Bagaimana Cara Meningkatkan Engagement Media Sosial?

Bagaimana Cara Meningkatkan Engagement Media Sosial?

 

Internet memiliki peranan penting dalam kehidupan kita, dan kita perlu mengakuinya. Media sosial memiliki banyak hal, khususnya untuk Anda dan usaha Anda. Meskipun Anda memiliki akun media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram atau Snapchat untuk kepentingan pribadi atau usaha, tetapi, sayang sekali bukan jika Anda tidak memiliki audiens?

Beberapa teknik ini bisa Anda gunakan untuk menaikkan engagement dan interaksi di media sosial. Bagaimana caranya?

 

  1. Gunakan media yang berkualitas tinggi

Postingan Anda sangat berarti dan memiliki informasi yang perlu diketahui orang-orang. Namun, pengguna media sosial pada umumnya juga berpikir demikian. Salah satu cara yang baik untuk memastikan konten Anda diterima adalah dengan menyertakan media berupa foto, gambar, atau video yang bisa meningkatkan daya tarik.

Perlu diperhatikan bahwa media yang diunggah adalah gambar dan video berkualitas baik. Media ini seharusnya menggunakan kamera berkualitas mumpuni atau dengan kamera DSLR. Jika Anda hanya memiliki kamera smartphone, jangan khwatir! Artinya, Anda harus bekerja sedikit lebih keras untuk memastikan gambar atau video tersebut memiliki pencahayaan bagus, jelas, dan tidak kabur (blur atau grainy).

Menggunakan kamera smartphone sebenarnya menyenangkan, khususnya ketika Anda memasang filter. Namun, hal itu justru akan mengurangi kualitas media yang akan diunggah. Jika foto Anda memang membutuhkan bantuan filter, hal itu akan berguna. Bahkan, ketika Anda mengubah kecerahan atau kontras gambar pun juga dapat memberikan keunikan sendiri.

 

  1. Libatkan audiens

Hal yang menarik dari media sosial adalah bersosialisasi. Selama Anda memposting konten untuk usaha Anda, Anda juga harus terlibat dengan pengguna. Saat Anda berinteraksi dengan pengguna, perlu diingat bahwa orang lain bisa melihat percakapannya. Gunakan bahasa sopan dan santun. Jika Anda memilih untuk membuat lelucon atau jokes, sertakan emoji agar tetap santai dan terlihat baik.

Selain itu, gunakanlah ejaan dan tata bahasa yang tepat dengan kemampuan Anda. Sangatlah penting untuk bersikap tulus dan ramah pada pengguna, tetapi jika anda terus-menerus melakukan kesalahan seperti menggunakan ejaan salah, tata bahasa yang kurang tepat, atau kurang santun, justru itu akan merusak kredibilitas usaha Anda.

Anda juga bisa menyebarkan atau reshare postingan pengguna lain di akun Anda. Kesempatannya adalah, mereka akan share postingan Anda juga!

 

  1. Pakai #tagar atau #hashtag

Alat hashtag atau tagar sangatlah relevan di media sosial. Bagi Anda yang belum familiar dengan hashtag, hashtag adalah menempatkan simbol tanda pagar (#) secara langsung di depan kata, istilah, atau frasa yang berkaitan dengan postingan. Ketika Anda mengekliknya, hashtag akan membawa Anda ke sebuah portal dengan semua postingan yang berkaitan pada hashtag tersebut. Inilah yang memungkinkan pengguna dapat melihat topik atau hal tertentu yang sedang dibicarakan.

Hashtag juga dapat diandalkan jika Anda ingin mencari inspirasi atau ingin tahu lebih dalam terhadap suatu topik. Jika Anda memiliki sesuatu yang ingin Anda posting, cobalah mencari hashtag yang berkaitan. Anda akan melihat ide-ide menarik untuk sebuah foto yang mungkin tidak terpikirkan sebelumnya.

 

  1. Timing is everything

Waktu dan hari Anda memposting konten ke media sosial ternyata memiliki efek terhadap kualitas engagement atau interaksi. Hal ini bervariasi tergantung pada masing-masing platform media sosialnya, tetapi sebagian waktu yang paling banyak mengundang engagement atau interaksi adalah pada awal minggu sore hari dan awal malam hari. Memposting konten pada akhir pekan atau tengah malam bukanlah ide yang bagus untuk mencari keterlibatan pengguna.

 

  1. Kontes dan giveaway

Orang-orang sangat menyukai hadiah gratis. Mengurus media sosial berbalut kontes dan giveaway adalah cara yang ampuh untuk menarik pengguna atau followers. Kontes tidak hanya melibatkan pengguna, tetapi juga memiliki peluang untuk membangun brand dan online presence (kehadiran daring). Anda memiliki kesempatan untuk berkembang dengan pengguna lain ketika peserta harus memencet tombol like, komentar, atau share (berbagi) halaman Anda untuk mengikuti kontes.

Perlu diingat bahwa Anda harus selalu mengetahui siapa followers Anda sebelum memposting. Apakah mereka pelajar? Bekerja tetap? Orang tua baru? Faktor-faktor inilah yang akan berperan pada waktu yang tepat saat mereka mengecek feed media sosial dan cara mereka berinteraksi dengan sesama pengguna.

 

  1. Berikan call to action (CTA)

Meski Anda berfokus pada media sosial, CTA atau call to action tetap perlu disampaikan. Sampaikan dengan jelas pada postingan Anda. Apakah postingan tersebut memiliki CTA untuk follow, share, likes, komentar, mengirim pesan lewat DM (direct message), atau bahkan membeli produk.

