Bagaimana Menentukan Target Audiens Bisnismu
Audiens akan menjadi penentu dalam melakukan segala jenis strategi pemasaran, apabila kamu tidak tahu audiensmu, sama seperti kamu tidak memahami bisnismu. Banyak pebisnis menerka target audiensnya melalui insting mereka. Tapi, apakah dengan asumsi dapat menentukan efektifitas kamu untuk menetukan target audiensmu?
Mengetahui target audiensmu adalah tahap pertama, tapi petarungan sebenarnya adalah dalam membuat keputusan tentang apa yang harus dilakukan Ketika dihadapkan langsung dengan target audiens yang telah kamu tentukan. Apapun keputusan yang kamu pilih pada akhirnya kamu harus menanyakan kepada dirimu sendiri apakah keputusanmu mendatangkan dampak positif terhadap bisnismu.
Penentuan target audiens adalah inti dari penentuan keputusan dalam strategi pemasaran. Karena penentuan target audiens ini akan berpengaruh pada beberapa faktor, diantaranya adalah :
- Copy writing
- Penentuan harga produk
- Pembuatan konten
- Desain website
- Campaign brand awareness
- Nilai perusahaan
- Posisi pasar
- Nama & Logo Perusahaan
- Identitas brand
Jadi, sekarang waktunya berhenti menerka dan lakukan tahapan ini:
- Buatlah persona seseorang yang sesuai dengan target yang kamu tuju, misal :
- Andre Susanto
- Laki-laki, Umur 34 Tahun
- Pemilik bisnis
- Menikah, Memiliki 2 orang anak
- Pendapatan per tahun Rp 1 miliar
- Memiliki 10 karyawan
- Finansial fit
- Menyukai brand Apple
- Catat poin tantangan yang dimiliki Andre Sutanto untuk mencapai brand kamu
- Tidak terpapar informasi tentang brand kamu
- Tingkat stress tinggi karena pekerjaan yang padat
- Sulit mengatur sistim kerja karyawan
- Tidak mengenal harga produk/jasa kamu
- Sulit mendapatkan pesan dari brand kamu
- Catat juga solusi untuk permasalahan Andre Sutanto :
- Membuat campaign brand awareness
- Membuat perkiraan perjalanan pembelian Andre Sutanto dari terpapar brand anda sampai terjadi pembelian
- Membuat perangkat lunak untuk mempermudah pekerjaan Andre Sutanto
- Membangun pengetahuan tentang nilai produk/jasa kamu
- Mendesain tagline & statement mengenai brand kamu
Setelah kamu melakukan tahapan diatas, poin terpentingnya adalah tanyakan kepada diri kamu, “Apakah solusi yang kamu berikan dapat berdampak pada target audiens kamu?”. Semoga artikel ini dapat memberikan sedikit pencerahan untuk membantu kamu membangun brand kamu agar bisa lebih dikenal lagi.