fbpx
4 Cara Mengelola Reputasi Online Usaha Anda

4 Cara Mengelola Reputasi Online Usaha Anda

Pelanggan Anda memiliki kemampuan untuk mengulas, menulis blog atau meninggalkan opini terhadap produk atau jasa Anda. Setiap ulasan dan/atau pengalaman pelanggan dapat ditemukan di internet hanya beberapa klik – secara langsung hal ini mengiklankan bisnis, nama, dan produk atau layanan Anda. Eksposur seperti ini sangat berharga dan gratis!

Berikut ini adalah empat cara mengelola reputasi online atau daring usaha Anda. Apa saja? Simak pembahasannya berikut ini.

 

  1. Andalkan ulasan

Pelanggan umumnya percaya dan mengandalkan ulasan/review atau rekomendasi sebagai faktor untuk menentukan apakah produk atau jasa tersebut layak dibeli atau tidak.

Berdasarkan studi dari Google Think Auto, 85 persen pembeli mobil akan membaca ulasan secara online sambil mencari tahu pembelian mereka.

Statistik lain yang diterbitkan Cone Communications mengungkapkan bahwa 80 persen konsumen telah terpengaruh dan mengubah keputusan pembelian mereka akibat ulasan negatif. Hal ini memudahkan Anda untuk memahami alasan mengapa ulasan positif sangatlah berharga – tetapi juga dapat menimbulkan kekhawatiran akibat ulasan dan pengalaman negatif yang dapat berbahaya bagi bisnis.

 

  1. Tunjukkan layanan terbaik

Jadi, apa yang akan Anda lakukan ketika menerima ulasan negatif? Bagaimana tim Anda mengatasinya dengan baik? Satu hal yang harus diingat adalah jangan menghapusnya. Di banyak kasus, Anda tidak akan bisa melakukannya. Anggaplah ulasan negatif tersebut adalah sebagai kesempatan untuk menunjukkan kemampuan layanan pelanggan (customer service skills).

Memiliki customer service skills artinya Anda memiliki kemampuan untuk merespon, menanggapi, dan menangani situasi secara publik. Hal ini adalah keuntungan yang berharga karena Anda dapat menunjukkan bahwa Anda benar-benar tertarik dan ingin memperbaiki pengalaman mereka. Dengan menanggapi komentar atau ulasan negatif, itu membuktikan keandalan Anda sebagai professional yang berorientasi pada pelanggan.

 

  1. Kirim survei kepuasan pelanggan

Selain itu, Anda juga dapat bersikap proaktif terhadap ulasan online dengan mengirim survei kepuasan pelanggan. Pendekatan ini dapat memperbaiki situasi negatif dan mengarahkanya menjadi lebih baik sebelum pelanggan mempublikasikannya ke internet. Survei kepuasan pelanggan juga dapat meningkatkan jumlah ulasan positif bisnis online Anda.

Anda dapat menyesuaikan survei untuk meminta pelanggan agar memberikan ulasan di sejumlah outlet atau toko. Cara ini bisa membantu manajemen reputasi dan dapat selesai secara otomatis.

 

  1. Minta pelanggan untuk mengulas

Bisnis dengan ulasan-ulasan online akan lebih sering muncul di laman pencarian. Berbeda dengan bisnis dengan sedikit ulasan online atau bahkan tidak sama sekali. Bisnis Anda akan sedikit eksposur, bahkan kurang dikenal calon pelanggan.

Karena itu, mulailah minta pelanggan untuk mengulas produk atau jasa Anda. Sudah gratis, bahkan tidak ternilai pula iklannya!

 

Bagaimana dengan bisnis Anda?

 

Penulis: Nadia K. Putri/Content Writer at Remarketing.co.id