 

Itulah 6 cara meningkatkan engagement untuk media sosial usaha Anda. Yuk coba!

 

Penulis: Nadia K. Putri/Content Writer at Remarketing.co.id

Keuntungan Menggunakan Digital Marketing Agency

Keuntungan Menggunakan Digital Marketing Agency

Dalam menjalankan bisnis tentunya mendapatkan pelanggan baru dan menaikan penjualan merupakan hal yang utama. Disamping itu penghematan operasional dan memaksimalkan biaya pemasaran agar lebih efektif adalah hal yang perlu diperhatikan. Memaksimalkan biaya pemasaran salah satunya dengan menggunakan strategi digital marketing. Agar digital marketing dapat berjalan dengan lebih optimal dan menghasilkan umumnya perusahaan bekerjasama dengan Digital Marketing Agency.

Tentunya dalam memilih untuk bekerjasama dengan Digital  Marketing  Agency atau menjalankan Digital Marketing secara internal ada beberapa kelebihan yang menjadi pertimbangan kenapa perusahaan cenderung menggunakan Jasa Digital Marketing Agency, diantaranya adalah :

  1. Solusi Menyeluruh untuk Digital Marketing :
    Digital Marketing Agency umumnya memberikan solusi lengkap untuk kebutuhan digital marketing seperti : Pembuatan website, Social media marketing, Search engine marketing, search engine optimization, email marketing, hingga pembuatan konten. Dengan bekerjasama dengan Digital Marketing Agency konsep digital marketing secara utuh dapat dijalankan secara bersamaan sehingga penargetan audience dapat lebih tepat dan terukur.
  2. Laporan lengkap dan sesuai dengan biaya yang disepakati :
    Dalam bekerjasama dengan Digital Marketing Agency umumnya disepakati target terukur yang dijadikan acuan performa sesuai dengan biaya yang dikeluarkan, misalnya berapa penjualan yang dihasilkan, berapa data leads yang diperoleh, berapa banyak peningkatan traffic, dan beberapa elemen pengukuran lainnya agar biaya yang dikeluarkan sebanding dengan hasil yang didapatkan.
  3. Bekerjasama dengan Digital Agency memberikan Anda waktu untuk fokus pada hal lainnya :
    Dalam menjalankan bisnis tentunya banyak hal-hal lain yang menyita waktu dan tenaga, mendalami Digital Marketing hingga level tertentu dengan konfigurasi-konfigurasi yang perlu dijalankan tentunya akan menyita waktu dan fokus dari para pelaku bisnis. Dengan mempercayakan pekerjaan terkait digital marketing kepada agency, Anda cukup memonitor hasil yang didapat sesuai dengan kesepakatan yang sudah disetujui bersama saat memulai kerjasama.
  4. Digital Marketing Agency memiliki sumber daya yang mungkin tidak Anda miliki :
    Untuk menjalankan strategi digital marketing dengan lebih mendalam tentunya diperlukan perangkat atau tools untuk membantu dan memonitor setiap pekerjaan digital marketing. Tools digital marketing seperti : SEO tools , Analytics tools, Content scheduler tools, Email Marketing tools, dan sebagainya membutuhkan biaya tersediri dan akan menjadi biaya perusahaan. Digital Marketing Agency umumnya memiliki tools lengkap dan sudah berlangganan dalam jangka waktu panjang sehingga biaya nya dapat lebih efisien.
  5. Team Profesional yang akan menjalankan Digital Marketing Perusahaan Anda :
    Untuk mempekerjakan digital marketing pada level advance seperti : SEO specialist, SEM Specialist, Social Media Specialist, dan Content Creator tentunya perusahaan membutuhkan biaya yang cukup tinggi mengingat kebutuhan sumber daya digital marketing saat ini sedang tinggi. Dengan bekerjasama dengan digital marketing agency, iklan digital Anda akan dijalankan oleh profesional sehingga Anda cukup mempercayakan dan melihat hasil serta dampaknya bagi bisnis Anda.

 

Memilih Digital Marketing Agency

Sebelum bekerjasama dengan digital marketing agency, beberapa hal yang perlu dijadikan pertimbangan dalam menentukan pilihan agency adalah sebagai berikut :

 

