fbpx
Sudah Saatnya! Segera Beralih ke Google Analytics 4

Sudah Saatnya! Segera Beralih ke Google Analytics 4

Masih menggunakan Google Analytics versi lama atau biasa dikenal dengan Universal Analytics (UA) ? saat ini google sudah melakukan perubahan dengan google analytics versi baru yaitu Google Analytics 4 atau GA4. Kenapa sih ada versi baru ini? apakah versi sebelumnya tidak akurat atau sulit digunakan? ternyata dari beberapa sumber dan pengalaman Kami, google analytics 4 memiliki perbedaan utama dibandingkan Universal Analytics yaitu :

1. Pada google analytics 4 kunjungan yang masuk ke website (traffic) membaca event (aktivitas) yang dilakukan oleh user saat di website kita, berbeda dengan sebelumnya pada Universal Analytics, traffic hanya dibaca dan dikalkulasi dengan jumlah kunjungan (Session) tanpa membaca lebih detail event (apa yang dilakukan) oleh pengguna saat ada di dalam website.

2. Dengan Google Analytics 4 laporan (reports) dapat dikustomisasi dengan lebih flexibel mengikuti kebutuhan kita sebagai pengguna, berbeda dengan sebelumnya dimana tampilan report sudah tetap dan lebih dimaksimalkan dengan menggunakan filter dan export untuk kebutuhan kustomisasi laporan.

3. Pantau semua properti dengan satu tracking code, dengan GA4 kita dapat menggunakan satu tracking code untuk semua properti kita (website, apps Android, Apps Ios, dll) dengan demikian kita dapat mengetahui aktivitas user yang sama pada semua properti kita dalam satu google analytics.

Kenapa Harus Menggunakan Google Analytics Sekarang?

1. Berdasarkan informasi dari google disini Universal Analytics akan berhenti menerima data dan tidak akan dilanjutkan penggunaannya oleh google pada 1 July 2023.

2. GA4 sudah dapat di instal sejak 16 oktober 2020, dan tidak mengambil data dari universal analytics, sehingga semakin cepat kita menggunakan GA4 maka akan semakin banyak data yang dapat kita simpan untuk kedepan.

3. Event tracking dan goals tracking yang lebih mudah di setting dan di gabungkan dengan google ads untuk hasil iklan yang lebih maksimal. Anda dapat melakukan import goals dari GA4 ke dashboard iklan google ads Anda sehingga google ads dapat lebih memahami tujuan dari iklan dan iklan berjalan sesuai goals yang ditentukan.

Cara Kerja SEO yang Harus Diketahui

Cara Kerja SEO yang Harus Diketahui

Search Engine Optimization (SEO) saat ini bukan hanya soal mendapatkan rank (peringkat) pada kata kunci (keywords) tertentu hingga ada di halaman pertama dengan cara-cara “mengakali” atau melakukan trik atau manipulasi terhadap search engine. Dengan cara lama tersebut mungkin Anda akan cepat mendapatkan posisi di search engine, tapi saat ini cara terebut tidak akan memberikan dampak jangka panjang karena umumnya :

1. Tidak mengukur traffic yang datang dari keywords yang dioptimasi.
2. Hanya melihat performa keywords saja tanpa memperhatikan performa website.
3. Tidak mengolah lebih lanjut kunjungan (Traffic) yang datang ke website.

 

Yang harus dilakukan untuk optimasi website di Search Engine saat ini

Saat ini optimasi SEO yang efektif memang membutuhkan waktu karena tidak hanya sekedar mengukur ranking dari kata kunci saja, tetapi bebera hal berikut sangat penting untuk diketahui saat optimasi SEO :

1. Berapa kali website tampil di search engine (data bisa dilihat melalui google search console)..
2. Berapa kali pengguna melakukan click pada website saat menemukannya di search engine dengan kata kunci tertentu.
3. Apa saja kata kunci yang mendatangkan kunjungan secara organic.
4. Bagaimana pengguna berinteraksi dengan website (berapa lama kunjungan dilakukan, berapa halaman yang dibuka, dsb)

Dari situ kita akan mengetahui apa yang perlu ditingkatkan, dan bagaimana meningkatkan kekuarang yang masih ada misalnya dengan melakukan :

1. Menargetkan kata kunci informatif yang jumlah pencarianya tinggi dengan membuat artikel informatif yang unik dan lengkap sesuai dengan produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan.
2. Melakukan perbaikan terhadap halaman website yang kurang informatif, isi konten sudah tidak relevan, dan url website yang error 404.
3. Memaksimalkan kata kunci organic sebagai referensi untuk kata kunci pada google ads atau sebaliknya.
4. Memannfaatkan kunjungan (traffic) pada website sebagai Remarketing pada google ads, atau Audience pada Meta Ads.

