fbpx
Tips Memulai Bisnis Properti

Tips Memulai Bisnis Properti

Bisnis properti adalah salah satu bisnis yang memiliki peluang keuntungan yang cukup menggiurkan. Karena itu, semakin banyak orang terutama kaum milenial sekarang ini yang mulai tertarik untuk memulai menjalankan bisnis properti.

Memulai bisnis properti sendiri tentu tidak mudah, apalagi dengan modal yang terbatas. Oleh karena itu berikut ini kami berikan beberapa tips untuk menjalankan bisnis properti Anda sendiri:

  1. Tentukan goal untuk bisnis Anda. Sebelum Anda memulai sesuatu, Anda perlu meluangkan waktu untuk mengevaluasi dan memprioritaskan rencana Anda kedepannya. Susun rencana bisnis Anda berdasarkan goal pribadi, profesional dan finansial Anda untuk beberapa tahun ke depan. Menentukan goal ini dapat membantu Anda lebih fokus dan membantu dalam mengambil keputusan.
  2. Lakukan riset pasar. Anda harus tahu jenis properti apa yang sedang banyak dicari oleh konsumen, mengenal kompetitor potensial Anda, dan mengerti mengenai harga, fasilitas, dan infrastruktur dari properti yang ingin Anda perdagangkan.
  3. Atur keuangan Anda. Memulai bisnis properti tentu memerlukan modal awal yang tidak sedikit. Anda bisa memulai dengan menyewakan properti yang sudah Anda miliki seperti gudang, atau menyewakan kamar untuk kost dan lainnya. Jika modal Anda mencukupi Anda juga bisa memulai dengan membeli apartemen untuk Anda sewakan atau jual. Selain membeli properti awal, modal yang cukup juga dibutuhkan untuk melakukan maintenance dari properti Anda tersebut.
  4. Ikuti pelatihan. Ada banyak hal yang harus dimengerti sebelum Anda memulai bisnis properti, cara membangun-nya, dan terutama aturan dan hukum yang harus Anda ikuti. Untuk itu Anda bisa mengikuti pelatihan secara online mengenai hal ini.
  5. Bangun strategi marketing yang tepat. Agar dapat memiliki bisnis properti yang sukses, Anda tentu perlu memiliki strategi marketing yang tepat. Marketing dapat membangun awareness akan brand Anda, dan membantu bisnis Anda kedepannya. Berikut beberapa strategi bisnis yang dapat Anda pertimbangkan:
    • Social Media: di era digital seperti sekarang ini, social media menjadi salah satu media yang terbaik untuk membangun brand awareness. Anda bisa membuat akun Twitter, Instagram dan Facebook dan memposting mengenai properti yang Anda tawarkan secara berkala. Selain itu Anda juga bisa mempertimbangkan untuk melakukan iklan berbayar di Social Media seperti Facebook dan Instagram Ads.
    • Email Campaign: email masih menjadi salah satu media terbaik untuk mendapatkan leads, selama Anda memiliki database kontak yang cukup banyak.
    • Networking: untuk dapat mengumpulkan database kontak yang cukup, Anda perlu melakukan networking. Mulai dengan acara-acara properti di sekitar Anda, kemudian perluas jaringan dan koneksi Anda. Hal ini juga dapat memberikan Anda ilmu tambahan mengenai cara berkomunikasi dan memasarkan properti yang baik.
    • Bangun website: memiliki website yang bagus sangatlah penting di era digital seperti sekarang ini. Pastikan website Anda user-friendly, mudah di navigasikan dalam berbagai device (mobile, desktop, tablet), dan berisi informasi properti Anda dengan jelas (foto dengan resolusi yang bagus dan deskripsi properti yang lengkap). Anda dapat juga menambahkan halaman blog untuk memberikan artikel mengenai jenis-jenis properti, saran memilih properti, dst.
    • Digital Marketing: Anda juga bisa mempertimbangkan menggunakan platform digital marketing SEM (Google Ads) dan SEO dalam strategi marketing Anda.

Diatas adalah beberapa tips yang dapat Anda perhatikan sebelum memulai bisnis properti. Semoga dapat membantu Anda dalam menyusun perencanaan dan menjalankan bisnis Anda kedepannya. Dan jika Anda membutuhkan bantuan untuk strategi digital marketing, langsung saja diskusikan kebutuhan Anda dengan team ahli dari ReMarketing.co.id.