  1. Pengalaman dan status perusahaan :
    Pengalaman adalah hal yang penting, semakin lama Digital Marketing Agency berdiri tentunya memiliki pengalaman dalam menjalankan digital marketing bagi beragam jenis perusahaan dengan target yang berbeda-beda dengan demikian strategi yang diberikan akan semakin detail dan sudah terbukti dengan pengalaman sebelumnya. Status perusahaan juga merupakan hal penting dalam melakukan kerjasama untuk kepentingan legal dan administrasi lainnya.
  2. Komunikasi :
    Saat sebelum bekerjasama pastikan bahwa Digital Marketing Agency akan memberikan akses untuk berkomunikasi langsung terkait iklan yang dijalankan sehingga setiap perubahan strategi yang sedang berjalan dapat dilakukan dengan cepat, dengan memiliki person in charge sendiri untuk perusahaan Anda, kebutuhan pelaporan dan progress dapat Anda ketahui dengan cepat.
  3. Memberikan data yang akurat dan terukur :
    Sebelum adanya digital marketing, iklan seperti pada media cetak dan elektronik tidak memiliki data  yang benar-benar terukur. Oleh karena itu Digital Marketing Agency harus transparan dalam memberikan laporan performa baik melalui analisa website maupun panel iklan yang digunakan, sehingga perusahaan dapat mengetahui secara pasti apa yang didapatkan dari biaya yang telah dikeluarkan untuk menjalankan Digital Marketing.baca juga : Cara mengukur performa digital marketing
  4. Biaya yang flexibel : 
    Biaya merupakan hal terpenting yang akan berpengaruh pada performa Digital Marketing itu sendiri, oleh karena itu Digital Marketing Agency umumnya memberikan opsi pembayaran berupa : Performance Base dengan Agency Fee (biaya yang dibayararkan sesuai dengan performa iklan dan biaya yang dikeluarkan untuk iklan itu sendiri dan dihitung presentasi untuk Agency Fee) dan Retainer (Biaya tetap bulanan dengan perjanjian target tertentu yang harus dicapai, dengan sistem ini perusahaan mendapatkan yang terbaik dengan perhitungan yang lebih mudah disesuaikan dengan target yang sudah disepakati di awal kerjasama)
  5. Membantu mengembangkan bisnis secara online : 
    Digital agency tentunya harus dapat membantu perusahaan untuk meningkatkan performa secara online dengan Key Performance Indicator (KPI) baik yang umum seperti traffic, social media impressions, maupun yang spesifik seperti peningkatan organic traffic, peningkatan search appearance pada mesin pencari, peningkatan social media engagement, dan lain sebagainya.

Dan yang terakhir perlu dipertimbangkan adalah, Digital Marketing Agency umumnya sudah berpengalaman dan mengetahui kesalahan-kesalahan  yang biasa terjadi saat menjalankan digital marketing, sehingga Anda terhindar dari kelebihan biaya akibat kesalahan-kesalahan yang bisa terjadi. Digital Marketing merupakan hal yang complicated, sehingga kehadiran Digital Marketing Agency tentunya akan membantu pengusaha untuk fokus dalam menjalankan perusahaan dan pengembangan bisnis. Team Kami dapat membantu untuk mendapatkan solusi terbaik dalam menjalankan Digital Marketing. Hubungi Kami atau buat jadwal Konsultasi Gratis untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Tips Memulai Bisnis Online

Tips Memulai Bisnis Online

Covid-19 memaksa kita harus memutar otak untuk mempertahankan bisnis agar tetap berjalan, salah satunya harus bisa beralih menjadi bisnis online dan tetap bisa menjangkau para pembeli dengan cara online. Hal apa yang bisa ktia lakukan untuk memulai bisnis online sampai dengan pemasarannya? Beirkut ini tips bisnis online yang bisa Anda lakukan.

Siapkan Aset Online

Akun Social Media Bisnis

Memiliki akun bisnis di social media zaman ini menjadi sebuah keharusan, apalagi jika target pasar Anda adalah orang – orang yang aktif di media social. Anda bisa memperkenalkan produk – produk Anda kepada customer dan calon customer melalui postingan dengan cepat. Pastikan juga akun social media Anda selalu aktif, akun yang kurang aktif akan menurunkan aktifivtas dan minat keinginan membeli.

Website

Tidak cukup menggunakan akun media social saja, sebuah bisnis online juga membutuhkan website. Melalui website Anda dapat dengan mudah mengatur dan mengkategorikan produk dan juga tentunya mempermudah customer memilih produk yang mereka suka. Buatlah website yang menarik, karena website yang kurang menarik akan menurunkan keinginan beli dan keperacayaan beli.

Selain itu website yang kurang bagus kedepannya juga akan mempengaruhi pemasaran online Anda, karena ada banyak aturan pemasaran online yang mengharuskan website Anda responsive dan friendly. Anda bisa menghubungi jasa pembuatan website yang handal dan berpengalaman seperti Remarketing.co.id

 

Tips Pemasaran Online Melalui 3 Cara Digital Marketing

Social Media Ads

Yang pertama ada social media ads, social media saat ini telah menjadi salah satu platform terbaik dalam memasarkan produk berbasis online. Namun sebelum Anda melakukan pemasaran online di social media seperti instagram ads dan facebook ads, ada baiknya untuk melakukan analisa terlebih dahulu, apakah produk yang Anda miliki tertarget pada orang – orang yang aktif di social media? Dan apakah target dari goals Anda? Anda bisa melakukan analisa ini bersama pakar bisnis social media ads atau Anda bisa juga mempelajarinya sendiri jika waktu Anda memungkinkan.

Googles Ads

Layanan iklan berbayar dari Google, menampilkan hasil pencarian instan dan utama di mesin pencarian Google dengan anggaran tertentu yang bisa Anda sesuaikan dengan keuangan bisnis Anda. Dengan Google ads Anda bisa mengiklankan produk jualan Anda dengan cepat dan mudah melalui target yang terukur seperti jenis kelamin, lokasi, usia, hingga minat. Google memiliki 3 jenis jasa pengiklanan yaitu SEM (Search Engine Machine), Google Display dan Youtube Ads.

SEO

Yang terakhir adalah SEO (Search Engine Optimization), tips pemasaran online ini cocok untuk Anda yang memang ingin memasarkan produk dengan efek jangka panjang. SEO adalah tehnik yang sangat disukai oleh mesin pencari terutama Google, karena cara ini adalah cara natural dalam memenangkan pemasaran online.