Dengan demikian Anda akan mendapatkan manfaat jangka panjang terhadap optimasi kata kunci atau SEO yang bukan hanya soal ranking keywords tetapi analisa traffic dan strategi yang bisa dikolaborasikan dengan channel digital marketing yang lain.

Silahkan menghubungi kami untuk konsultasi lebih lanjut atau analisa dari SEO yang saat ini sudah dijankan.

Beriklan dengan Native Ads Iklan yang terlihat seperti content lainnya

Beriklan dengan Native Ads Iklan yang terlihat seperti content lainnya

Native ads merupakan iklan yang ditampilkan dengan bentuk menyerupai format dimana iklan itu ditayangkan. contoh dari native ads yang paling sering digunakan pada sosial media adalah iklan pada facebook timeline, atau instagram timeline dimana pengguna tidak merasakan bahwa konten yang ditampilkan seringkali berupa iklan.  Native ads juga banyak terdapat di media online lainnya seperti forum dan berita

Dalam digital marketing, native ads menjadi pilihan yang cukup digemari oleh advertiser. Selain karena jangkauannya yang luas dan ada di dalam website dengan reputasi yang bagus, native ads sering mendapatkan performance yang baik dalam jumlah berapa kali iklan terlihat (impressions) dan juga click pada iklan yang ditampilkan. Bahkan dalam beberapa penelitian dari averizonmedia /’RedefiningNative(2018)’ native ads memberikan :

  • 25% dilihat lebih lama oleh pengunjung dibandingkan banner ads
  • 75% merasa native ads adalah bagian dari konten (bukan iklan)
  • 27% mempertimbangkan untuk melakukan pembelian produk setelah berinteraksi dengan native ads

Dari 3 statistik diatas, cukup bisa menjelaskan bahwa native ads merupakan satu metode yang bisa diandalkan dalam beriklan secara digital.

Melakukan Targeting dengan Native Ads

Beriklan dengan native ads tidak hanya menargetkan dimana iklan akan ditayangkan, beberapa strategi penargetan juga dapat diterapkan saat menjalankan native ads seperti :

 

  • Browsing History
    Native ads juga bisa menargetkan pengunjung dengan histori browsing sebelumnya dengan cookies sehingga iklan yang ditayangkan akan lebih relevan dengan data kunjungan website dan ketertarikan dari pengunjung tersebut.
  • Demografi
    Tentunya demografi sangat penting dalam penargetan audience, pilih lokasi, jenis kelamin, dan usia yang sesuai dengan produk yang diiklankan.
  • Halaman konten
    Tempatkan iklan di halaman yang relevan dengan produk yang diiklankan untuk mendapatkan audience yang lebihi sesuai dan tepat sasaran.

Karakteristik Native Ads

Jadi manakan yang lebih efektif antara native ads dengan banner ads? baik native ads maupun banner ads memiliki karakteristik masing-masing sehingga tidak dapat dikatakan mana yang lebih efektif, namun apabila anda memiliki pertimbangan bahwa Anda mengetahui target audience anda sangat relevan dengan media tertentu yang merupakan jaringan dari native ads, dan Anda mungkin memiliki kendala kebijakan yang sangat ketat dalam menjalankan banner ads, sebagian native ads memiliki kebijakan yang lebih longgar dibandingkan banner ads sehingga bisa menjadi solusi bagi Anda.

 

Sudah siap untuk menjalankan Native Ads ? segera hubungi kami sekarang

 

 

4 Cara Mengelola Reputasi Online Usaha Anda

4 Cara Mengelola Reputasi Online Usaha Anda

Pelanggan Anda memiliki kemampuan untuk mengulas, menulis blog atau meninggalkan opini terhadap produk atau jasa Anda. Setiap ulasan dan/atau pengalaman pelanggan dapat ditemukan di internet hanya beberapa klik – secara langsung hal ini mengiklankan bisnis, nama, dan produk atau layanan Anda. Eksposur seperti ini sangat berharga dan gratis!

Berikut ini adalah empat cara mengelola reputasi online atau daring usaha Anda. Apa saja? Simak pembahasannya berikut ini.

 

  1. Andalkan ulasan

Pelanggan umumnya percaya dan mengandalkan ulasan/review atau rekomendasi sebagai faktor untuk menentukan apakah produk atau jasa tersebut layak dibeli atau tidak.

Berdasarkan studi dari Google Think Auto, 85 persen pembeli mobil akan membaca ulasan secara online sambil mencari tahu pembelian mereka.

Statistik lain yang diterbitkan Cone Communications mengungkapkan bahwa 80 persen konsumen telah terpengaruh dan mengubah keputusan pembelian mereka akibat ulasan negatif. Hal ini memudahkan Anda untuk memahami alasan mengapa ulasan positif sangatlah berharga – tetapi juga dapat menimbulkan kekhawatiran akibat ulasan dan pengalaman negatif yang dapat berbahaya bagi bisnis.

