketahui secara detail seperti : berapa lama mereka ada di dalam website, berapa banyak pengguna yang kembali ke website, tombol apa saja yang di klik, dan lainnya. Sehingga setelah tujuan ditentukan Anda dapat mempelajari apakah tujuan (misalnya : klik tombol telepon, klik tombol whatsapp, atau isi form) apakah sesuai dengan biaya yang dikeluarkan

  6. Sesuaikan target dengan budget yang ditentukan
    Tidak menentukan target audience seperti lokasi, jenis kelamin, usia, dan kata kunci (keywords) spesifik yang tepat dapat membuat iklan berjalan dengan bebas dan tentunya mengkonsumsi biaya lebih besar. Dengan penyesuaian budget, Anda dapat memulai iklan dengan target yang lebih sempit sambil mengukur performa iklan dan perlahan menambah budget saat iklan sudah berjalan dengan efektif sehingga biaya yang digunakan terpakai dengan optimal.
  7. Pelajari iklan yang sudah pernah dijalankan dan Monitor iklan yang sedang dijalankan
    Jangan tinggalkan iklan yang sudah dijalankan. Anda wajib melakukan monitor harian dari biaya yang terpakai dengan target yang ditentukan. Lakukan penyesuaian dengan data-data yang ada baik dari dashboard iklan maupun google analytics.
  8. Pastikan Anda mengetahui secara pasti biaya yang dikeluarkan
    Terkadang bekerjasama dengan pihak ketiga seperti digital marketing agency, Anda tidak mengetahui secara detail berapa biaya yang benar-benar dikeluarkan untuk iklan. Untuk menghindari hal tersebut Anda dapat meminta laporan atau akses langsung ke dashboard iklan yang digunakan sehingga Anda juga mengetahui biaya yang dikeluarkan untuk iklan dan strategi yang dijalankan dengan lebih detail.

 

Kendala dalam melakukan analisa, mendapatkan data, dan hal teknis lainnya mungkin terjadi karena tidak ada faktor pembanding dengan performa iklan lainnya, dan keterbatasan pengetahuan teknis dari team internal.  Untuk itu bekerja sama dengan digital marketing agency dapat menjadi solusi untuk Anda selain karena pengalaman dalam menjalankan iklan dari berbagai industri, digital marketing agency memiliki team expert yang mendukung efektifitas dari iklan Anda.