Dalam menjalankan SEO ada banyak hal yang perlu Anda pelajari, mulai dari kualitas website seperti isi website, kecepatan website, kemudian melakukan analisa untuk pencarian keyword yang akan ditargetkan agar sesuai dengan target pemasaran produk, memahami cara menggunakan tools SEO, melakukan pengotpmasian diluar website dan menganalisa kembali hasil kerja apakah tehnik yang dikerjakan sudah tepat. Semua hal itu bisa Anda pelajari sendiri jika waktu Anda memungkinkan atau Anda bisa melakukan investasi pemasaran online jangka panjang ini dengan bekerjasama pada pakar SEO seperti Remarketing.co.id. Anda bisa melakukan riset bersama pakarnya agar pemasaran online Anda tepata sasaran dan sesuai dengan target.

Tips Bisnis Kuliner Online

Tips Bisnis Kuliner Online

tips bisnis kuliner online

Di masa pandemi ini, kita harus berpikir kreatif dan inovatif, banyak pilihan cara untuk anda mencari keuntungan, hanya masalah ada kemauan atau tidaknya untuk mencari dan menghasilkan pemasukan tambahan. Salah satu ide bisnis yang banyak diambil adalah bisnis kuliner online. Dengan bisnis kuliner online ini anda tidak perlu menyewa tempat yang memakan cost operasional apalagi anda baru memulai. Disamping itu, kebijakan tidak boleh makan ditempat semakin menunjang para calon pembeli untuk memesan makanan secara daring. Didalam artikel ini kami akan memberikan tips bisnis kuliner online dari nol.

 

  1. Manfaatkan Social Media dan Teman

Aktifitas yang terbatas saat ini membuat penggunaan social media meningkat, muncul lah pelbagai social media dengan promosi dan content yang menarik tentunya. Selain itu, untuk permulaan anda bisa mempromosikan ke beberapa teman anda dan memintanya untuk posting dengan tag akun bisnis anda.

 

  1. Permudah Cara Pembelian

Setiap tempat belanja pasti mempunyai peminatnya tersendiri, untuk itu hadir lah di semua marketplace daring yang ada. Kemudahan akses terhadap bisnis anda akan memperluas pasar penjualan juga.

 

  1. Hadir Dalam Setiap Program Promosi

Umumnya masyarakat sangat senang dengan promosi, bahkan rela mengantre Panjang demi mendapatkan potongan harga. Hadirlah dimana ada program promosi yang ditawarkan.

  1. Inovasi Tanpa Henti

Lakukan riset terhadap pasar dan produk yang banyak disukai masyarakat. Buatlah paket – paket ekonomis dan bundling agar dapat melakukan cross selling terhadap produk yang penjualannya rendah.

 

  1. Konsisten Dalam Rasa

Setelah mendapatkan formula yang tepat dan bisnis anda berjalan dengan baik, anda harus menjaga konsistensi rasa agar pelanggan loyal anda tidak ‘kabur’. Buatlah SOP dalam setiap proses pembuatan produk yang anda buat. Jadi, suatu saat anda memiliki pekerja, orisinalitas anda tidak hilang.

 

Jenis bisnis online ini memudahkan anda untuk memulai bisnis yang dapat berujung pada bisnis offline apabila revenue sudah meningkat. Semua usaha pasti memiliki tantangannya tersendiri dan anda harus melewatinya agar sukses mudah diraih. Mari bicarakan strategi bisnis online Bersama kami.

Cara Mengukur Performa Digital Marketing

Cara Mengukur Performa Digital Marketing

Sebagian besar dari Kita pasti tidak berencana mengeluarkan biaya iklan tanpa ekspektasi iklan tersebut akan memberikan dampak bagi bisnis atau perusahaan. Pengiklan sewajarnya menginginkan penambahan sales, mendapatkan pelanggan baru dari biaya iklan yang sudah dikeluarkan.

Sementara saat ini banyak pemilik bisnis, profesional, dan marketing perusahaan yang masih kurang memahami apakah biaya yang dikeluarkan untuk menjalankan iklan berjalan dengan efektif. Bahkan apabila iklan yang dijalankan melalui pihak ketiga, atau agency performa iklan hanya diinformasikan sebatas impresi dan klik, dan biaya dari impresi dan klik yang didapat.

Dalam hal ini efektifitas beriklan hanya dapat diketahui oleh internal perusahaan melalui cross data penjualan dibandingkan dengan biaya iklan, dan tentunya data penjualan dapat saja meningkat atau turun dan tidak 100% linear dengan biaya iklan yang digunakan.

Sebagai Profesional Digital Marketing Agency kami percaya bahwa hal terpenting dari iklan yang Anda jalankan adalah ROI atau return on Investment.

Misalnya Anda memiliki bisnis jasa detailing otomotif, dan menggunakan jasa digital agency untuk menjalankan iklan di instagram, dan google ads. Sebagai Agency Kami memiliki beragam data untuk setiap iklan yang digunakan seperti : Kunjungan ke website, berapa banyak orang yang melihat iklan (impressions), Harga per klik, harga per prospek yang mengisi form. Dari semua data itu tidak akan ada artinya apabila Anda tidak mendapatkan pelanggan dari iklan yang sudah dijalankan bukan?

Sebagai pengiklan hal terpenting yang ingin Anda ketahui adalah dari mana pelanggan baru ini datang, berapa banyak revenue yang dihasilkan dari iklan yang dijalankan, sehingga Anda dapat mengukur berapa nilai yang dikeluarkan untuk mendapatkan satu pelanggan, intinya adalah mengetahui ROI dari iklan yang berjalan.