 

  1. Tunjukkan layanan terbaik

Jadi, apa yang akan Anda lakukan ketika menerima ulasan negatif? Bagaimana tim Anda mengatasinya dengan baik? Satu hal yang harus diingat adalah jangan menghapusnya. Di banyak kasus, Anda tidak akan bisa melakukannya. Anggaplah ulasan negatif tersebut adalah sebagai kesempatan untuk menunjukkan kemampuan layanan pelanggan (customer service skills).

Memiliki customer service skills artinya Anda memiliki kemampuan untuk merespon, menanggapi, dan menangani situasi secara publik. Hal ini adalah keuntungan yang berharga karena Anda dapat menunjukkan bahwa Anda benar-benar tertarik dan ingin memperbaiki pengalaman mereka. Dengan menanggapi komentar atau ulasan negatif, itu membuktikan keandalan Anda sebagai professional yang berorientasi pada pelanggan.

 

  1. Kirim survei kepuasan pelanggan

Selain itu, Anda juga dapat bersikap proaktif terhadap ulasan online dengan mengirim survei kepuasan pelanggan. Pendekatan ini dapat memperbaiki situasi negatif dan mengarahkanya menjadi lebih baik sebelum pelanggan mempublikasikannya ke internet. Survei kepuasan pelanggan juga dapat meningkatkan jumlah ulasan positif bisnis online Anda.

Anda dapat menyesuaikan survei untuk meminta pelanggan agar memberikan ulasan di sejumlah outlet atau toko. Cara ini bisa membantu manajemen reputasi dan dapat selesai secara otomatis.

 

  1. Minta pelanggan untuk mengulas

Bisnis dengan ulasan-ulasan online akan lebih sering muncul di laman pencarian. Berbeda dengan bisnis dengan sedikit ulasan online atau bahkan tidak sama sekali. Bisnis Anda akan sedikit eksposur, bahkan kurang dikenal calon pelanggan.

Karena itu, mulailah minta pelanggan untuk mengulas produk atau jasa Anda. Sudah gratis, bahkan tidak ternilai pula iklannya!

 

Bagaimana dengan bisnis Anda?

 

Penulis: Nadia K. Putri/Content Writer at Remarketing.co.id

4 Jenis Konten Facebook yang Harus Diposting di Bisnis Anda

4 Jenis Konten Facebook yang Harus Diposting di Bisnis Anda

Satu kesalahan yang sering dilakukan banyak bisnis di Facebook adalah memposting konten semata-mata tentang produk atau layanan saja. Namun, jangan salah paham – sebenarnya memang penting untuk membicarakan hal itu, tetapi jika seseorang menyukai halaman Facebook (Facebook page) Anda, kemungkinan besar mereka juga menyukai apa yang Anda jual. Meskipun begitu, ada konten-konten lain yang dapat Anda bagikan pada audiens.

Jadi, konten apa sajakah yang bisa Anda posting di halaman Facebook untuk melibatkan penggemar? Simak penjelasannya di bawah ini.

 

  1. Konten eksklusif

Ketika suatu konten bersifat eksklusif, hal itu akan menjadi sesuatu yang lebih diinginkan audiens. Memberi penawaran terbatas, vlog, kode presales dan kupon secara khusus di Facebook dapat memberi insentif bagi audiens untuk lebih sering mengunjungi halaman tersebut.

 

  1. Behind the scenes

Beberapa konten paling menarik yang dapat diposting di halaman Facebook adalah konten behind the scenes atau di balik layar. Mengapa demikian? Karena jenis konten ini membuat fans atau penggemar dapat terikat dengan brand Anda lebih dari sekedar produk.

Memposting konten behind the scenes memberi gambaran kepada penggemar tentang internal perusahaan Anda. Pada halaman Facebook IMP yang berbasis di Kanada, misalnya, kami akan memposting foto rekan tim baru, snapshot atau cuplikan hadiah yang dikirim klien pada kami, dan mengumumkan ulang tahun karyawan kami. Kami ingin penggemar tahu lebih banyak tentang perusahaan kami beserta orang-orang di dalamnya.

 

  1. UGC (user generated content)

Orang-orang suka memposting sesuatu di Facebook, mulai dari foto hingga opini. Ketika melihat konten mereka ditampilkan atau featured di halaman bisnis, rasanya seperti tenar 15 menit. Siapa sih yang tidak menyukainya? Jangan takut untuk meminta pengguna untuk terlibat di halaman Facebook Anda. Ajukanlah pertanyaan. Minta saran. Ajak orang-orang untuk membagikan foto diri mereka sambil menggunakan produk Anda. Pastikan juga Anda memantau hasilnya ya!

 

  1. Shareable content

Konten-konten yang berpotensi untuk dibagikan atau shareable content juga menarik Anda posting. Sebab, tidak semua yang Anda posting di halaman Facebook harus berkaitan dengan bisnis. Cara untuk mendapatkan penggemar atau interaksi adalah dengan memposting konten yang memancing minat seperti meme, e-card, video viral, artikel blog, hingga acara atau berita.

