fbpx
Perbedaan Branding & Marketing

Perbedaan Branding & Marketing

Apa bedanya antara branding & marketing? Apakah kamu sulit membedakan keduanya? Tidak perlu khawatir, kamu tidak sendirian. Keduanya acap kali saling berkaitan dan sulit dibedakan. Mari kita bedah dalam artikel ini.

 

  • Jangka Waktu
    • Branding adalah Jangka Panjang, Misal :
      • Apa visi misi perusahaan?
      • Apa tantangan yang akan ditemukan industry kita?
      • Apa impact jangka Panjang yang akan kita buat?
    • Marketing adalah Jangka Pendek, Misal :
      • Apa hasil yang akan didapat dalam waktu cepat?
      • Apa yang harus dilakukan agar pesan perusahaan kita terdengar?
      • Apa tools yang akan digunakan untuk melakukannya?
  • Ukuran
    • Branding adalah Macro, Misal :
      • Apa yang kita percaya?
      • Apa budaya kita?
      • Apa pesan yang ingin disampaikan perusahaan?
    • Marketing adalah Micro, Misal :
      • Perangkat lunak apa yang akan kita gunakan?
      • Bagaimana tahapan untuk melakukan kemajuan?
      • Siapa yang akan mengerjakan tahapan tersebut?
  • Tujuan
    • Branding membangun loyalitas
      • Kenapa orang merasa terhubung ke brand kita?
      • Apa yang akan kita lakukan untuk menyenangkan pelanggan kita?
      • Apa yang akan kita buat agar mereka merasa terinspirasi?
    • Marketing membangun respons
      • Bagaimana kita bisa membuat website kita ramai pengunjung?
      • Bagaimana kita bisa menarik orang membuka email marketing rutin?
      • Bagaimana kita bisa mendatangkan leads?
  • Perlakuan
    • Branding is the being
      • Apa personality kita?
      • Apa tujuan utama kita membangun brand?
      • Kepada siapa kita melayani?
    • Marketing is the doing
      • Apa tahapan yang harus segera dilakukan?
      • Berapa lama project akan berjalan?
      • Siapa yang akan memimpin project tersebut?

 

Nah, pasti kalian bertanya-tanya kenapa penjelasan perbedaan antara branding dan marketing diatas berbentuk pertanyaan. Sebenarnya saya ingin sekalian mengasah skill Analisa kamu sekaligus memberi check list apa saja yang harus  di lakukan untuk melakukan branding dan marketing perusahaan kamu. Dengan menjawab pertanyaan di atas kamu sudah bisa menjalankan strategi branding dan marketing untuk perusahaanmu. Boleh comment dibawah apabila ada yang kurang dan ingin ditambahkan.

Semoga bermanfaat membantu kamu menjalankan strategi untuk perusahaanmu. Baca terus artikel kami untuk mengetahui update dan informasi seputar bisnis, digital marketing dan strateginya. Sukses selalu!