Mengukur pendapatan dari iklan yang dijalankan

Dalam mengukur pendapatan dari iklan yang dijalankan terdapat beberapa cara yang dapat digunakan, misalnya menggunakan kode promo pada setiap channel yang digunakan agar dapat diketahui dari mana pelanggan datang dan channel mana atau iklan apa yang memberikan hasil terbaik. Setelah mengetahui performa iklan pada setiap channel yang digunakan, budget dapat dialihkan ke channel iklan dengan performa terbaik.

Mendapatkan Pelanggan Baru

Iklan yang dijalankan dengan tujuan untuk mendapatkan pelanggan baru dapat dibandingkan dengan hasil yang didapat. Dengan demikian maka dapat diketahui biaya yang dikeluarkan untuk mendapatkan satu pelanggan baru, apakah iklan yang dijalankan dibandingkan dengan penjualan dari pelanggan baru masih efektif? Misalkan Anda mengeluarkan biaya iklan sebesar 10 juta rupiah dan bisnis detailing mobil Anda mendapatkan pelanggan baru sebanyak 10 orang dengan nilai pekerjaan masing-masing 4 juta rupiah (total 40 juta rupiah), bisa dikatakan iklan yang dijalankan berhasil (dengan asumsi cost pengerjaan masih mengcover selisih yang ada) dan data pelanggan baru tentunya dapat menjadi pelanggan loyal dan memberikan rekomendasi apabila mendapatkan pelayanan yang baik.

Dalam menjalankan iklan tentunya dampak jangka panjang juga perlu diperhatikan agar biaya yang sudah dikeluarkan saat ini dapat memberikan dampak yang baik bagi perusahaan.

 

 

Tips Memulai Bisnis Properti

Tips Memulai Bisnis Properti

Bisnis properti adalah salah satu bisnis yang memiliki peluang keuntungan yang cukup menggiurkan. Karena itu, semakin banyak orang terutama kaum milenial sekarang ini yang mulai tertarik untuk memulai menjalankan bisnis properti.

Memulai bisnis properti sendiri tentu tidak mudah, apalagi dengan modal yang terbatas. Oleh karena itu berikut ini kami berikan beberapa tips untuk menjalankan bisnis properti Anda sendiri:

  1. Tentukan goal untuk bisnis Anda. Sebelum Anda memulai sesuatu, Anda perlu meluangkan waktu untuk mengevaluasi dan memprioritaskan rencana Anda kedepannya. Susun rencana bisnis Anda berdasarkan goal pribadi, profesional dan finansial Anda untuk beberapa tahun ke depan. Menentukan goal ini dapat membantu Anda lebih fokus dan membantu dalam mengambil keputusan.
  2. Lakukan riset pasar. Anda harus tahu jenis properti apa yang sedang banyak dicari oleh konsumen, mengenal kompetitor potensial Anda, dan mengerti mengenai harga, fasilitas, dan infrastruktur dari properti yang ingin Anda perdagangkan.
  3. Atur keuangan Anda. Memulai bisnis properti tentu memerlukan modal awal yang tidak sedikit. Anda bisa memulai dengan menyewakan properti yang sudah Anda miliki seperti gudang, atau menyewakan kamar untuk kost dan lainnya. Jika modal Anda mencukupi Anda juga bisa memulai dengan membeli apartemen untuk Anda sewakan atau jual. Selain membeli properti awal, modal yang cukup juga dibutuhkan untuk melakukan maintenance dari properti Anda tersebut.
  4. Ikuti pelatihan. Ada banyak hal yang harus dimengerti sebelum Anda memulai bisnis properti, cara membangun-nya, dan terutama aturan dan hukum yang harus Anda ikuti. Untuk itu Anda bisa mengikuti pelatihan secara online mengenai hal ini.
  5. Bangun strategi marketing yang tepat. Agar dapat memiliki bisnis properti yang sukses, Anda tentu perlu memiliki strategi marketing yang tepat. Marketing dapat membangun awareness akan brand Anda, dan membantu bisnis Anda kedepannya. Berikut beberapa strategi bisnis yang dapat Anda pertimbangkan:
    • Social Media: di era digital seperti sekarang ini, social media menjadi salah satu media yang terbaik untuk membangun brand awareness. Anda bisa membuat akun Twitter, Instagram dan Facebook dan memposting mengenai properti yang Anda tawarkan secara berkala. Selain itu Anda juga bisa mempertimbangkan untuk melakukan iklan berbayar di Social Media seperti Facebook dan Instagram Ads.
    • Email Campaign: email masih menjadi salah satu media terbaik untuk mendapatkan leads, selama Anda memiliki database kontak yang cukup banyak.
    • Networking: untuk dapat mengumpulkan database kontak yang cukup, Anda perlu melakukan networking. Mulai dengan acara-acara properti di sekitar Anda, kemudian perluas jaringan dan koneksi Anda. Hal ini juga dapat memberikan Anda ilmu tambahan mengenai cara berkomunikasi dan memasarkan properti yang baik.
    • Bangun website: memiliki website yang bagus sangatlah penting di era digital seperti sekarang ini. Pastikan website Anda user-friendly, mudah di navigasikan dalam berbagai device (mobile, desktop, tablet), dan berisi informasi properti Anda dengan jelas (foto dengan resolusi yang bagus dan deskripsi properti yang lengkap). Anda dapat juga menambahkan halaman blog untuk memberikan artikel mengenai jenis-jenis properti, saran memilih properti, dst.
    • Digital Marketing: Anda juga bisa mempertimbangkan menggunakan platform digital marketing SEM (Google Ads) dan SEO dalam strategi marketing Anda.