Jika Anda berpikir bahwa ada konten yang menurut Anda lucu, mengejutkan, atau menarik, kemungkinan besar penggemar halaman Facebook Anda juga menyukainya. Jika penggemar Anda menyukai konten yang Anda posting, mereka akan membagikannya ke Facebook, Twitter dan sebagainya. Pada dasarnya, konten yang mudah dibagikan atau shareable content dapat memperluas jangkauan brand Anda.

 

Dalam dunia media sosial yang sangat kompetitif, penting untuk dapat membuat bisnis Anda berbeda dengan yang lain. Mengapa tidak untuk mencoba hal baru dan melihat hasilnya?

 

Penulis: Nadia K. Putri/Content Writer at Remarketing.co.id

Bagaimana Cara Meningkatkan Engagement Media Sosial?

Bagaimana Cara Meningkatkan Engagement Media Sosial?

 

Internet memiliki peranan penting dalam kehidupan kita, dan kita perlu mengakuinya. Media sosial memiliki banyak hal, khususnya untuk Anda dan usaha Anda. Meskipun Anda memiliki akun media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram atau Snapchat untuk kepentingan pribadi atau usaha, tetapi, sayang sekali bukan jika Anda tidak memiliki audiens?

Beberapa teknik ini bisa Anda gunakan untuk menaikkan engagement dan interaksi di media sosial. Bagaimana caranya?

 

  1. Gunakan media yang berkualitas tinggi

Postingan Anda sangat berarti dan memiliki informasi yang perlu diketahui orang-orang. Namun, pengguna media sosial pada umumnya juga berpikir demikian. Salah satu cara yang baik untuk memastikan konten Anda diterima adalah dengan menyertakan media berupa foto, gambar, atau video yang bisa meningkatkan daya tarik.

Perlu diperhatikan bahwa media yang diunggah adalah gambar dan video berkualitas baik. Media ini seharusnya menggunakan kamera berkualitas mumpuni atau dengan kamera DSLR. Jika Anda hanya memiliki kamera smartphone, jangan khwatir! Artinya, Anda harus bekerja sedikit lebih keras untuk memastikan gambar atau video tersebut memiliki pencahayaan bagus, jelas, dan tidak kabur (blur atau grainy).

Menggunakan kamera smartphone sebenarnya menyenangkan, khususnya ketika Anda memasang filter. Namun, hal itu justru akan mengurangi kualitas media yang akan diunggah. Jika foto Anda memang membutuhkan bantuan filter, hal itu akan berguna. Bahkan, ketika Anda mengubah kecerahan atau kontras gambar pun juga dapat memberikan keunikan sendiri.

 

  1. Libatkan audiens

Hal yang menarik dari media sosial adalah bersosialisasi. Selama Anda memposting konten untuk usaha Anda, Anda juga harus terlibat dengan pengguna. Saat Anda berinteraksi dengan pengguna, perlu diingat bahwa orang lain bisa melihat percakapannya. Gunakan bahasa sopan dan santun. Jika Anda memilih untuk membuat lelucon atau jokes, sertakan emoji agar tetap santai dan terlihat baik.

Selain itu, gunakanlah ejaan dan tata bahasa yang tepat dengan kemampuan Anda. Sangatlah penting untuk bersikap tulus dan ramah pada pengguna, tetapi jika anda terus-menerus melakukan kesalahan seperti menggunakan ejaan salah, tata bahasa yang kurang tepat, atau kurang santun, justru itu akan merusak kredibilitas usaha Anda.

Anda juga bisa menyebarkan atau reshare postingan pengguna lain di akun Anda. Kesempatannya adalah, mereka akan share postingan Anda juga!

 

  1. Pakai #tagar atau #hashtag

Alat hashtag atau tagar sangatlah relevan di media sosial. Bagi Anda yang belum familiar dengan hashtag, hashtag adalah menempatkan simbol tanda pagar (#) secara langsung di depan kata, istilah, atau frasa yang berkaitan dengan postingan. Ketika Anda mengekliknya, hashtag akan membawa Anda ke sebuah portal dengan semua postingan yang berkaitan pada hashtag tersebut. Inilah yang memungkinkan pengguna dapat melihat topik atau hal tertentu yang sedang dibicarakan.

Hashtag juga dapat diandalkan jika Anda ingin mencari inspirasi atau ingin tahu lebih dalam terhadap suatu topik. Jika Anda memiliki sesuatu yang ingin Anda posting, cobalah mencari hashtag yang berkaitan. Anda akan melihat ide-ide menarik untuk sebuah foto yang mungkin tidak terpikirkan sebelumnya.

