fbpx
Tips Memulai Bisnis Fashion

Tips Memulai Bisnis Fashion

Dalam memulai bisnis fashion, beberapa hal adalah sangat krusial untuk diperhatikan. Memulai bisnis fashion bukan sekedar melakukan pembelian bahan, membuat atau menjahit dan menjual. Ada tiga cara yang dapat dilakukan dalam menjalankan bisnis fashion, yang pertama adalah sebagai produsen atau konveksi dimana cara ini dapat digunakan apabila :

  1. Memiliki designer atau ketertarikan dalam merancang fashion sendiri.
  2. Membutuhkan modal yang relatif lebih tinggi karena perlu menyiapkan fasilitas produksi, tenaga kerja dan bahan baku produksi.
  3. Memiliki jalur distribusi penjualan yang luas, sehingga stok produksi dapat dimaksimalkan sesuai dengan kapasitas produksi.
  4. Target pembeli sebagai konveksi adalah penjual, atau toko yang menjual secara langsung ke konsumen.

Cara kedua adalah sebagai Brand Designer dengan melakukan outsourcing atau menggunakan tenaga produksi diluar perusahaan sebagai jasa pembuatan produk, dengan cara ini poin pertama dari penjelasan di atas dan poin kedua dapat diminimalisir sehingga tidak diperlukan modal sebesar cara pertama diatas. Kelebihan dari cara kedua adalah tidak adanya biaya tetap.

Yang terakhir adalah sebagai Reseller , ini adalah yang termudah dengan modal yang sangat minim bahkan dapat dilakukan tanpa modal sama sekali. Sebagai Reseller, kamu hanya perlu mendapatkan konveksi, atau Brand Designer yang produknya dirasa cocok dan sesuai dengan market yang kamu targetkan. Tantangan sebagai reseller adalah banyaknya kompetitor dan keterbatasan jumlah barang dari penyuplai yang tidak dapat dipastikan.

Setelah memutuskan untuk memilih salah satu dari ketiga cara dalam menjalankan bisnis fashion di atas, yang selanjutnya harus diperhatikan adalah :

  1. Pilih kategori fashion yang sesuai dengan pasar.
    Bisnis fashion umumnya terdapat kategori : Baju wanita, Baju Pria, dan Baju anak. Dari ketiga kategori besar tersebut terdapat beberapa kategori yang cukup menjanjikan dengan kategori yang spesifik seperti : Busana Muslim Wanita, dan Pakaian tidur anak. Tentukan kategori yang menurut kamu cukup menarik dan akan membuat kamu menjadi lebih kreatif dalam membuat konten penjualan, iklan, hingga gaya pemasaran.
  2. Aktif secara online.
    Apapun kategori bisnis yang dijalankan baik sebagai Konveksi, maupun Reseller aktif secara online merupakan hal yang sangat penting untuk mendapatkan pelanggan. Sebagai Konveksi sharing mengenai tips bisnis, atau inspirasi bisnis bisa menjadi hal yang menarik, dan sebagai Reseller meningkatkan penjualan melalui konten marketing tentang produk dengan video, dan foto yang menarik sudah menjadi kewajiban agar lebih menarik dibandingkan kompetitor.
  3. Maksimalkan media sosial dan gunakan website.
    Media sosial seperti instagram dan tik tok sangat bermanfaat untuk menjangkau pelanggan, agar dapat mempertahankan pelanggan, penggunaan website saat melakukan transaksi sangat disarankan. Karena dengan memiliki website setiap transaksi terekam dan informasi mengenai pelanggan dan data transaksi dapat diketahui sehingga dapat memberikan perhatian khusus bagi pelanggan yang loyal. Dengan memiliki website pemasaran digital dapat lebih dimaksimalkan dengan strategi-strategi khusus yang dapat menargetkan pengunjung website.
  4. Promosikan Bisnis secara Online.
    Promosi sangat penting dilakukan untuk mendapatkan pelanggan baru, promosi online dapat dilakukan dengan menggunakan google ads, SEO, facebook advertising hingga email marketing dari database yang sudah dimiliki.

Sudah memutuskan untuk memulai bisnis fashion? langsung aja diskusikan kebutuhan digital marketing kamu dengan team ahli dari ReMarketing.co.id.