Diatas adalah beberapa tips yang dapat Anda perhatikan sebelum memulai bisnis properti. Semoga dapat membantu Anda dalam menyusun perencanaan dan menjalankan bisnis Anda kedepannya. Dan jika Anda membutuhkan bantuan untuk strategi digital marketing, langsung saja diskusikan kebutuhan Anda dengan team ahli dari ReMarketing.co.id.

Tips Memulai Bisnis Fashion

Tips Memulai Bisnis Fashion

Dalam memulai bisnis fashion, beberapa hal adalah sangat krusial untuk diperhatikan. Memulai bisnis fashion bukan sekedar melakukan pembelian bahan, membuat atau menjahit dan menjual. Ada tiga cara yang dapat dilakukan dalam menjalankan bisnis fashion, yang pertama adalah sebagai produsen atau konveksi dimana cara ini dapat digunakan apabila :

  1. Memiliki designer atau ketertarikan dalam merancang fashion sendiri.
  2. Membutuhkan modal yang relatif lebih tinggi karena perlu menyiapkan fasilitas produksi, tenaga kerja dan bahan baku produksi.
  3. Memiliki jalur distribusi penjualan yang luas, sehingga stok produksi dapat dimaksimalkan sesuai dengan kapasitas produksi.
  4. Target pembeli sebagai konveksi adalah penjual, atau toko yang menjual secara langsung ke konsumen.

Cara kedua adalah sebagai Brand Designer dengan melakukan outsourcing atau menggunakan tenaga produksi diluar perusahaan sebagai jasa pembuatan produk, dengan cara ini poin pertama dari penjelasan di atas dan poin kedua dapat diminimalisir sehingga tidak diperlukan modal sebesar cara pertama diatas. Kelebihan dari cara kedua adalah tidak adanya biaya tetap.

Yang terakhir adalah sebagai Reseller , ini adalah yang termudah dengan modal yang sangat minim bahkan dapat dilakukan tanpa modal sama sekali. Sebagai Reseller, kamu hanya perlu mendapatkan konveksi, atau Brand Designer yang produknya dirasa cocok dan sesuai dengan market yang kamu targetkan. Tantangan sebagai reseller adalah banyaknya kompetitor dan keterbatasan jumlah barang dari penyuplai yang tidak dapat dipastikan.

Setelah memutuskan untuk memilih salah satu dari ketiga cara dalam menjalankan bisnis fashion di atas, yang selanjutnya harus diperhatikan adalah :

  1. Pilih kategori fashion yang sesuai dengan pasar.
    Bisnis fashion umumnya terdapat kategori : Baju wanita, Baju Pria, dan Baju anak. Dari ketiga kategori besar tersebut terdapat beberapa kategori yang cukup menjanjikan dengan kategori yang spesifik seperti : Busana Muslim Wanita, dan Pakaian tidur anak. Tentukan kategori yang menurut kamu cukup menarik dan akan membuat kamu menjadi lebih kreatif dalam membuat konten penjualan, iklan, hingga gaya pemasaran.
  2. Aktif secara online.
    Apapun kategori bisnis yang dijalankan baik sebagai Konveksi, maupun Reseller aktif secara online merupakan hal yang sangat penting untuk mendapatkan pelanggan. Sebagai Konveksi sharing mengenai tips bisnis, atau inspirasi bisnis bisa menjadi hal yang menarik, dan sebagai Reseller meningkatkan penjualan melalui konten marketing tentang produk dengan video, dan foto yang menarik sudah menjadi kewajiban agar lebih menarik dibandingkan kompetitor.
  3. Maksimalkan media sosial dan gunakan website.
    Media sosial seperti instagram dan tik tok sangat bermanfaat untuk menjangkau pelanggan, agar dapat mempertahankan pelanggan, penggunaan website saat melakukan transaksi sangat disarankan. Karena dengan memiliki website setiap transaksi terekam dan informasi mengenai pelanggan dan data transaksi dapat diketahui sehingga dapat memberikan perhatian khusus bagi pelanggan yang loyal. Dengan memiliki website pemasaran digital dapat lebih dimaksimalkan dengan strategi-strategi khusus yang dapat menargetkan pengunjung website.
  4. Promosikan Bisnis secara Online.
    Promosi sangat penting dilakukan untuk mendapatkan pelanggan baru, promosi online dapat dilakukan dengan menggunakan google ads, SEO, facebook advertising hingga email marketing dari database yang sudah dimiliki.

Sudah memutuskan untuk memulai bisnis fashion? langsung aja diskusikan kebutuhan digital marketing kamu dengan team ahli dari ReMarketing.co.id.

Tips Digital Marketing Untuk Bisnis Makanan & Minuman

Tips Digital Marketing Untuk Bisnis Makanan & Minuman

Bukan hal yang mengejutkan seiring dengan perkembangan kemudahan teknologi dan tingkat kepercayaan konsumen di Indonesia untuk belanja online dan ditambah pula sedikit memanfaatkan ‘kemalasan’ manusia. Tidak heran, penjualan barang online khususnya untuk produk makanan dan minuman meningkat pesat selama bekalang ini.