 

  1. Timing is everything

Waktu dan hari Anda memposting konten ke media sosial ternyata memiliki efek terhadap kualitas engagement atau interaksi. Hal ini bervariasi tergantung pada masing-masing platform media sosialnya, tetapi sebagian waktu yang paling banyak mengundang engagement atau interaksi adalah pada awal minggu sore hari dan awal malam hari. Memposting konten pada akhir pekan atau tengah malam bukanlah ide yang bagus untuk mencari keterlibatan pengguna.

 

  1. Kontes dan giveaway

Orang-orang sangat menyukai hadiah gratis. Mengurus media sosial berbalut kontes dan giveaway adalah cara yang ampuh untuk menarik pengguna atau followers. Kontes tidak hanya melibatkan pengguna, tetapi juga memiliki peluang untuk membangun brand dan online presence (kehadiran daring). Anda memiliki kesempatan untuk berkembang dengan pengguna lain ketika peserta harus memencet tombol like, komentar, atau share (berbagi) halaman Anda untuk mengikuti kontes.

Perlu diingat bahwa Anda harus selalu mengetahui siapa followers Anda sebelum memposting. Apakah mereka pelajar? Bekerja tetap? Orang tua baru? Faktor-faktor inilah yang akan berperan pada waktu yang tepat saat mereka mengecek feed media sosial dan cara mereka berinteraksi dengan sesama pengguna.

 

  1. Berikan call to action (CTA)

Meski Anda berfokus pada media sosial, CTA atau call to action tetap perlu disampaikan. Sampaikan dengan jelas pada postingan Anda. Apakah postingan tersebut memiliki CTA untuk follow, share, likes, komentar, mengirim pesan lewat DM (direct message), atau bahkan membeli produk.

 

Itulah 6 cara meningkatkan engagement untuk media sosial usaha Anda. Yuk coba!

 

Penulis: Nadia K. Putri/Content Writer at Remarketing.co.id

Keuntungan Menggunakan Digital Marketing Agency

Keuntungan Menggunakan Digital Marketing Agency

Dalam menjalankan bisnis tentunya mendapatkan pelanggan baru dan menaikan penjualan merupakan hal yang utama. Disamping itu penghematan operasional dan memaksimalkan biaya pemasaran agar lebih efektif adalah hal yang perlu diperhatikan. Memaksimalkan biaya pemasaran salah satunya dengan menggunakan strategi digital marketing. Agar digital marketing dapat berjalan dengan lebih optimal dan menghasilkan umumnya perusahaan bekerjasama dengan Digital Marketing Agency.

Tentunya dalam memilih untuk bekerjasama dengan Digital  Marketing  Agency atau menjalankan Digital Marketing secara internal ada beberapa kelebihan yang menjadi pertimbangan kenapa perusahaan cenderung menggunakan Jasa Digital Marketing Agency, diantaranya adalah :

  1. Solusi Menyeluruh untuk Digital Marketing :
    Digital Marketing Agency umumnya memberikan solusi lengkap untuk kebutuhan digital marketing seperti : Pembuatan website, Social media marketing, Search engine marketing, search engine optimization, email marketing, hingga pembuatan konten. Dengan bekerjasama dengan Digital Marketing Agency konsep digital marketing secara utuh dapat dijalankan secara bersamaan sehingga penargetan audience dapat lebih tepat dan terukur.
  2. Laporan lengkap dan sesuai dengan biaya yang disepakati :
    Dalam bekerjasama dengan Digital Marketing Agency umumnya disepakati target terukur yang dijadikan acuan performa sesuai dengan biaya yang dikeluarkan, misalnya berapa penjualan yang dihasilkan, berapa data leads yang diperoleh, berapa banyak peningkatan traffic, dan beberapa elemen pengukuran lainnya agar biaya yang dikeluarkan sebanding dengan hasil yang didapatkan.
  3. Bekerjasama dengan Digital Agency memberikan Anda waktu untuk fokus pada hal lainnya :
    Dalam menjalankan bisnis tentunya banyak hal-hal lain yang menyita waktu dan tenaga, mendalami Digital Marketing hingga level tertentu dengan konfigurasi-konfigurasi yang perlu dijalankan tentunya akan menyita waktu dan fokus dari para pelaku bisnis. Dengan mempercayakan pekerjaan terkait digital marketing kepada agency, Anda cukup memonitor hasil yang didapat sesuai dengan kesepakatan yang sudah disetujui bersama saat memulai kerjasama.
  4. Digital Marketing Agency memiliki sumber daya yang mungkin tidak Anda miliki :
    Untuk menjalankan strategi digital marketing dengan lebih mendalam tentunya diperlukan perangkat atau tools untuk membantu dan memonitor setiap pekerjaan digital marketing. Tools digital marketing seperti : SEO tools , Analytics tools, Content scheduler tools, Email Marketing tools, dan sebagainya membutuhkan biaya tersediri dan akan menjadi biaya perusahaan. Digital Marketing Agency umumnya memiliki tools lengkap dan sudah berlangganan dalam jangka waktu panjang sehingga biaya nya dapat lebih efisien.
  5. Team Profesional yang akan menjalankan Digital Marketing Perusahaan Anda :
    Untuk mempekerjakan digital marketing pada level advance seperti : SEO specialist, SEM Specialist, Social Media Specialist, dan Content Creator tentunya perusahaan membutuhkan biaya yang cukup tinggi mengingat kebutuhan sumber daya digital marketing saat ini sedang tinggi. Dengan bekerjasama dengan digital marketing agency, iklan digital Anda akan dijalankan oleh profesional sehingga Anda cukup mempercayakan dan melihat hasil serta dampaknya bagi bisnis Anda.