 

Cara berbelanja kini telah berubah, apa kamu mau berubah atau tertinggal? Sebagai pebisnis, tentunya kamu ingin usaha kamu bisa dinikmati masyarakat luas. Untuk kamu para pebisnis makanan dan minuman, saya bisa memberikan tips yang dapat diterapkan untuk kalian bersaing di pasar bebas seperti sekarang ini.

 

  1. Content Marketing

Salah satu cara brand terhubung dengan peminatnya adalah dengan content marketing. Kenapa tidak memanfaatkan cara ini? Konten yang tepat adalah konten yang dapat menyampaikan informasi mengenai produk anda. Konten seharusnya menjadi pusat strategi marketing bisnismu.

  1. Perhatikan Kesehatan dan komposisi makanan/minuman yang kamu jual

    Konsumen kini semakin sadar apa yang akan masuk ke tubuh mereka, Salah satu tips marketing yang bisa kamu gunakan adalah kamu bisa menginformasikan apa yang kamu sajikan dan bisa mengkumpulkan data mengenai kemauan konsumenmu.

 

  1. Ciptakan pengalaman berbeda untuk pelanggan onlinemu

Penjualan makanan dan minuman secara online membutuhkan strategi yang matang agar bisa muncul ke permukaan konsumen. Memiliki website adalah tahap pertama untuk mewujudkannya. Desain web dan visual konten kamu akan merepresentasikan brand kamu ke calon pelangganmu.

  1. Menjaga kualitas dan hadapi masukan

Dalam menjalankan bisnis makananan minuman konsistensi sangat perlu diperhatikan agar pelanggan yang loyal tidak kabur. Kalian bisa juga menjaga loyal customer dengan memberikan harga khusus untuk pembelian tertentu. Selain itu, tingkat kepuasan konsumen dapat kalian perhatikan dengan mendegar masukan dari orang terdekat dan customer loyal anda.

  1. Manfaatkan email marketing

Apabila kalian ingin memasarkan produk makanan dan minuman kalian secara online, kalian bisa memaksimalkan email marketing. Pelanggan yang meninggalkan jejak data didalam website akan bisa dikonversi menjadi penjualan Kembali dengan email marketing. Targetkan tema khusus untuk masing-masing customermu dan kreasikan konten email anda aagar lebih menarik.

  1. Maksimalkan social media

Jutaan orang menggunakan social media untuk encari informasi, kalian juga bisa memasukan informasi mengenai brand anda melalui social media. Hampir pada setiap beberapa scroll anda pasti emnemukan konten yang berisi makanan atau minuman. Manfaatkan momentum ini dengan menyajikan foto yang mengundang selera.

 

Digital marketing sangat membantu dan harus memiliki strategi yang matang, khususnya untuk bisnis makanan dan minuman. Perlu diingat pemasaran online lebih dari hanya sekedar memposting konten pada social media anda. Apabila kamu tidak yakin, silahkan hubungi kami untuk mendapatkan saran dan strategi yang bisa kami terapkan untuk bisnismu.

 

Tips Digital Marketing Untuk Bisnis Properti

Tips Digital Marketing Untuk Bisnis Properti

Pentingnya peran Digital Marketing untuk bisnis properti dengan langkah awal harus mengetahui dasar-dasar Digital Marketing itu sendiri, tentukan target pasar anda sesuai produk dan harga yang anda jual.

Pastikan anda bisa lebih unggul dari kompetitor anda karna dapat meraih target pasar yang bagus.

Dalam menentukan formasi kanal digital marketing yang akan dimainkan, pelaku usaha harus memulainya dari pembentukan konten digital marketing, setelah konten menciptakan umpan, pelaku usaha perlu mempertimbangkan akan disebar ke kanal digital marketing mana umpan tersebut, apakah Youtube, Facebook, atau lainnya.

Terakhir, pelaku usaha juga perlu mempertimbangkan jenis digital marketing yang akan ditempatkan sebagai garda depan, apakah melakukannya secara organik atau mengedepankan promosi melalui iklan digital.

Apabila menggunakan iklan, promosi akan berjalan cepat dan dalam waktu singkat menjaring prospek bisnis, tetapi jenis promosi ini perlu dukungan anggaran yang memadai.

Apa pun yang berhubungan dengan promosi dan iklan dapat dibuat dengan cara digital marketing. Mengingat masyarakat yang telah melek teknologi dan tidak jarang melakukan kegiatan online secara lebih luas. Berikut mengenai digital marketing cara apa saja yang harus dipelajari baik bagi pengusaha bisnis property maupun agen- agennya.

Mengingat sekarang ini sudah masuk di Industri 4.0 dengan laju quadrial, yang sudah tidak di hitung lagi dengan deret ukur juga deret hitung. Jadi, sekarang ini belajar digital marketing untuk usaha property bisa melek dengan internet, berikut beberapa strategi digital marketing yang bisa Anda lakukan adalah :

  1.  Sesuaikan konten yang dibuat dengan target pasar Anda.
  2. Memakai Website
  3. Cantumkan nomor handphone agar mudah dihubungi
  4. Melakukan alalisis terhadap kompetitor

Selalu maksimalkan belajar digital marketing untuk usaha property dengan cara dan strategi yang mudah supaya bisnis bisa semakin berkembang.

Tips Digital Marketing untuk Bisnis Travel

Tips Digital Marketing untuk Bisnis Travel

Bisnis travel atau agen perjalanan dan wisata adalah salah satu industri yang paling terdampak dan terpukul saat wabah COVID-19 menyerang. Namun, faktanya bisnis travel adalah salah satu industri yang memiliki pertumbuhan tercepat dengan banyak potensi dan kondisi COVID-19 bukan penghalang besar.

Sekarang ini biro perjalanan dan pariwisata sudah mulai bangkit kembali perlahan demi perlahan, meskipun dengan berbagai kebijakan. Namun kondisi ini tentunya bisa menjadi peluang yang baik untuk para pelaku bisnis travel.  Bagaimana memanfaatkan peluang ini? Anda dapat mulai memanfaatkan kondisi ini dengan strategi dan taktik pemasaran digital inovatif yang menghasilkan pertumbuhan bisnis dan merk yang terjamin.

Strategi pemasaran digital yang baik akan membantu Anda tumbuh dalam jangkaun dan memastikan bahwa Anda tetap bisa berinteraksi dengan user atau target audience Anda serta membangun kesadaran merek terhadap brand travel Anda.

Berikut ini tips 5 strategi digital marketing yang bisa Anda coba dan Anda fokuskan selama pandemi ini :

 

  1. Influencer Marketing

Saat ini sektor wisata dan perjalanan sudah mulai bisa sedikit bernafas karena pembatasan yang sudah mulai longgar, namun tetap dengan protokol yang harus dipatuhi. Tidak sedikit orang yang mulai tergerak untuk mencoba mencari paket liburan dengan protokol keamanan yang terjamin, lalu bagaimana Anda menjangkau para konsumen agar mereka tahu bahwa bisnis travel Anda sangatlah aman untuk dipilih?

Influencer marketing, strategi ini bisa Anda pilih karena saat ini banyak orang yang mencari informasi melalui story atau unggahan foto di sosial media dari public figure sosial media atau yang sering disebut juga dengan selebgram.

Anda bisa memanfaatkan strategi influencer marketing untuk menjadi partner bisnis Anda. Iklan Anda atau konten dan jasa travel Anda akan disorot dan di publish di konten mereka.

Menurut statistik baru-baru ini, lebih dari 63% konsumen lebih mempercayai pendapat influencer tentang produk daripada apa yang dikatakan brand itu sendiri tentang diri mereka sendiri. Studi lain menunjukkan bahwa 58% orang yang membeli produk dalam 6 bulan terakhir disebabkan oleh rekomendasi dari influencer. Jadi berpasangan dengan influencer akan membantu Anda menghasilkan prospek bernilai tinggi.

 

  1. Chatbot Marketing

Memiliki opsi chatbot yang diisi dengan informasi terkini selama pelarangan perjalanan akan memastikan bahwa pelanggan dan pengunjung situs Anda selalu mendapat informasi terkini, dan bermanfaat, sehingga Anda dapat menarik kembali pengunjung situs kembali lagi dan lagi. 

 

  1. Email Marketing

Pemasaran email telah menjadi landasan strategi pemasaran digital sejak awal revolusi online. Bahkan dalam dekade baru ini, pemasaran email adalah salah satu alat pemasaran digital terkuat yang tersedia saat ini.

Jadi, pastikan Anda menggunakan dan mengintegrasikan pemasaran email sepanjang tahun ini. Ini akan memungkinkan Anda melakukan upaya pemasaran ulang dan membantu Anda membangun hubungan yang langgeng terhadap customer Anda.

 

  1. SEM (Search Engine Machine)

Sekarang dengan pembatasan perjalanan yang diberlakukan di seluruh dunia, banyak perusahaan perjalanan dan pariwisata akan kembali pada upaya pemasaran digital. Dan ini adalah peluang sempurna bagi Anda untuk memastikan bahwa perusahaan Anda memanfaatkan beberapa real estat online yang berharga.

SEM adalah strategi pemasaran yang mencakup opsi pemasaran berbayar untuk mendapatkan visibilitas di Halaman Hasil Mesin Pencari. Jadi SEM adalah strategi berbayar yang mencakup penyiapan dan pengoptimalan iklan sekaligus menyiapkan anggaran iklan yang juga mencakup pembayaran untuk penempatan iklan yang membantu visibilitas.

Jadi pastikan Anda memiliki strategi SEM yang bagus sehingga Anda bisa mendapatkan visibilitas yang lebih baik, strategi SEM yang baik secara tidak langsung membantu Anda naik peringkat di SERP.

 

  1. Content Marketing

Konten adalah raja dan akan selalu menjadi raja. Ini adalah utas yang menghubungkan semua strategi dan taktik pemasaran digital. Upaya pemasaran konten yang lengkap akan membantu Anda mendapatkan peringkat terbaik di mesin pencarian dan mendapatkan otoritas industri. Bersamaan dengan itu, pemasaran konten memastikan Anda menghasilkan arahan yang berharga dengan orang-orang yang lebih terlibat dengan situs web dan saluran sosial Anda.

Pastikan Anda membuat video, gambar, dan klip audio jika bisa. Menemukan cara kreatif untuk membuat dan menggunakan kembali materi lama untuk membangkitkan minat orang-orang dan tetap relevan di dunia online. 

 

Dengan wabah COVID-19, kehidupan seperti yang kita tahu telah terhenti dan membawa banyak dampak perubahan. Tetapi itu tidak berarti bisnis Anda harus berakhir. Dengan 5 strategi pemasaran digital yang telah kami ulas diatas, bisnis Anda akan mengalami pertumbuhan prospek dan lalu lintas yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Pengembangan digital marketing bukan hanya untuk saat ini , namun dibangun untuk masa depan.