 

Memilih Digital Marketing Agency

Sebelum bekerjasama dengan digital marketing agency, beberapa hal yang perlu dijadikan pertimbangan dalam menentukan pilihan agency adalah sebagai berikut :

 

  1. Pengalaman dan status perusahaan :
    Pengalaman adalah hal yang penting, semakin lama Digital Marketing Agency berdiri tentunya memiliki pengalaman dalam menjalankan digital marketing bagi beragam jenis perusahaan dengan target yang berbeda-beda dengan demikian strategi yang diberikan akan semakin detail dan sudah terbukti dengan pengalaman sebelumnya. Status perusahaan juga merupakan hal penting dalam melakukan kerjasama untuk kepentingan legal dan administrasi lainnya.
  2. Komunikasi :
    Saat sebelum bekerjasama pastikan bahwa Digital Marketing Agency akan memberikan akses untuk berkomunikasi langsung terkait iklan yang dijalankan sehingga setiap perubahan strategi yang sedang berjalan dapat dilakukan dengan cepat, dengan memiliki person in charge sendiri untuk perusahaan Anda, kebutuhan pelaporan dan progress dapat Anda ketahui dengan cepat.
  3. Memberikan data yang akurat dan terukur :
    Sebelum adanya digital marketing, iklan seperti pada media cetak dan elektronik tidak memiliki data  yang benar-benar terukur. Oleh karena itu Digital Marketing Agency harus transparan dalam memberikan laporan performa baik melalui analisa website maupun panel iklan yang digunakan, sehingga perusahaan dapat mengetahui secara pasti apa yang didapatkan dari biaya yang telah dikeluarkan untuk menjalankan Digital Marketing.baca juga : Cara mengukur performa digital marketing
  4. Biaya yang flexibel : 
    Biaya merupakan hal terpenting yang akan berpengaruh pada performa Digital Marketing itu sendiri, oleh karena itu Digital Marketing Agency umumnya memberikan opsi pembayaran berupa : Performance Base dengan Agency Fee (biaya yang dibayararkan sesuai dengan performa iklan dan biaya yang dikeluarkan untuk iklan itu sendiri dan dihitung presentasi untuk Agency Fee) dan Retainer (Biaya tetap bulanan dengan perjanjian target tertentu yang harus dicapai, dengan sistem ini perusahaan mendapatkan yang terbaik dengan perhitungan yang lebih mudah disesuaikan dengan target yang sudah disepakati di awal kerjasama)
  5. Membantu mengembangkan bisnis secara online : 
    Digital agency tentunya harus dapat membantu perusahaan untuk meningkatkan performa secara online dengan Key Performance Indicator (KPI) baik yang umum seperti traffic, social media impressions, maupun yang spesifik seperti peningkatan organic traffic, peningkatan search appearance pada mesin pencari, peningkatan social media engagement, dan lain sebagainya.

Dan yang terakhir perlu dipertimbangkan adalah, Digital Marketing Agency umumnya sudah berpengalaman dan mengetahui kesalahan-kesalahan  yang biasa terjadi saat menjalankan digital marketing, sehingga Anda terhindar dari kelebihan biaya akibat kesalahan-kesalahan yang bisa terjadi. Digital Marketing merupakan hal yang complicated, sehingga kehadiran Digital Marketing Agency tentunya akan membantu pengusaha untuk fokus dalam menjalankan perusahaan dan pengembangan bisnis. Team Kami dapat membantu untuk mendapatkan solusi terbaik dalam menjalankan Digital Marketing. Hubungi Kami atau buat jadwal Konsultasi Gratis untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Tips Memulai Bisnis Online

Tips Memulai Bisnis Online

Covid-19 memaksa kita harus memutar otak untuk mempertahankan bisnis agar tetap berjalan, salah satunya harus bisa beralih menjadi bisnis online dan tetap bisa menjangkau para pembeli dengan cara online. Hal apa yang bisa ktia lakukan untuk memulai bisnis online sampai dengan pemasarannya? Beirkut ini tips bisnis online yang bisa Anda lakukan.

Siapkan Aset Online

Akun Social Media Bisnis

Memiliki akun bisnis di social media zaman ini menjadi sebuah keharusan, apalagi jika target pasar Anda adalah orang – orang yang aktif di media social. Anda bisa memperkenalkan produk – produk Anda kepada customer dan calon customer melalui postingan dengan cepat. Pastikan juga akun social media Anda selalu aktif, akun yang kurang aktif akan menurunkan aktifivtas dan minat keinginan membeli.

Website

Tidak cukup menggunakan akun media social saja, sebuah bisnis online juga membutuhkan website. Melalui website Anda dapat dengan mudah mengatur dan mengkategorikan produk dan juga tentunya mempermudah customer memilih produk yang mereka suka. Buatlah website yang menarik, karena website yang kurang menarik akan menurunkan keinginan beli dan keperacayaan beli.

Selain itu website yang kurang bagus kedepannya juga akan mempengaruhi pemasaran online Anda, karena ada banyak aturan pemasaran online yang mengharuskan website Anda responsive dan friendly. Anda bisa menghubungi jasa pembuatan website yang handal dan berpengalaman seperti Remarketing.co.id

 

Tips Pemasaran Online Melalui 3 Cara Digital Marketing

Social Media Ads

Yang pertama ada social media ads, social media saat ini telah menjadi salah satu platform terbaik dalam memasarkan produk berbasis online. Namun sebelum Anda melakukan pemasaran online di social media seperti instagram ads dan facebook ads, ada baiknya untuk melakukan analisa terlebih dahulu, apakah produk yang Anda miliki tertarget pada orang – orang yang aktif di social media? Dan apakah target dari goals Anda? Anda bisa melakukan analisa ini bersama pakar bisnis social media ads atau Anda bisa juga mempelajarinya sendiri jika waktu Anda memungkinkan.

Googles Ads

Layanan iklan berbayar dari Google, menampilkan hasil pencarian instan dan utama di mesin pencarian Google dengan anggaran tertentu yang bisa Anda sesuaikan dengan keuangan bisnis Anda. Dengan Google ads Anda bisa mengiklankan produk jualan Anda dengan cepat dan mudah melalui target yang terukur seperti jenis kelamin, lokasi, usia, hingga minat. Google memiliki 3 jenis jasa pengiklanan yaitu SEM (Search Engine Machine), Google Display dan Youtube Ads.

SEO

Yang terakhir adalah SEO (Search Engine Optimization), tips pemasaran online ini cocok untuk Anda yang memang ingin memasarkan produk dengan efek jangka panjang. SEO adalah tehnik yang sangat disukai oleh mesin pencari terutama Google, karena cara ini adalah cara natural dalam memenangkan pemasaran online.

Dalam menjalankan SEO ada banyak hal yang perlu Anda pelajari, mulai dari kualitas website seperti isi website, kecepatan website, kemudian melakukan analisa untuk pencarian keyword yang akan ditargetkan agar sesuai dengan target pemasaran produk, memahami cara menggunakan tools SEO, melakukan pengotpmasian diluar website dan menganalisa kembali hasil kerja apakah tehnik yang dikerjakan sudah tepat. Semua hal itu bisa Anda pelajari sendiri jika waktu Anda memungkinkan atau Anda bisa melakukan investasi pemasaran online jangka panjang ini dengan bekerjasama pada pakar SEO seperti Remarketing.co.id. Anda bisa melakukan riset bersama pakarnya agar pemasaran online Anda tepata sasaran dan sesuai dengan target.

Tips Bisnis Kuliner Online

Tips Bisnis Kuliner Online

tips bisnis kuliner online

Di masa pandemi ini, kita harus berpikir kreatif dan inovatif, banyak pilihan cara untuk anda mencari keuntungan, hanya masalah ada kemauan atau tidaknya untuk mencari dan menghasilkan pemasukan tambahan. Salah satu ide bisnis yang banyak diambil adalah bisnis kuliner online. Dengan bisnis kuliner online ini anda tidak perlu menyewa tempat yang memakan cost operasional apalagi anda baru memulai. Disamping itu, kebijakan tidak boleh makan ditempat semakin menunjang para calon pembeli untuk memesan makanan secara daring. Didalam artikel ini kami akan memberikan tips bisnis kuliner online dari nol.

 

  1. Manfaatkan Social Media dan Teman

Aktifitas yang terbatas saat ini membuat penggunaan social media meningkat, muncul lah pelbagai social media dengan promosi dan content yang menarik tentunya. Selain itu, untuk permulaan anda bisa mempromosikan ke beberapa teman anda dan memintanya untuk posting dengan tag akun bisnis anda.

 

  1. Permudah Cara Pembelian

Setiap tempat belanja pasti mempunyai peminatnya tersendiri, untuk itu hadir lah di semua marketplace daring yang ada. Kemudahan akses terhadap bisnis anda akan memperluas pasar penjualan juga.

 

  1. Hadir Dalam Setiap Program Promosi

Umumnya masyarakat sangat senang dengan promosi, bahkan rela mengantre Panjang demi mendapatkan potongan harga. Hadirlah dimana ada program promosi yang ditawarkan.

  1. Inovasi Tanpa Henti

Lakukan riset terhadap pasar dan produk yang banyak disukai masyarakat. Buatlah paket – paket ekonomis dan bundling agar dapat melakukan cross selling terhadap produk yang penjualannya rendah.

 

  1. Konsisten Dalam Rasa

Setelah mendapatkan formula yang tepat dan bisnis anda berjalan dengan baik, anda harus menjaga konsistensi rasa agar pelanggan loyal anda tidak ‘kabur’. Buatlah SOP dalam setiap proses pembuatan produk yang anda buat. Jadi, suatu saat anda memiliki pekerja, orisinalitas anda tidak hilang.

 

Jenis bisnis online ini memudahkan anda untuk memulai bisnis yang dapat berujung pada bisnis offline apabila revenue sudah meningkat. Semua usaha pasti memiliki tantangannya tersendiri dan anda harus melewatinya agar sukses mudah diraih. Mari bicarakan strategi bisnis online Bersama kami.

Cara Mengukur Performa Digital Marketing

Cara Mengukur Performa Digital Marketing

Sebagian besar dari Kita pasti tidak berencana mengeluarkan biaya iklan tanpa ekspektasi iklan tersebut akan memberikan dampak bagi bisnis atau perusahaan. Pengiklan sewajarnya menginginkan penambahan sales, mendapatkan pelanggan baru dari biaya iklan yang sudah dikeluarkan.

Sementara saat ini banyak pemilik bisnis, profesional, dan marketing perusahaan yang masih kurang memahami apakah biaya yang dikeluarkan untuk menjalankan iklan berjalan dengan efektif. Bahkan apabila iklan yang dijalankan melalui pihak ketiga, atau agency performa iklan hanya diinformasikan sebatas impresi dan klik, dan biaya dari impresi dan klik yang didapat.

Dalam hal ini efektifitas beriklan hanya dapat diketahui oleh internal perusahaan melalui cross data penjualan dibandingkan dengan biaya iklan, dan tentunya data penjualan dapat saja meningkat atau turun dan tidak 100% linear dengan biaya iklan yang digunakan.

Sebagai Profesional Digital Marketing Agency kami percaya bahwa hal terpenting dari iklan yang Anda jalankan adalah ROI atau return on Investment.

Misalnya Anda memiliki bisnis jasa detailing otomotif, dan menggunakan jasa digital agency untuk menjalankan iklan di instagram, dan google ads. Sebagai Agency Kami memiliki beragam data untuk setiap iklan yang digunakan seperti : Kunjungan ke website, berapa banyak orang yang melihat iklan (impressions), Harga per klik, harga per prospek yang mengisi form. Dari semua data itu tidak akan ada artinya apabila Anda tidak mendapatkan pelanggan dari iklan yang sudah dijalankan bukan?

Sebagai pengiklan hal terpenting yang ingin Anda ketahui adalah dari mana pelanggan baru ini datang, berapa banyak revenue yang dihasilkan dari iklan yang dijalankan, sehingga Anda dapat mengukur berapa nilai yang dikeluarkan untuk mendapatkan satu pelanggan, intinya adalah mengetahui ROI dari iklan yang berjalan.

Mengukur pendapatan dari iklan yang dijalankan

Dalam mengukur pendapatan dari iklan yang dijalankan terdapat beberapa cara yang dapat digunakan, misalnya menggunakan kode promo pada setiap channel yang digunakan agar dapat diketahui dari mana pelanggan datang dan channel mana atau iklan apa yang memberikan hasil terbaik. Setelah mengetahui performa iklan pada setiap channel yang digunakan, budget dapat dialihkan ke channel iklan dengan performa terbaik.

Mendapatkan Pelanggan Baru

Iklan yang dijalankan dengan tujuan untuk mendapatkan pelanggan baru dapat dibandingkan dengan hasil yang didapat. Dengan demikian maka dapat diketahui biaya yang dikeluarkan untuk mendapatkan satu pelanggan baru, apakah iklan yang dijalankan dibandingkan dengan penjualan dari pelanggan baru masih efektif? Misalkan Anda mengeluarkan biaya iklan sebesar 10 juta rupiah dan bisnis detailing mobil Anda mendapatkan pelanggan baru sebanyak 10 orang dengan nilai pekerjaan masing-masing 4 juta rupiah (total 40 juta rupiah), bisa dikatakan iklan yang dijalankan berhasil (dengan asumsi cost pengerjaan masih mengcover selisih yang ada) dan data pelanggan baru tentunya dapat menjadi pelanggan loyal dan memberikan rekomendasi apabila mendapatkan pelayanan yang baik.

Dalam menjalankan iklan tentunya dampak jangka panjang juga perlu diperhatikan agar biaya yang sudah dikeluarkan saat ini dapat memberikan dampak yang baik bagi perusahaan.